Inilah 7 Ciri Ciri Pemimpin yang Akan Berhasil

- Advertisement -

Pemimpin bukan sekedar menjadi orang yang memimpin sebuah kelompok saja, namun dia harus mampu menyatukan pikiran bawahannya sehingga terbentuk sebuah visi misi bersama.

Pemimpin yang baik merupakan pemimpin yang disenangi dan dihormati bukan malah ditakuti bawahan. Mereka juga mampu menjadi panutan dan contoh sehingga dapat berhasil bersama-sama. Berikut ini terdapat 7 ciri ciri pemimpin yang akan berhasil.

7 Ciri Ciri Pemimpin yang Harus Dimiliki Setiap Pemimpin

Kualitas diri dari pemimpin sangat berpengaruh besar terhadap kinerja bawahannya. Rasa hormat dari karyawan sangat dibutuhkan agar kepemimpinan yang dibangun dapat berjalan dengan efektif.

Berikut ini ada 7 ciri ciri pemimpin yang dapat membuat Anda menjadi pemimpin yang berhasil.

7 Beda Pemimpin dan Pimpinan

1. Memiliki Sikap Positif Serta Dapat Menginspirasi

Pemimpin yang memiliki sikap positif akan membuat bawahannya tetap termotivasi dan memiliki sikap positif pula.

Sikap positif harus dimiliki agar tim tidak pantang menyerah serta tetap semangat untuk mencapai visi misi. Selain itu, sikap positif akan menghasilkan suasana yang positif sehingga produktivitas tim menjadi lebih baik.

2. Mampu Menjalin Komunikasi dengan Baik

Seorang pemimpin yang berhasil mampu menjalin komunikasi dengan bawahan maupun relasinya. Komunikasi sangat penting terjalin agar setiap pikiran dari pemimpin maupun bawahan dapat tersampaikan.

Pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan baik dan mau mendengarkan setiap pikiran bawahannya juga termasuk ke dalam pemimpin yang demokratis.

3. Humoris dan Percaya Diri

Ciri ciri pemimpin yang berhasil selanjutnya adalah pemimpin yang percaya diri dan memiliki selera humor. Jiwa humor seorang pemimpin dibutuhkan sesekali agar bawahannya tidak selalu tegang ketika mendapatkan masalah.

Selain itu, pemimpin juga membutuhkan sikap percaya diri sehingga ketika terjadi masalah dia dapat mengangkat moril bawahannya agar tidak ikut terjatuh.

4. Bijaksana

Sikap bijaksana sangat penting dimiliki oleh seorang pemimpin karena merekalah yang akan mengambil setiap keputusan yang ada.

Tidak mementingkan diri sendiri serta selalu berhati-hati dalam setiap tindakan yang dilakukan juga termasuk sikap bijaksana. Pemimpin yang bijaksana akan lebih dihormati dan disegani oleh bawahannya.

5. Mampu Mendorong Pengembangan Diri Bawahannya

Sama halnya dengan pemimpin, bawahan juga ingin mengalami perkembangan menuju ke arah baik.

Pemimpin yang baik pasti menginginkan perkembangan dari bawahannya sehingga mereka dapat maju secara bersama-sama untuk keberhasilan kelompok atau perusahaan.

Lakukan challenge kepada bawahan secara intensif agar skill yang mereka miliki dapat berkembang sesuai dengan keinginan.

6. Mengenal Diri Sendiri

Sebelum mengenal karakter bawahannya, seorang pemimpin harus mengenal dirinya sendiri dengan baik.

Agar lebih mudah mengenal diri sendiri bisa dilakukan analisis SWOT yaitu Strength atau kekuatan, Weakness atau kelemahan, Opportunities atau peluang, serta Threats atau ancaman.

Pendekatan ini biasanya digunakan dalam dunia bisnis, namun juga bisa digunakan sebagai analisis untuk mengenal diri sendiri.

7. Memiliki Sikap Terbuka

Memiliki sikap terbuka atau open minded merupakan ciri ciri pemimpin yang terakhir. Pemimpin yang memiliki sikap terbuka membuat bawahannya tidak segan untuk menyampaikan gagasan yang mereka miliki.

Bawahan tersebut dapat menyampaikan segala ide dengan yakin tanpa mengurangi rasa hormat kepada pemimpin mereka. Tidak hanya ide atau gagasan saja, pemimpin yang baik juga harus terbuka terhadap segala saran, opini, maupun kritik.

Itulah 7 ciri ciri pemimpin yang harus dimiliki setiap pemimpin agar mereka berhasil. Pemimpin yang baik merupakan salah satu hal yang dapat menjadi faktor keberhasilan kelompok atau perusahaan.

Follow Us

1,113FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...