Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

- Advertisement -

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa Anda pilih, tentunya dengan tujuan yang sama.

Sebelum melakukan promosi, Anda harus mengenali diri sendiri agar mengetahui apa saja yang ada pada diri Anda. Personal Branding sering ditemui saat melakukan interview di suatu perusahaan, atau saat Anda ingin menaikkan karier. Perhatikan ulasan berikut ini.

Cara Mempromosikan Diri yang Tepat Saat Melaksanakan Interview

Pada dasarnya interview merupakan sebuah proses dimana perusahaan melakukan tukar pikiran dengan seorang pelamar, yang berkaitan dengan hal-hal apa saja yang harus dikerjakan ke depannya.

Oleh sebab itu penting bagi seorang pelamar menyiapkan mental dengan baik, selain penampilan yang menunjang. Berikut ini cara mempromosikan diri saat melakukan interview di sebuah perusahaan.

1. Mengenali Latar Belakang Perusahaan

Sebelum Anda melakukan proses wawancara, sebaiknya mencari tahu informasi tentang perusahaan yang Anda lamar. Cara memperkenalkan diri ini saat interview, akan membuat perusahaan menganggap Anda memiliki wawasan yang luas.

Sehingga mereka akan mempertimbangkan untuk menerima Anda. Selain informasi latar belakang perusahaan, Anda bisa mencari job desc posisi yang Anda lamar.

2. Membawa Berkas Penting

Cara mempromosikan diri selanjutnya, adalah dengan membawa berkas-berkas penting seperti ijazah, CV, KTP, dan berkas pendukung lainnya.

Sebaiknya Anda tidak lupa membawa berkas penting ini saat interview, karena bisa jadi itu syarat penting agar Anda bisa bekerja di perusahaan tersebut. Selain kemungkinan kecil tidak diterima, Anda bisa disuruh pulang oleh pihak pewawancara.

3. Memiliki Percaya Diri Tinggi

Memiliki tingkat kepercayaan tinggi merupakan cara penting dalam mempromosikan diri, terutama saat menjalani interview. Anda bisa menjabarkan keahlian yang Anda miliki, tentunya hal ini akan menjadi pengaruh pewawancara agar untuk menerima Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Namun usahakan kepercayaan diri Anda tidak berlebihan, agar kesan sombong tidak terbaca oleh pewawancara.

4. Mengetahui Waktu Berbicara yang Tepat

Meskipun Anda melamar di perusahaan marketing, namun usahakan saat interview tidak banyak bicara atau hanya berbicara pada waktu yang diperlukan. Pada dasarnya perusahaan suka pada pelamar yang komunikatif.

Namun jika Anda terlihat banyak bicara maka pewawancara akan memikirkan ulang untuk menerima Anda atau tidak. Bicaralah seperlunya dan pada waktu yang tepat.

5. Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Sopan

Pernah tidak Anda menjawab sebuah pertanyaan dari pewawancara dengan kalimat yang tak jelas? Sudah dipastikan Anda tidak akan diterima untuk bekerja. Saat mempromosikan diri, sebaiknya Anda menggunakan bahasa yang jelas dan sopan.

Jangan terkesan terburu-buru, atau tak terdengar jelas oleh pewawancara. Usahakan Anda tidak menggunakan bahasa daerah setempat, karena tidak semua pewawancara berasal dari daerah tersebut.

6. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik

Selain penggunaan bahasa yang jelas, cara mempromosikan diri juga bisa dilakukan dengan bahasa tubuh yang baik. Hal ini bisa menunjukkan tingkat keprofesionalan yang tinggi. Usahakan Anda duduk dengan posisi yang tegap, dan tak melipat tangan di dada.

7. Menyiapkan Jawaban yang Tepat

Cara mempromosikan diri saat interview selanjutnya, ialah menyiapkan jawaban yang tepat. Hal ini karena setiap pewawancara sering mengajukan beberapa pertanyaan, dan pertanyaan biasanya masih berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.

Jawablah semua pertanyaan dengan tegas, dan tak terkesan tegang.

8. Komunikatif

Umumnya perusahaan akan memilih pelamar yang memiliki komunikasi paling baik, oleh sebab itu Anda wajib komunikatif dengan pewawancara saat interview. Namun jangan terkesan berlebihan, karena perusahaan juga tidak menyukainya.

9. Datang Lebih Awal

Cara mempromosikan diri saat interview terakhir, adalah datang lebih awal. Hal ini mencerminkan kedisiplinan yang Anda miliki. Usahakan Anda datang 15 menit sebelum jam interview dimulai.

Meskipun terkesan mudah, namun cara ini penting dilakukan agar Anda bisa diterima oleh perusahaan yang dilamar.

Cara Mempromosikan Diri Bagi Seorang Introvert Saat Interview

Meskipun terkesan mudah, namun tak semua orang bisa mempromosikan diri dengan baik terutama mereka yang berkarakter introvert. Nah agar proses interview Anda bisa berjalan lancar, perhatikan cara mempromosikan diri berikut ini.

Baca Juga :

1. Memilih Informasi yang Tepat

Bagi seorang introvert memiliki sebuah informasi yang tepat dan benar, merupakan hal penting. Pada dasarnya jenis karakter ini tidak suka dengan suasana yang ramai, mereka lebih suka menyendiri. Oleh sebab itu mendapat informasi yang tepat, bisa menjadi hal menguntungkan.

2. Mengembangkan Sikap Percaya Diri

Meskipun terkesan pemalu, namun seorang introvert bisa mengembangkan suatu pekejaan yang digeluti. Seorang introvert biasanya mempromosikan diri dengan mengembangkan kepercayaan diri melalui kinerja yang bagus.

3. Melatih Kemampuan Komunikasi

Cara memperkenalkan diri bagi seorang introvert, adalah dengan melatih terus kemampuan komunikasinya. Hal ini berbeda dengan seorang ekstrovert yang sudah alami memiliki keberanian bicara di depan orang lain.

Namun jika Anda berlatih dengan sungguh-sungguh, maka promosi diri saat interview akan berjalan lancar.

4. Promosikan Hal Unik yang Dimiliki

Meskipun seorang introvert memiliki banyak kekurangan, namun masih ada hal unik di diri mereka yang bisa digunakan sebagai alat promosi. Lalu mengapa sampai saat ini sedikit seorang introvert bisa sukses?

Hal ini dikarenakan mereka belum menyadari kelebihan yang dimiliki, seorang introvert hanya menggunakan kekurangannya saja.

5. Bergaul dengan Orang Kantor

Bagi seorang introvert ada cara memperkenalkan diri saat proses interview agar diterima, yaitu menjalin hubungan persahabatan dengan orang kantor. Anda bisa mendapatkan banyak informasi, atau bahkan teman kantor bisa mempromosikan Anda agar diterima kerja di perusahaan tersebut.

Cara Mempromosikan Diri Agar Tak Terkesan Sombong

Mempromosikan diri berarti menunjukkan segala aspek yang Anda miliki. Oleh sebab itu tak jarang pelamar kerja terlalu percaya diri saat melakukan promosi, sehingga lebih terkesan menyombongkan diri. Tentu hal ini bisa membuat pewawancara tak jadi menerima Anda, lantas bagaimana cara mempromosikan diri agar tak terkesan sombong ? Simak tips berikut.

1. Memberi Manfaat

Cara mempromosikan diri agar tak terlihat sombong, adalah dengan memberikan manfaat lebih atas keahlian yang dimiliki. Karena biasanya pewawancara akan bertanya, kontribusi apa yang Anda berikan untuk perusahaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

2. Bersikap Menghargai

Bagi Anda seorang pelamar tentu sering mendapat pertanyaan, tentang prestasi apa saja yang pernah diraih. Dari situ Anda sebaiknya menyebutkan dengan jelas dan siapa saja orang yang telah membantu Anda. Sikap menghargai ini bisa menjadi pertimbangan pewawancara dalam menerima Anda sebagai pekerja di perusahaan.

3. Tidak Berlebihan

Tidak berlebihan merupakan salah satu cara memperkenalkan diri yang sering dilupakan, akhirnya sang pelamar akan terkesan sombong. Sebaiknya Anda berbicara sesuai dengan fakta yang ada, dan jangan melebih-lebihkan hanya karena ingin diterima oleh perusahaan. Justru sikap promosi diri yang berlebihan, akan membuat timbulnya kritik pada sesuatu yang ingin Anda kembangkan.

4. Jadilah Apa Adanya

Yang dimaksud apa adanya adalah menjadi diri sendiri, artinya Anda tak perlu menyamakan diri dengan kondisi orang lain yang lebih sukses dari Anda. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil wawancara kerja, atau bisa jadi Anda akan mendapat job desc yang sama dengan orang yang disamakan padahal kemampuan Anda belum sampai situ.

Media Cara Mempromosikan Diri yang Bisa Anda Gunakan

Ada beberapa media mempromosikan diri yang bisa Anda pilih, tentunya dengan tujuan agar orang lain bisa mengenal identitas yang Anda miliki. Bagi pelamar kerja, Anda bisa memilih cara promosi diri melalui sebuah Curiculum Vitae (CV).

Curiculum Vitae (CV) merupakan dokumen penting yang sering digunakan sebagai alat jual atau promosi, untuk melamar kerja di suatu perusahaan.

Dalam membuat CV Anda harus memikirkan desain CV agar terlihat indah, namun sasaran CV tetap menjadi poin utama. Usahakan semua data yang Anda cantumkan harus benar-benar akurat, seperti data pribadi, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki.

Tetapi usahakan juga tidak terlalu merendah. Sebaiknya Anda membuat CV dengan mengutamakan fakta yang ada, yang kemudian diikuti opini.

Jika jaman dulu CV dibuat menggunakan tulisan tangan, saat ini CV sudah dibuat dengan cara diketik atau dengan desain-desain yang menarik. Meski demikian usahakan Anda membuat CV dengan menyesuaikan kebutuhan atau permintaan khusus dari perusahaan.

Tapi ingat Desain dan format CV yang menarik belum tentu menjadi jaminan Anda diterima atau tidak.

Namun hingga saat ini masih ada perusahaan yang lebih memilih promosi diri melalui CV dibuat secara manual, hal ini dikarenakan tulisan tangan bisa menjadi nilai karakter seseorang.

Lalu bagaimana dengan cara memperkenalkan diri menggunakan media sosial ? Selain menggunakan CV, memanfaatkan dunia digital sebagai alat memperkenalkan diri kepada publik juga bisa menjadi pilihan. Lalu bagaimana cara promosi diri menggunakan jejaring social? Simak tips berikut.

• Mengisi konten media sosial sesuai dengan cerminan kepribadian yang dimiliki. Hal ini bisa menjadi promosi diri kepada orang lain, sehingga mereka bisa mengetahui potensi yang Anda miliki.

• Memilih platform media sosial yang sesuai dengan kepribadian Anda. Usahakan memilih media sosial yang Anda butuhkan, jangan semua media diinstal hanya karena mengikuti trend masa kini. Hal ini akan memberikan kesan tidak jelas pada diri Anda. Pilihlah minimal 1 media sosial yang Anda sukai, dan jalankan dengan focus agar promosi diri berjalan lancar.

• Masukkan media sosial pada berkas CV. Penggunaan media sosial yang semakin besar, membuat perusahaan secara diam-diam sering melakukan pengecekan terhadap media sosial yang Anda cantumkan di CV. Oleh sebab itu isi media sosial dengan konten yang tepat, hal ini bisa menjadi nilai plus diri Anda.

Itulah cara mempromosikan diri yang bisa Anda lakukan saat melamar pekerjaan atau saat menjalani proses kenaikan jabatan. Semua cara bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan diri terhadap orang lain, yang terpenting tidak berlebihan.

Karakter introvert atau ekstrovert semua cara sama, dan memiliki peluang besar untuk dikenal oleh publik. Pilihlah cara yang sesuai dengan kepribadian, agar proses interview Anda berjalan dengan lancar dan bisa diterima kerja di perusahaan yang Anda inginkan.

Follow Us

1,112FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...