5 Cara Interview Kerja Agar Lolos dan Diterima Kerja

- Advertisement -

Jika Anda sedang melamar di sebuah perusahaan maupun tempat kerja lainnya, hampir semua tempat kerja akan melakukan tes wawancara sebelum menyatakan Anda akan diterima atau tidak
.
Tes wawancara sangat penting untuk Anda karena tes ini akan menjadi jalan dan syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara interview yang baik agar diterima kerja. Hal ini sangat penting karena interview akan menentukan kita diterima atau tidak.

cara interview kerja
cara interview kerja

Tips Mengetahui Cara Interview agar Diterima Kerja

Saat melamar pekerjaan, pastikan Anda untuk mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu dipanggil untuk melakukan interview. Anda juga bisa mulai mencari tahu kira-kira apa pertanyaan yang akan ditunjukkan untuk lolos seleksi wawancara.

Biasanya, interview dilakukan untuk mengetahui seberapa cepat respon dan tanggap Anda dalam memecahkan masalah. Berikut ini beberapa cara interview yang baik agar diterima kerja.

1. Tidak Panik

Saat melakukan tes wawancara, jangan pernah Anda memperlihatkan wajah panik dan bingung. Biasanya, panik disebabkan karena kurangnya persiapan dan Anda belum siap mental untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Maka dari itu, Anda harus bersikap tenang dan santai saat menjawab pertanyaan. Jangan pernah merasa panik, karena panik dapat menghancurkan pikiran sehingga Anda akan merasa sedikit kesusahan saat diberi pertanyaan.

2. Memiliki Rasa Percaya Diri

Percaya diri merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi Anda untuk diterima atau tidaknya dalam sebuah tempat kerja. Biasanya, banyak perusahaan maupun tempat kerja lainnya yang membutuhkan seseorang dengan tingkat percaya diri yang tinggi.

Percaya diri dapat membuat Anda bersikap optimis dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, Anda juga dapat bekerja secara optimal dan mampu berkomunikasi yang baik dengan rekan sesama di tempat kerja.

3. Sopan 

Sopan akan menunjukkan siapa diri Anda. Saat Anda dipanggil untuk melakukan interview, pastikan Anda harus bersikap sopan kepada semua orang yang ada disana. Sopan dapat memberikan kesan baik untuk Anda.

Jangan lupa perlihatkan antusias Anda atas pekerjaan yang ingin dilamar. Selain itu, jangan lupa untuk selalu tersenyum dan ramah karena ini akan menjadi poin yang dapat memberikan nilai lebih untuk Anda.

4. Memberikan Jawaban Sesuai dengan Pertanyaan

Cara interview yang baik agar diterima kerja selanjutnya adalah dengan menjawab pertanyaan sesuai apa yang ditanyakan. Perlihatkan sikap tegas Anda untuk menjawab pertanyaan dan jangan bertele-tele.

Maka dari itu, Anda dapat menjawab pertanyaan seperlunya dan dirasa tepat dengan jawaban yang ingin didengar oleh orang yang memberi pertanyaan. Jika Anda diminta untuk menambah penjelasan, pastikan untuk memberi penjelasan sesuai dengan kondisi dan secara detail.

5. Kontak Mata

Kontak mata merupakan salah satu cara interview yang baik agar diterima kerja. Dengan melakukan kontak mata saat menjawab pertanyaan yang akan diajukan.

Pewawancara akan mengetahui bagaimana sifat, sikap, dan rasa percaya diri Anda untuk bisa diterima di perusahaan maupun tempat kerja.

Selain itu, jangan lakukan kontak mata berlebihan atau sampai melototi pewawancara. Lakukan kontak mata seperlunya saja agar suasana terasa nyaman.

Itulah beberapa tips atau cara interview yang baik agar diterima kerja. Sebelum Anda melamar pekerjaan, pastikan Anda sudah bisa menguasai diri saat akan di interview oleh perusahaan atau tempat kerja.

Selain itu, Anda dapat melakukan latihan interview dengan teman, kerabat, atau di hadapan cermin untuk mengetahui seberapa siap Anda sebelum melakukan wawancara sungguhan.

Follow Us

1,118FansLike
1,432FollowersFollow

Artikel Terbaru

Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Yang Bikin Perusahaan Takjub

Melakukan promosi diri atau Personal Branding, merupakan salah satu cara agar identitas diri dapat diketahui oleh publik. Ada banyak cara mempromosikan diri yang bisa...

Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem...

Gaji UMR Jakarta, Jumlah serta Komponen Penyusunnya

Para pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UMR (Upah Minimum Regional). UMR ini adalah gaji atau upah minimum...

Terapkan 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini Agar Anda Tau Cara jadi Orang Sukses

Berbicara tentang bagaimana hidup agar menjadi sukses memang tiada habisnya, bahkan bagi sebagian orang sukses itu adalah utopis, sesuatu yang enak di angan, mudah...

Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik...