Waspadai 6 Ciri-Ciri Bos Pelit Tingkat Dewa Ini

- Advertisement -

Ciri-ciri bos pelit – Di dunia kerja tentunya seorang karyawan tidak dapat lepas dari keberadaan seorang atasan atau lebih familiar disebut bos. Bos memegang peranan yang besar dalam memimpin sebuah perusahaan.

Namun, apa jadinya jika seorang bos mempunyai sifat pelit setingkat dewa? Pasti karyawan akan sangat tidak nyaman bekerja dalam kepemimpinan bos semacam ini. Itulah sebabnya karyawan wajib mengetahui ciri-ciri bos pelit tingkat dewa ini.

Tujuh Ciri-Ciri Bos Pelit Tingkat Dewa

Bos yang pelit akan selalu mempunyai alasan-alasan untuk menunjukan sifat-sifat pelitnya secara tersirat. Biasanya dalam kepemimpinannya banyak sekali hal yang tidak masuk akal terutama yang berkaitan dengan upah karyawan.

Oleh karena itu, karyawan harus jeli dalam setiap gerak-gerik bos yang terlewat hemat ini. Namun, sebelum mencap bos Anda sebagai bos yang pelit, cobalah untuk mengetahui ciri-ciri bos pelit tingkat dewa ini.

1. Potongan Upah Tidak Jelas

Ciri pertama yang harus diwaspadai yaitu potongan upah yang sangat tidak jelas. Potongan-potongan gaji untuk karyawan selalu ada dan cenderung bertambah tanpa ada sosialisasi alasan dari potongan tersebut sehingga hal ini perlu diwaspadai.

Bos yang pelit memiliki segudang cara untuk bisa menghemat pengeluaran perusahaannya. Sayangnya kebaikan bos untuk perusahaan justru mengorbankan karyawannya yang notabenenya adalah kunci kemajuan perusahaan.

2. Tidak Pernah Memberi Reward

Ciri yang kedua yaitu bos tidak pernah memberikan reward atas pencapaian kerja dari karyawannya. Tidak hanya seputar upah, bos yang pelit juga enggan untuk memberikan penghargaan-penghargaan atas pencapaian dan prestasi para karyawannya untuk perusahaan.

Seolah-olah kontribusi para karyawan hanyalah hal biasa yang memang harus dilakukan oleh setiap karyawan. Cukup menyebalkan memang jika harus berhadapan dengan bos pelit ini.

3. Lembur Tanpa Upah

Ciri-ciri bos pelit selanjutnya adalah bos yang rajin memberikan jatah lembur kepada karyawannya tanpa adanya upah lembur. Karyawan wajib waspada jika menemui atasan semacam ini karena akan sangat menyiksa diri apabila terus menerus diperlakukan seperti ini.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan atasan dari atasan Anda mengenai hal ini. Jika belum berhasil, silakan mengajukan permintaan resign bila Anda sudah tidak tahan dengan ulah bos maha pelit ini.

4. Sangat Mudah Curiga

Bos pelit memiliki kecenderungan sangat mudah curiga terhadap para karyawannya. Misalnya ada karyawan yang harus menggunakan fasilitas kantor untuk mengerjakan suatu proyek perusahaan.

Atasan tersebut justru memberikan banyak pertanyaan yang terkesan menyudutkan karyawan. Tentu karyawan akan merasa terintimidasi dengan cara itu, bukannya didukung malah dituduh melakukan sesuatu yang akan merugikan perusahaan.

Artikel Terkait : Beberapa Macam Karakter Pemimpin, Kamu Yang Mana???

5. Kurang Peka

Ciri-ciri bos pelit yang kelima yaitu kurang peka terhadap kebutuhan para karyawannya. Kebutuhan-kebutuhan yang mendasar di kantor misalnya suasana kantor mulai gerah karena pendingin  ruangan di kantor yang sudah waktunya diganti.

Berbagai usulan untuk mengganti pendingin ruangan telah disampaikan mulai dari sindiran-sindiran halus sampai pada ungkapan secara langsung. Namun, sang bos tetap mempunyai beribu alasan untuk tidak menggantinya.

6. Perhitungan dalam Segala Hal

Seorang bos yang pelit selalu menghitung segala hal dengan seksama. Contohnya saja apabila bos menemukan pengeluaran-pengeluaran yang berlebih imbasnya adalah para karyawan yang secara otomatis mendapat pemotongan gaji.

Perhitungan untuk kepentingan perusahaan memang sudah menjadi tugas seorang atasan agar dapat mengontrol pengeluaran perusahaan tetapi jangan sampai justru merugikan karyawan.

Keenam ciri-ciri bos pelit tersebut semoga dapat membantu Anda untuk mengetahui mana ciri yang cocok untuk atasan Anda. Cobalah untuk mengetahui seberapa parah pelitnya bos Anda, sebisa mungkin berikan masukan pada saat yang tepat jika memungkinkan.

Follow Us

1,112FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...