Mudah dan Ampuh, Inilah Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

- Advertisement -

Cara menghilangkan ngantuk – Rasa kantuk saat jam kerja memang sangat mengganggu performa kerja. Mau ditahan tapi lama-lama juga membuat kepala pusing dan tidak konsentrasi ke kerjaan.

Rasa kantuk sebenarnya disebabkan berbagai hal seperti kelelahan karena padatnya aktivitas, tidur yang tidak cukup, dehidrasi, kadar gula rendah, dan rendahnya kadar oksigen dalam otak.

Untuk mengatasinya, berikut ini tips-tips cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang dapat Anda coba.

Cara Menghilangkan Rasa Bosan Di Tempat Kerja

Tips-tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Tips-tips berikut ini cukup ampuh untuk menghilangkan kantuk di sela-sela jam kerja. Berikut ulasannya.

1. Miliki tidur yang cukup

Salah satu penyebab mengantuk di tempat kerja adalah karena ruang tidur dan tak cukup istirahat. Usahakan untuk selalu tidur dengan kapasitas 7-8 jam setiap harinya dan hindari begadang atau tidur terlalu larut malam. Karena dapat dipastikan di siang harinya Anda akan mengantuk.

2. Olahraga ringan

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja bisa dengan olahraga ringan di pagi hari agar badan lebih segar dan bersemangat. Olahraga ringan juga dapat Anda lakukan di tempat kerja dengan menggerakkan badan dan persendian di meja kerja. Anda juga dapat berjalan kaki dan naik turun tangga dibandingkan dengan menaiki lift.

3. Menghindari sarapan berat

Sarapan berat seperti makanan berkarbo, makanan cepat saji, dan manis dapat membuat kantuk datang beberapa jam setelahnya. Lebih baik perbanyak asupan makanan yang lebih sehat seperti sayuran dan buah-buahan untuk sarapan.

4. Meminum air putih

Salah satu penyebab kantuk adalah dehidrasi. Jika rasa kantuk mulai datang, konsumsilah air putih yang cukup. Air putih akan menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi teh herbal, kopi, atau permen karet

Selain air putih, cara menghilangkan ngantuk saat kerja dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh herbal, kopi, atau dengan mengunyah permen karet. Kopi memang terkenal dengan kafeinnya yang mampu merangsang adrenalin dalam tubuh sehingga badan terasa tetap bersemangat.

Teh herbal juga memiliki efek yang mirip namun dengan efek yang lebih ringan. Sedangkan mengunyah permen karet membuat Anda lebih berkonsentrasi.

6. Mendengarkan musik dengan tempo cepat atau catchy

Musik bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengusir kantuk dan membuat Anda tetap bersemangat. Pilihlah musik dengan tempo yang cepat atau irama yang catchy untuk menaikkan mood Anda.

7. Mengatur prioritas pekerjaan

Untuk menjaga kualitas pekerjaan agar tetap baik, lebih Anda merencanakan prioritas pekerjaan yang lebih dulu harus dikerjakan. Selesaikan terlebih dahulu pekerjaan-pekerjaan penting atau yang harus cepat diselesaikan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika konsentrasi Anda mulai menurun.

8. Tidur di sela-sela jam istirahat

Kalau rasa kantuk sudah sangat tidak tertahankan, solusi cara menghilangkan ngantuk saat kerja ya memang dengan tidur. Akan tetapi jangan tidur di sela-sela jam kerja karena nanti bisa kena marah atasan.

Tunggulah saat jam istirahat kemudian manfaatkan untuk tidur sebentar mungkin selama 30 menit. Ini akan cukup membantu menghilangkan rasa kantuk Anda. Sehingga saat jam kerja dimulai kembali, Anda dapat merasa lebih fresh.

Demikianlah tips-tips cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang dapat Anda coba jika rasa kantuk menyerang di sela-sela jam kerja. Jangan biarkan rasa kantuk merusak konsentrasi dan mengganggu performa kerja Anda. Namun yang paling penting adalah menjaga tubuh Anda agar tetap fit karena itulah yang menunjang segala aktivitas bekerja Anda.

Follow Us

1,118FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...