Masuk Akal, Ini Alasan Tidak Masuk Kerja Yang Pasti Disetujui Atasan

- Advertisement -

Karyawan merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah perusahaan dalam menggerakkan roda bisnis. Meningkatkan produktifitas. Tanpa adanya karyawan sebuah perusahaan akan terhambat bahkan tidak dapat berjalan.

Oleh karena itu, terkadang perusahaan akan mempersulit setiap karyawannya ketika meminta izin untuk tidak masuk kerja. Oleh karena itu, berikut beberapa alasan tidak masuk kerja yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan izin.

Alasan Tidak Masuk Kerja yang Dapat Diterima Perusahaan

1. Berduka

Salah satu alasan tidak masuk kerja yang masuk akal dan tidak dapat diganggu gugat lagi adalah mendapat kabar duka.

Alasan ini dapat disampaikan secara mendadak ataupun beberapa saat sebelum masuk jam kerja. Walaupun alasan ini mempunyai peluang besar dalam mendapat izin tidak masuk, sebaiknya jangan menggunakannya terlalu sering.

Hal ini dikarenakan dapat membuat performa kerja Anda secara tidak langsung menurun di mata perusahaan.

2. Sakit

Alasan yang mempunyai peluang sangat besar dalam mendapat izin untuk tidak masuk kerja adalah sakit.

Sakit sudah menjadi alasan umum dan sering terjadi di berbagi perusahaan untuk mendapat izin dari atasan untuk tidak bisa hadir.

Hal ini dikarenakan sakit merupakan alasan paling dominan disampaikan oleh para pekerja. Ketika seorang tetap bekerja walaupun dalam keadaan sakit, ditakutkan performanya tidak sebaik ketika sehat dan akan menjadi penghambat dari pekerjaan yang dilakukan.

3. Checkup Kesehatan

Selanjutnya yang dapat digunakan berikutnya adalah medical checkup atau checkup kesehatan rutin.

Maka, jika Anda diharuskan untuk melakukan checkup kesehatan pada waktu tertentu, hal ini dapat membantu dalam memperoleh izin tidak masuk kerja.

Namun perlu untuk diketahui, bahwa sebelum meminta izin berupa medical check up tersebut, pastikan sudah memberitahukan kondisi dan situasi kepada pimpinan jauh-jauh hari sebelumnya.

4. Ikut Seminar

Salah satu alasan yang dapat digunakan untuk tidak masuk adalah mengikuti seminar. Alasan satu memiliki peluang keberhasilan cukup tinggi karena biasanya pimpinan perusahaan berpikir bahwa seminar dapat membantu kemajuan dari perusahaan.

Namun, perlu diingatkan bahwa pimpinan perusahaan akan meminta hasil seminar yang diikuti berupa laporan atau semacamnya untuk memastikan bahwa Anda benar-benar mengikuti seminar tersebut.

5. Alergi

Salah dalam mengonsumsi makanan dapat menyebabkan alergi pada setiap orang, termasuk para pekerja. Jika Anda benar-benar mengalaminya, maka alergi yang timbul dari makanan ini akan sangat mengganggu dan menghambat jalanannya pekerjaan.

Maka dari itu, mendapat alergi ini dapat menjadi alasan untuk tidak masuk kerja. Namun, sebaiknya tetap memberitahukan kepada atasan tentang hal yang dialami ini walaupun secara mendadak.

6. Kebanjiran

Banyak daerah di Indonesia yang selalu dilanda banjir ketika musim hujan tiba. Maka banjir ini dapat dijadikan sebagai salah satu alasan untuk tidak masuk kerja.

Selain rumah Anda yang kebanjiran, ketika terdapat rute dalam perjalanan yang mengalami banjir juga dapat menjadi alasan.

Namun perlu untuk diketahui bahwa alasan ini tidak boleh digunakan seenaknya. Ketika suatu daerah yang dilanda banjir akan muncul dalam media, sehingga alasan ini sangat perlu dipertimbangkan.

7. Mengurus Surat dan Dokumen Penting

terakhir yang dapat Anda gunakan adalah mengurus berbagai surat dan dokumen penting seperti paspor, SIM, dan STNK. Pengurusan surat ataupun dokumen penting dapat dijadikan sebagai alasan karena biasanya terdapat tenggang waktu dalam pengurusannya.

Itulah beberapa alasan tidak masuk kerja yang dapat digunakan dalam meminta izin tidak masuk kerja. Namun perlu untuk diketahui, sebaiknya alasan-alasan tersebut tetap digunakan dengan bijak agar tidak mengganggu masa depan pekerjaan Anda.

Follow Us

1,118FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...