7 Cara Paling Efektif Meningkatkan Motivasi Karyawan agar Kinerjanya Lebih Baik

- Advertisement -

Menjadi seorang atasan di kantor, kepiawaian dalam memotivasi karyawan memang seringkali diperlukan. Dalam dunia kerja, motivasi karyawan dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

motivasi karyawan
Photo by rawpixel.com from Pexels

Misalnya untuk menggerakkan semangat, meningkatkan kinerja karyawan, dan menggerakkan tim untuk mencapai target yang lebih baik. Berikut ini ulasan mengenai cara-cara meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Cara-cara Meningkatkan Motivasi Karyawan

Dalam dunia kerja, motivasi dapat dipahami sebagai dorongan yang muncul dari dalam diri untuk melakukan aktivitas atau mencapai tujuan tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Motivasi diri merupakan suatu hal yang kompleks sehingga untuk dapat memotivasi karyawan, seorang atasan harus memahami pentingnya relasi dengan karyawan serta kebutuhan para karyawannya sehingga dapat menikmati hidup.

Selengkapnya, inilah 5 cara yang dapat meningkatkan motivasi karyawan di tempat kerja.

1. Memiliki hubungan baik dengan para karyawan

Hubungan emosional yang baik terkadang lebih kuat pengaruhnya dalam memotivasi karyawan dibandingkan dengan program-program pelatihan.

Oleh karena itu perbaiki komunikasi dan relasi dengan karyawan, misalnya dengan cara sesekali mengajak karyawan ngobrol hal-hal di luar pekerjaan.

Dengan begitu Anda akan lebih mengenal pribadi karyawan sedang mereka juga akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan. Saat karyawan merasa dihargai, dengan sendirinya motivasi mereka akan meningkat.

2. Mendengarkan dan menghargai gagasan-gagasan karyawan

Perusahaan dapat semakin berkembang dengan adanya gagasan-gagasan dari sumber daya manusianya. Jika karyawan Anda memiliki suatu ide gagasan, sebagai atasan, Anda sebaiknya memberi ruang agar gagasan dapat tersampaikan.

Hargailah ide-ide karyawan Anda, jika idenya baik berilah apresiasi. Sehingga karyawan akan merasa dihargai dan semakin termotivasi.

3. Menjelaskan tujuan pekerjaan

Salah satu cara meningkatkan motivasi karyawan adalah dengan menjelaskan visi, misi, dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Dengan begitu karyawan akan memahami tujuan perusahaan juga tujuan mereka. Sehingga karyawan akan lebih termotivasi untuk berkontribusi mencapai tujuan tersebut.

4. Menjadi atasan yang berwibawa, bijaksana, dan dapat dicontoh

Jika seorang atasan memiliki pribadi yang berwibawa dan bijaksana maka karyawan akan segan dan hormat. Selain itu jadilah atasan yang memberikan contoh yang baik, dengan begitu karyawan juga akan bercermin kepada Anda.

Jika Anda seorang disiplin maka karyawan juga akan mengikuti cara kerja Anda, jika Anda memiliki tujuan dan motivasi tinggi maka karyawan juga akan ikut termotivasi.

5. Menjadikan suasana kerja yang positif dan menyenangkan

Suasana kantor yang nyaman akan membuat karyawan betah bekerja. Lingkungan kerja yang positif akan berdampak pada kinerja karyawan yang positif pula.

Motivasi karyawan Anda untuk lebih produktif namun dengan cara-cara yang positif dan menyenangkan. Dengan begitu karyawan juga semakin bersemangat.

6. Mengawasi dan mengontrol kinerja karyawan

Lakukan pengawasan terhadap karyawan saat mereka bekerja. Paling tidak Anda hadir dan ada untuk memberikan pengarahan saat karyawan mengalami kesulitan.

Biasanya karyawan akan secara otomatis bertambah semangat dan giat dalam bekerja saat pimpinannya hadir melakukan pengawasan.

7. Membantu perencanaan karir karyawan

Selain mendorong kinerja mereka, bantu pula karyawan untuk merencanakan karir mereka. Di dunia kerja, meningkatkan jenjang karir dan jabatan memang menjadi keinginan alamiah setiap orang.

Berbicara dengan karyawan mengenai potensi dan jenjang karirnya biasanya akan berpengaruh pada peningkatan kinerja.

Itulah cara-cara untuk meningkatkan motivasi karyawan agar mereka semakin baik kinerjanya. Penggunaan pendekatan-pendekatan yang tepat akan menghasilkan dampak yang lebih positif terhadap motivasi dan kinerja karyawan.

Karena kinerja karyawan yang baik akan berdampak pada produktivitas dan kemajuan perusahaan Anda.

Follow Us

1,113FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...