Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja

- Advertisement -

Tidak jarang di tempat kerja akan mengalami konflik. Konflik dapat terjadi akibat kesalahpahaman, pendapat yang tidak sesuai, dan faktor lainnya. Biasanya, konflik dapat membuat Anda hilang konsentrasi sehingga tidak bisa fokus terhadap pekerjaan. 

cara menghindari konflik di tempat kerja

Maka dari itu, menghindari konflik di tempat kerja menjadi solusi yang tepat agar Anda dapat melakukan pekerjaan dengan tenang dan nyaman.

6 Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja Anda

Menghindari konflik di tempat kerja sangat penting dilakukan agar para pekerja dapat bekerjasama dengan baik. Walaupun pasti di setiap pekerjaan akan terjadi konflik, Anda dapat meminimalisir dampak yang akan terjadi saat berkonflik. 

Konflik dapat memecah persatuan dan retaknya hubungan antar pekerja. Dibawah ini, beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari konflik dengan karyawan lainnya di tempat kerja.

1. Menghargai Pendapat Orang Lain

Saat bekerja, Anda akan dihadapkan dengan masalah perbedaan pendapat antar karyawan. Maka dari itu, menghargai pendapat orang lain menjadi salah satu kunci untuk menghindari konflik.

Berikan apresiasi untuk semua orang yang mau memberikan pemikirannya demi tujuan bersama. Hargai pendapat orang lain dan jangan memandang rendah pemikiran orang lain yang berbeda dengan pendapat Anda. 

Dengan begitu orang akan merasa nyaman menyuarakan pendapatnya.

2. Jangan Emosional

Biasanya, orang berkonflik karena adanya rasa emosi berlebih dan mementingkan dirinya sendiri.

Anda harus menahan emosi untuk menghindari konflik supaya tercipta suasana yang nyaman, aman, dan tentram.Jika terjadi konflik, Anda harus bersikap tenang dan ciptakan suasana yang kondusif.

Dengan begitu, konflik yang dihadapi akan cepat selesai sehingga tidak mengganggu pekerjaan Anda dan pekerjaan karyawan lainnya.

3. Menaati Peraturan

Menaati peraturan merupakan salah satu cara untuk menghindari konflik di tempat kerja. Dengan menaati peraturan, Anda dapat melakukan kerjasama yang baik dan dapat menghindari konflik antar sesama karyawan maupun dengan atasan.

Menaati peraturan dapat membuat suasana menjadi nyaman sehingga Anda betah untuk bekerja di sana. Jika tidak menaati peraturan, bisa saja Anda akan terlibat konflik dengan atasan maupun dengan pekerja lainnya.

4. Tidak Menjadi Orang yang Mencolok

Walaupun sedikit sulit untuk dilakukan, namun hal ini menjadi salah satu cara untuk menghindari konflik. Jangan sampai Anda merasa menjadi pribadi yang mencolok diantara karyawan lainnya.

Posisikan Anda menjadi sama dengan para pekerja lainnya. Karena dengan menjadi orang yang mencolok, orang-orang akan berfikir Anda meremehkan mereka sehingga konflik di dalam pekerjaan tidak bisa dihindari.

5. Memberi Kritik atau Masukan Dengan Baik

Saat memberikan pendapat, tidak sedikit orang akan memberikan kritik terhadap apa yang ada didalam pikirannya. Sebelum memberikan kritik, pastikan Anda memberi kritik dengan kalimat yang sopan dan tidak menyinggung orang tersebut.

Anda dapat memberi kritik secara pribadi jika orang tersebut malu untuk dikritik di hadapan banyak orang. Selain memberikan kritik, Anda juga dapat memberi solusi atau masukan yang baik agar orang tersebut tidak emosi.

6.Menghindari Sumber Terjadinya Konflik

Cara menghindari konflik di tempat kerja selanjutnya adalah dengan menghindari sumber atau akar konflik. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak terseret dan ikut terjebak dalam konflik. Dengan begitu, Anda tidak akan terlibat dalam konflik.

Menghindari konflik di tempat kerja tentu akan sangat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan. Konflik hanya akan membuang waktu dan pikiran Anda sehingga Anda tidak bisa fokus dalam melakukan pekerjaan. Untuk itu, komunikasi antar teman kerja juga penting dilakukan supaya terhindar dari konflik.

Menghindari konflik di tempat kerja tentu akan sangat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan. Konflik hanya akan membuang waktu dan pikiran Anda sehingga Anda tidak bisa fokus dalam melakukan pekerjaan. Untuk itu, komunikasi antar teman kerja juga penting dilakukan supaya terhindar dari konflik.

Follow Us

1,118FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...