Tips Interview Kerja Agar Berhasil Menjawab Semua Pertanyaan

- Advertisement -

Banyak calon pekerja yang gagal dalam bergabung dengan perusahaan yang diinginkan ketika memasuki tahap interview atau wawancara.

Banyaknya pertanyaan mengecoh serta penilaian dalam sifat dan sikap menjadi penyebab kegagalan dalam sebuah interview. Butuh jawaban yang tepat saat interview.

Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan interview kerja di depan HRD perusahaan. Oleh karena itu, beberapa tips interview kerja ini akan membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan.

tips interview kerja
Sumber : Pixhd


Beberapa Tips Interview Kerja

1. Komunikatif dengan Interviwer

Ketika HRD memberikan pertanyaan, jangan hanya memberi jawaban ya ataupun tidak. Usahakan pula jawaban yang diberikan berupa uraian panjang, jangan sekedar kalimat pendek.

Perlu untuk diketahui bahwa pertanyaan yang dilontarkan HRD ini, adalah pancingan agar Anda dapat menceritakan lebih dari yang ada pada CV.

Untuk itu, sebaiknya jangan utarakan segala hal yang sudah tertulis dalam CV. Namun, jawaban ini juga jangan terlalu panjang agar HRD tidak bosan.

2. Mempersiapkan Interview

Pastinya HRD akan menanyakan segala hal yang diketahui tentang perusahaan yang sedang dilamar. Terkadang, Anda juga akan ditanya mengenai posisi kerja ketika dalam perusahaan nantinya.

Pertanyaan ini dilontarkan untuk mengetahui apakah pelamar benar-benar mampu dan minat dalam mengerjakan pekerjaannya, tidak sekedar pertanyaan acak.

Untuk itu, tips interview kerja yang satu ini adalah mempersiapkan segala pertanyaan yang kemungkinan akan dilontarkan saat interview.

3. Penyampaian Latar Belakang

Jika Anda memiliki latar belakang senada dengan posisi kerja dalam perusahaan yang dilamar, maka utarakanlah secara jelas dan rinci.

Ini menjadi suatu poin lebih daripada calon pekerja lain yang latar belakangnya tidak berhubungan. Dalam hal ini, setiap HRD akan memilih calon pekerja yang sudah menguasai posisi kerja dalam perusahaannya.

Tidak hanya itu, apabila pengalaman dalam bidang yang senada dimiliki, maka jelaskanlah kepada HRD.

4. Antusias Ketika Interview

Secara tidak langsung, sikap antusias dalam interview ini merupakan penggambaran dari niat besar Anda dalam bergabung dengan perusahaan yang dilamar. Selain itu, hal ini juga bisa menandakan besarnya kecocokan seorang calon pekerja dengan pekerjaan yang akan dilakukannya.

Oleh karena itu, calon pekerja wajib menanyakan secara jelas dan rinci mengenai tugasnya dalam perusahaan, penilaian kinerja, serat budaya kerja. Selain itu, tunjukan ekspektasi dalam menjalankan pekerjaan.

5. Tunjukan Kelebihan dan Keunikan

Tips interview kerja  adalah menunjukan kelebihan dan keunikan. Salah satu hal yang sangat menentukan dalam penerimaan pekerjaan adalah kelebihan tersendiri dari calon pekerja tersebut.

Oleh karena itu tunjukan lah segala kelebihan yang Anda miliki. Selain itu, keunikan dalam diri seseorang dapat menjadi nilai lebih.

Maka jangan ragu-ragu untuk menunjukan keunikan dalam diri sendiri yang dapat membantu dalam keberhasilan proses interview.

6. Jelaskan Kemampuan yang Tidak Ada di CV

Dalam CV, pastinya Anda akan menuliskan berbagai kemampuan yang dimiliki. Namun pastinya terdapat banyak kemampuan yang tidak bisa dituliskan dalam CV, misalnya keberhasilan dalam membuat acara atau lain sebagainya.

Untuk itu, dalam tips interview kerja ini menyarankan agar para calon pekerja menceritakan kepada HRD semua hal yang telah sukses dan berhasil diraih sebelumnya.

Itulah beberapa tips interview kerja yang dapat Anda coba ketika menjalani wawancara pekerjaan. Dengan beberapa tips diatas, tentunya akan membuat peluang diterimanya dalam perusahaan akan semakin besar.

Namun, hal paling penting yang harus dipikirkan yaitu sifat dan sikap ketika tidak diterima. Tetaplah bersikap berwibawa dan anggap bahwa bakat yang dimiliki tidak sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Follow Us

1,118FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...