5 Cara Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran

- Advertisement -

Tuntutan pekerjaan seringkali membuat para pekerja kantor melupakan kesehatan dirinya mulai dari pola makan yang tidak teratur hingga kebiasaan-kebiasaan tidak sehat lainnya.

Hal itu sangat merugikan apabila kebiasaan ini diteruskan karena akan mengganggu produktivitas kerja Anda nantinya. Oleh sebab itu para pekerja kantoran perlu mengubah cara hidup yang kurang sehat agar dapat tetap produktif bekerja.

Berikut ini akan disajikan beberapa cara hidup sehat bagi pekerja kantoran yang dapat dilakukan di tempat kerja.

Lima Cara Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Mempraktekkan cara hidup sehat menjadi sebuah kebiasaan tidaklah mudah bagi pekerja kantor. Padatnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan menjadi alasannya.

Apapun alasannya seorang pekerja harus mengutamakan kesehatan karena jika ditelisik pekerja dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik karena mempunyai kesehatan yang prima.

Itulah sebabnya tips ini merupakan hal yang penting dan harus dilakukan, berikut ini beberapa caranya.

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan tubuh juga memegang peranan penting untuk kesehatan karena dapat menghilangkan racun-racun yang terdapat di tubuh.

Hal ini yang menjadikan kebutuhan cairan tubuh untuk seorang pekerja kantoran harus selalu terpenuhi. Usahakan untuk membawa kemasan air minum isi ulang yang dapat berulang-ulang digunakan sehingga tidak perlu repot membeli di toko lagi.

Pilih air putih sebagai pemenuh kebutuhan cairan tubuh karena air putih memiliki segudang manfaat kesehatan.

2. Posisi Duduk yang Benar

Cara hidup sehat bagi pekerja kantoran kedua, atur posisi duduk yang benar agar tidak mudah merasa pegal dalam melakukan aktivitas kerja.

Seorang pekerja setidak-tidaknya akan menghabiskan waktu minimal 8 jam sehari untuk duduk dan mengerjakan pekerjaan di kantor.

Sehingga mengatur posisi duduk yang benar dapat mengurangi resiko kesehatan yang ditimbulkan dari terlalu lama duduk. Posisikan diri untuk duduk dengan tegak menghadap ke layar komputer.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Cara yang ketiga ini sangat dianjurkan bagi para pekerja kantoran. Pasalnya buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat menjaga kebugaran tubuh. Selain itu buah dan sayur juga mengandung banyak serat sehingga baik juga untuk pencernaan.

Usahakan untuk mengonsumsi buah secara utuh bukan yang telah mengalami proses penghancuran seperti jus. Hal ini dikarenakan proses jus dapat mengurangi kandungan gizi dari buah dan sayur-sayuran.

4. Kurangi Makanan Kaya Lemak Jahat

Cara hidup sehat bagi pekerja kantoran ini sangat sulit ditinggalkan oleh sebagian besar para pekerja kantoran. Biasanya makanan siap saji yang menjadi pilihan para pekerja kantoran banyak mengandung lemak jahat yang disebut kolesterol.

Jelas-jelas makanan seperti ini harus dikurangi karena akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Lemak jahat dapat memicu berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan seperti jantung koroner, stroke dan sebagainya.

Artikel Terkait : Tips Jitu Meningkatkan Daya Ingat Buat Kamu Si Pelupa

5. Olahraga Kecil

Lakukan gerakan-gerakan olahraga kecil seperti peregangan terhadap otot-otot atau sesekali berjalan melalui tangga kantor saat jam istirahat dapat membantu Anda mengeluarkan keringat.

Aktivitas fisik yang sederhana ini dapat setidaknya menggantikan waktu olahraga Anda karena kepadatan jam kerja di kantor.

Gunakan alat-alat olah raga yang sederhana juga dianjurkan seperti hand grip yang dapat membantu mengencangkan otot-otot di sekitar bagian telapak tangan Anda.

Nah, itu tadi lima cara hidup sehat bagi pekerja kantoran yang dapat dilakukan di kantor. Cobalah untuk tetap mempedulikan kesehatan Anda dengan kelima cara ini sehingga produktivitas kerja Anda dapat tetap terjaga.

Ingatlah bahwa kesehatan tidak dapat ditukar dengan apapun sebab kesehatan adalah aset Anda yang paling berharga.

Follow Us

1,113FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...