Susah Cari Kerja, Ternyata Inilah Penyebabnya

- Advertisement -

Masa menganggur memang masa-masa yang cukup membuat galau bagi para pencari kerja. Terlebih jika pekerjaan yang diinginkan tak kunjung didapat.

Sebenarnya sudah mengirimkan CV dan lamaran pekerjaan di berbagai tempat, namun alhasil belum juga mendapatkan panggilan interview.

Anda akhirnya bertanya-tanya, apakah yang salah pada diri Anda. Sekarang mungkin Anda harus mulai mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang menyebabkan Anda susah cari kerja.

Hal-hal yang Menyebabkan Susah Cari KerjaTerdapat beberapa faktor yang mungkin tidak Anda sadari berpengaruh pada sulitnya Anda mendapat pekerjaan. Berikut ini pembahasannya.

1. Kurangnya Koneksi

Faktor pertama yang membuat susah cari kerja adalah kurangnya koneksi. Lulus dengan IPK bagus belum tentu menjamin kemudahan mendapatkan pekerjaan.

Terkadang banyaknya koneksi atau jaringan yang akan membantu Anda memperoleh informasi mengenai pekerjaan. 

Mulailah untuk membangun koneksi, sering-seringlah bertanya kepada teman atau tetangga tentang pekerjaan, perusahaan, keahlian, dan informasi lain seputar dunia kerja.

2. Kurangnya Kompetensi Diri

Kompetensi dan keahlian merupakan hal yang penting untuk mendapatkan pekerjaan. Jika Anda tidak memiliki kompetensi yang spesifik, bukan hanya akan membuat Anda ragu dalam memilih bidang pekerjaan, perusahaan pun akan ragu untuk menempatkan Anda di posisi tertentu dalam pekerjaan.

3. Kesalahan pada CV

Terdapat kesalahan pada penulisan CV yang sering tidak diketahui sehingga berdampak pada sulit cari kerja. Tulislah CV secara singkat, padat, dan jelas, serta sesuaikan informasi dengan bidang yang sedang diinginkan. 
Hindari penyajian CV yang terlalu berlebihan apalagi menuliskan informasi bohong. Misalnya menuliskan keahlian yang sebenarnya tidak dikuasai. Menuliskan informasi tidak benar pada CV akan sangat fatal akibatnya.

4. Kesalahan pada Wawancara

Lolos pada tahap seleksi CV, namun tetap tidak berhasil walaupun berkali-kali mendapatkan interview. Kemungkinan terdapat beberapa kesalahan yang Anda lakukan saat interview.

Kurangnya pengetahuan tentang perusahaan dan bidang pekerjaan dapat membuat interviewer menganggap Anda tidak siap dan kurang berkompeten.

Terlalu gugup, tampak tidak meyakinkan, perilaku dan ucapan yang buruk, serta cara berpakaian yang tidak baik juga dapat berpotensi membuat Anda gagal dalam tahap wawancara.

5. Tidak Ada Pengalaman Sama Sekali

Alasan sulit cari kerja salah satunya karena tidak adanya pengalaman sama sekali di bidang pekerjaan. Walaupun sebenarnya banyak perusahaan yang tidak terlalu mempertimbangkan pengalaman karena akan ada masa pelatihan.

Hal ini biasanya dialami oleh para fresh graduate. Sebenarnya pengalaman dapat didapat melalui magang, mengikuti seminar atau pelatihan, atau paling tidak pengalaman dalam berkelompok atau berorganisasi.

6. Ketidaksesuaian Pekerjaan dengan Keahlian

Ketidaksesuaian antara kompetensi keahlian dengan pekerjaan yang diinginkan bisa menjadi sebab dari kegagalan dalam mendapatkan pekerjaan. Pasalnya perusahaan akan ragu untuk menerima karyawan yang kurang kompeten dan akan memilih calon lain yang lebih sesuai. 

Sebenarnya sifat terlalu memilih dan tidak terbuka terhadap pekerjaan lain juga tidak baik, akan tetapi akan lebih baik jika pekerjaan sesuai dengan kompetensi diri.

7. Citra yang Tidak Baik di Media Sosial

Media sosial ternyata punya andil dalam penerimaan pekerjaan. Citra buruk pada media sosial bisa membuat Anda gagal dalam mendapatkan pekerjaan. Karena bukan tidak mungkin HRD akan memeriksa media sosial calon karyawannya. 

Oleh karena itu hindari menulis, memposting, dan membagikan konten seperti gosip, mengeluh, mencaci, dan konten negatif lainnya.Itulah hal-hal yang kemungkinan membuat Anda sulit cari kerja.

Yang terpenting adalah memperbanyak wawasan, pengalaman, dan koneksi agar Anda semakin siap terjun di dunia kerja.

Follow Us

1,112FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...