Cara Mengambil Keputusan yang Tepat dan Bertanggung Jawab

- Advertisement -

Masa depan setiap orang ditentukan oleh pilihannya dalam menjalani hidup. Tidak ada satupun manusia yang tidak membuat pilihan-pilihan untuk hidupnya mulai dari hal-hal yang paling sederhana sampai pada hal-hal besar yang akan menentukan arah hidupnya kelak.

Bahkan mulai dari bangun tidur, manusia sudah dihadapkan pada pilihan. Untuk itu penting sekali untuk mempelajari cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab.

Lima Cara Mengambil Keputusan yang Tepat dan Bertanggung Jawab

Mengambil keputusan besar bukanlah suatu hal yang mudah karena tidak semua orang berani melakukannya, namun sebuah keputusan besar harus tetap dilakukan oleh setiap manusia di dunia ini yang ingin mengubah hidupnya.

Oleh sebab hidup Anda juga dimulai dari sebuah keputusan besar yang telah ditentukan oleh kedua orang tua serta izin dari Tuhan tentunya. Sebuah keputusan harus dilakukan secara tepat dan bertanggung jawab. Inilah cara yang dapat ditempuh untuk mengambil suatu keputusan.

1. Tentukan Visi Hidup

Cara pertama adalah dengan menentukan visi hidup di dunia ini. Visi hidup ini yang akan menjadi dasar dalam menentukan keputusan Anda.

Keputusan yang akan diambil harus berpegang pada visi hidup supaya Anda tidak mudah tergerus oleh arus.

Tuangkan nilai-nilai yang Anda perjuangkan pada setiap poin dalam visi hidup tersebut. Pegang teguh visi hidup Anda sebagai pondasi utama dan jangan sampai goyah karena pendapat orang lain yang memiliki visi berbeda.

2. Mintalah Petunjuk yang Kuasa

Cara kedua adalah dengan meminta petunjuk kepada yang Maha Kuasa dengan cara berdoa dengan-Nya. Sebab manusia selalu diciptakan untuk tujuan yang baik dan mulia di dunia ini.

Sehingga dalam setiap keputusan besar harus juga melibatkan Tuhan yang telah mengizinkan manusia hidup di dunia.

Cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab ini merupakan cara yang paling penting sehingga wajib dilakukan untuk umat beragama.

3. Melihat Secara Obyektif

Lihatlah suatu pilihan-pilihan yang tersedia secara obyektif agar dapat dilihat mana yang terbaik. Dengan mengubah sudut pandang terhadap suatu pilihan-pilihan, semua akan menjadi jelas karena setiap pilihan terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tentukan hal positif yang dapat diambil apabila Anda memilih pilihan tersebut. Jangan lupa pula menimbang resiko yang didapatkan sertakan juga rencana Anda untuk meminimalkan resiko dari pilihan tersebut.

4. Kuatkan Tekad

Setelah selesai melihat dari berbagai sudut pandang obyektif, cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab yang keempat adalah menguatkan tekad.

Tekad untuk terus berpegang pada pilihan yang telah Anda buat. Ini akan menunjukan seberapa kemauan seseorang untuk mempertanggung jawabkan pilihannya.

Cara untuk menguatkan tekad salah satunya dengan banyak memotivasi diri sendiri bahwa keputusan yang telah dibuat adalah keputusan terbaik.

Artikel Terkait :
Jangan Ambil Pusing, Inilah Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin
Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disegani Supaya Menjadi Teladan

5. Jangan Takut Mencoba

Cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab selanjutnya yaitu jangan takut mencoba pilihan yang mengandung banyak resiko.

Sebab pada dasarnya setiap pilihan yang akan dibuat akan mengandung berbagai resiko entah itu besar atau kecil.

Justru melalui kesalahan-kesalahan tersebut pasti akan terdapat pelajaran dibaliknya sehingga jangan takut untuk mencoba. Biasanya keputusan-keputusan besar pasti akan mengandung resiko-resiko yang besar pula.

Cobalah untuk menggunakan kelima cara mengambil keputusan dan bertanggung jawab ini agar hidup Anda terarah dengan jelas dan positif. Usahakan untuk tetap mengambil keputusan tanpa takut pada resiko, karena itu akan menunjukan siapa diri Anda.

Follow Us

1,114FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...