Tips Menghadapi Anak Buah yang Susah Diatur

- Advertisement -

Memiliki anak buah yang sulit diatur tentu menjadi permasalahan yang cukup serius yang biasanya dialami oleh atasan di sebuah perusahaan atau pekerjaan. Walaupun pada dasarnya setiap orang pasti memiliki sifat dan karakter yang tidak bisa disamakan dengan yang lainnya. Namun, orang yang memiliki sifat sulit diatur menjadi hal yang paling menjengkelkan. Banyak atasan yang mencari cara untuk menghadapi anak buah yang susah diatur agar pekerjaan berjalan dengan baik.

Tips Mudah Menghadapi Anak Buah yang Susah Diatur

Dalam melakukan pekerjaan, tidak semua berjalan dengan lancar. Terkadang terdapat beberapa hambatan yang berasal dari anak buah itu sendiri. Tidak sedikit anak buah yang bandel dan susah diatur untuk melakukan pekerjaannya.

Memiliki anak buah yang susah diatur dapat membuat kinerja tim menjadi rusak dan berantakan. Tidak sedikit orang akan saling menyalahkan karena pekerjaannya yang tidak sesuai rencana. Berikut ini tips menghadapi anak buah susah diatur.

1. Menerapkan Sanksi dan Bonus Karyawan

Menerapkan sanksi dan bonus untuk karyawan merupakan tips yang dapat dilakukan oleh atasan. Saksi atau hukuman dibuat agar anak buah dapat dikendalikan supaya lebih baik dalam bekerja.

Biasanya, anak buah akan bermalas-malasan dan susah diatur karena tidak adanya hukuman yang akan diterimanya.

Selain itu, memberikan hadiah juga merupakan salah satu bentuk apresiasi atasan kepada bawahan. Dengan begitu, anak buah akan termotivasi untuk lebih baik lagi.

2. Berperilaku Tegas dan Disiplin

Cara yang tepat untuk menghadapi anak buah yang susah diatur berikutnya adalah dengan atasan yang bersikap tegas dan disiplin.

Banyak anak buah yang mungkin terlihat menyepelekan instruksi atasan karena mereka menganggap jika atasan tersebut kurang tegas dan berwibawa sehingga anak buah tidak akan merasa takut dengan atasannya.

Maka dari itu, berperilaku tegas dan disiplin sangat dibutuhkan agar mereka sadar jika hal yang dilakukannya itu salah.

3. Tetap Berperilaku Baik Terhadap Anak Buah Tersebut

Walaupun anak buah tersebut susah diatur dalam pekerjaannya, jangan sampai atasan sampai memberikan perlakuan yang kurang menyenangkan.

Justru tetap berperilaku baiklah kepada anak buah tersebut agar mereka dengan sendirinya sadar terhadap apa yang sudah dilakukannya sehingga tidak akan mengulanginya lagi.

Dengan begitu, anak buah akan merasa malu sendiri dengan sikapnya yang susah diatur sehingga merasa bersalah dan berjanji tidak mengulanginya lagi.

4. Membangun Tim yang Baik

Walaupun memiliki anak buah yang susah diatur, usahakan untuk tetap membangun tim yang kuat dan solid. Tetap jaga kerjasama tim dengan baik.

Dengan menjaga kerjasama tim, maka menghadapi anak buah yang susah diatur dapat dilakukan karena anak tersebut harus menyesuaikan diri terhadap timnya.

Membentuk tim yang baik sangat memerlukan kehadiran atasan yang baik pula dan tidak lupa dengan kehadiran anak buah yang dapat menjaga kekompakan tim tersebut.

Jangan Ambil Pusing, Inilah Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

5. Jangan Memendam dan Larut dengan Masalah

Memiliki anak buah yang susah diatur sangat menjengkelkan bagi atasan. Tidak sedikit atasan yang merasa marah dan ada pula yang memilih memendam rasa kesalnya.

Namun, jika hal ini terus berlanjut akan menimbulkan masalah yang serius antara atasan dengan bawahan.

Apalagi jika atasan terus mengungkit dan larut dalam masalah yang dihadapinya dengan bawahan. Maka dari itu, jangan sampai atasan memendam dan terlalu larut dengan masalah jika tidak ingin lebih kacau.

Itulah beberapa tips menghadapi anak buah yang susah diatur. Dengan tips tersebut, diharapkan atasan dapat melakukan hal yang bisa membuat anak buahnya menjadi jauh lebih baik lagi. 

Follow Us

1,114FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...