Irfan Juniyanto Saleh Hanya seorang mantan karyawan yang berusaha pindah kuadran ke dunia bisnis

Pondasi Utama Dalam Bisnis Supaya Bisnis Kokoh

pondasi bisnis

Membangun bisnis ibaratnya membangun sebuah bangunan, Kuat dan tidaknya sebuah bisnis sangat bergantung pada pondasi awal bisnis itu di bangun.

Coba Anda lihat di lingkungan sekitar, teman-teman Anda yang memiliki bisnis yang menurut Anda cukup sukses atau berkaca pada perusahaan-perusahaan besar seperti Gojek & Tokopedia. Mereka semua memiliki pondasi yang kuat dalam bisnisnya. Sehingga bisnis tidak gampang goyang meski di terpa badai apapun.

Sebagai seorang pebisnis Anda harus tau betul apa saja pondasi utama dalam bisnis. Berikut ini 5 Pondasi yang harus Anda pastikan di bangun paling awal pada bisnis Anda.

5 Pondasi Utama Dalam Bisnis

1. Bulatkan Tekad & Kuatkan Niat

Sebagai seorang pebisnis Anda harus berjanji pada diri Anda bahwa apapun yang terjadi Anda akan terus memperjuangkan apa yang telah Anda mulai.

Tidak ada opsi mundur atau berhenti di tengah jalan. Pilihannya hanya dua, melangkah setapak demi setapak atau langsung maju melesat.

Selain itu, Niatkan bahwa bisnis Anda harus memberikan manfaat bagi orang banyak, Bisnis Anda menjadi solusi di tengah problem yang di hadapi oleh banyak orang. Sehingga bisnis Anda punya nilai.

2. Kejujuran

Banyak hal pahit yang akan Anda rasakan ketika menjalankan bisnis Anda. Namun hal yang paling manis adalah ketika Anda memiliki sebuah kejujuran.

Kejujuran dapat melahirkan kepercayaan dan sementara kepercayaan dapat menghasilkan kejayaan.

  • Anda harus jujur kepada rekan bisnis Anda
  • Anda harus jujur kepada pelanggan Anda
  • Anda harus jujur pada diri Anda sendiri

Yakinlah, Jika Anda membangun bisnis dengan pondasi kejujuran maka tinggal urusan waktu untuk menunggu kesuksesan.

3. Disiplin & Konsisten

Meskipun dalam bisnis Anda adalah bosnya, bukan berarti Anda bisa seenaknya, Bangun kesiangan, terlambat bertemu klien, jadwal promosi seenaknya dan lain berbagai hal lain yang berhubungan dengan disiplin.

Disiplin itu konsepnya adalah sadar & patuh. Jadi Anda harus konsisten dengan aturan yang Anda buat, dengan pola yang Anda rencanakan dan dengan ritme yang Anda tentukan.

Silahkan Anda datang ke perusahaan manapun maka Anda akan menemukan bahwa disiplin dan konsistensi adalah harga mati perusahaan yang tidak bisa di tawar lagi.

So, Pastikan bahwa disiplin dan konsisten harus menjadi diskusi awal Anda ketika mulai menjalankan bisnis.

4. Memiliki Tim Yang Solid

Membangun binsis adalah membangun manusia, Bisnis Anda tidak akan berkembang jika bisnis tersebut Anda kerjakan sendiri.

Mulailah membangun tim-tim kecil dan pastikan tim tersebut solid. Orang dalam tim harus memiliki satu vibrasi yang sama dengan Anda, sehingga semua orang bisa merasakan getaran yang sama frekuensinya.

Jadi, Pastikan betul jika Anda membangun bisnis Anda harus memastikan siapa saja orang-orang yang terlibat dalam bisnis Anda.

5. Melayani Dengan Sepenuh Hati

Sebagus apapun produk atau layanan yang Anda tawarkan dalam bisnis Anda namun tidak di imbangi dengan pelayanan prima, pelayanan dari hati ke hati pelanggan maka bisa dipastikan bisnis tersebut bakalan berumur pendek.

Bisnis yang tidak melayani dengan sepenuh hati akan ditinggalkan oleh pelangganya, mereka akan mencari hati yang baru untuk mengisi hati mereka.

Selalu berprinsip bahwa ketika menjalankan bisnis, maka Anda berada di lintasan balap, di kiri dan kanan serta depan dan belakang Anda adalah bisnis yang sama yang siap menikung Anda kapan saja.

Hati pelanggan adalah power sekaligus bahan bakar dalam bisnis Anda, so layani pelanggan Anda dengan sepenuh hati.

Itulah 5 pondasi utama dalam menjalankan bisnis, Pastikan Anda menjalakan semuanya.

Irfan Juniyanto Saleh Hanya seorang mantan karyawan yang berusaha pindah kuadran ke dunia bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *