Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate yang Sering Ditanyakan Saat Melamar Kerja


Ketika Anda akan melamar pekerjaan di suatu tempat atau perusahaan, pasti harus menyiapkan surat lamaran pekerjaan dan data diri terlebih dahulu. Selain data diri, Anda juga harus menyiapkan diri untuk mengikuti sesi wawancara yang biasanya ada di tempat kerja. 

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA FRESH GRADUATE

Banyak fresh graduate yang langsung melamar kerja ketika lulus studi
Pertanyaan interview kerja fresh graduate biasanya memiliki pertanyaan yang mudah, namun harus dijawab dengan teliti.

Menurut Workitdaily bahwa mengetahui tips dan trik dan mempersiapkan dengan matang saat wawancara adalah faktor sukses saat interview, karena fresh graduate sangat minim pengalaman.

Hal yang Sering Ditanyakan Saat Interview Kerja Fresh Graduate


Jika Anda seorang fresh graduate, maka ketika melamar kerja di sebuah tempat pasti akan sering ditanyakan tentang hal-hal kecil. Namun, hal-hal kecil tersebut harus dijawab dengan tepat dan bisa memuaskan pihak pewawancara. 

Maka dari itu, Anda perlu berlatih untuk bisa menjawab pertanyaan interview kerja fresh graduate dengan tenang, yakin, dan benar. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika fresh graduate melamar kerja di suatu tempat atau perusahaan.

1. Kenapa Ingin Melamar di Perusahaan Tersebut


Pertanyaan yang sering dihadapi untuk fresh graduate maupun orang umum lainnya adalah tentang kenapa Anda ingin melamar di perusahaan itu. Anda harus bisa memberikan jawaban yang memuaskan dan disukai oleh pewawancara. 

Jawab dengan sungguh-sungguh kenapa memilih kerja di sana supaya pihak perusahaan bisa mengetahui keseriusan Anda untuk bekerja dan bergabung menjadi bagian dari perusahaan yang dituju.

2. Kenapa Ingin Melamar di Posisi Tersebut


Pertanyaan interview kerja fresh graduate berikutnya adalah tentang kenapa Anda ingin melamar di posisi tersebut. Ketika melamar kerja, biasanya Anda mencantumkan jabatan yang diinginkan pada surat lamaran pekerjaan yang dibuat. 

Biasanya saat sesi interview akan ditanyakan oleh pewawancara kenapa menginginkan posisi tersebut. Jawab pertanyaan tersebut dengan tegas dan percaya diri untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda mampu di posisi tersebut.

3. Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan


Selain menanyakan alasan kerja dan posisi kerja, ternyata tidak jarang perusahaan juga memberikan pertanyaan yang menguji pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut. 

Anda diharuskan mengetahui beberapa informasi tentang perusahaan yang dilamar agar ketika mendapat pertanyaan seperti itu bisa dijawab dengan mudah. 

Sebelum melamar kerja di perusahaan tersebut, lebih baik cari informasi secara detail tentang perusahaan. Cari di berbagai sumber seperti buku dan internet.  

4. Apa yang Anda Ketahui Tentang Industri dan Pekerjaan


Apa yang Anda ketahui tentang industri dan pekerjaan merupakan salah satu pertanyaan interview kerja fresh graduate. Disini, Anda diharuskan untuk mengenal dan mengetahui tentang pekerjaan yang akan dikerjakan dan industri apa yang sedang dikerjakan. 

Sebelum melamar pekerjaan, ketahui terlebih dahulu jenis pekerjaan yang nantinya akan dikerjakan supaya lebih mudah ketika Anda nantinya sudah diterima di perusahaan tersebut. lakukan pekerjaan dengan giat dan sepenuh hati.

5. Apa Saja Pencapaian yang Telah Diraih


Tidak jarang setiap perusahaan menanyakan hal tentang prestasi atau pencapaian yang sudah diraih. Berikan informasi tentang pencapaian yang sudah diraih sedetail mungkin dan sebenar-benarnya. 

Biasanya, pencapaian yang telah Anda raih tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk diterima di perusahaan tersebut. 

Hal tersebut biasanya membuktikan tentang kualitas kerja Anda. Namun Anda juga bisa diterima di perusahaan tersebut tanpa memandang pencapaian yang telah diraih.

6. Apakah Sudah Memiliki Pengalaman Kerja


Memiliki pengalaman kerja atau tidak juga merupakan salah satu pertanyaan interview kerja fresh graduate yang sering ditanyakan. 

Biasanya untuk di posisi tertentu, Anda diharuskan memiliki pengalaman kerja minimal 1 atau 2 tahun. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda bisa bekerja dengan optimal dan sudah paham dengan posisi tersebut. 

Beri jawaban secara jujur apakah Anda memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut atau tidak karena hal tersebut sangat berpengaruh dengan karir.

7. Apakah Anda Suka Sendiri atau Bekerja dengan Tim


Pertanyaan fresh graduate yang sering ditanyakan dan wajib ada di sebuah perusahaan atau tempat kerja adalah tentang apakah Anda lebih menyukai bekerja sendiri atau dengan tim. Pertanyaan tersebut biasanya digunakan untuk menguji apakah Anda bisa bekerja dengan tim dan saling koordinasi atau tidak. 

jawab pertanyaan tersebut sesuai dengan kenyataannya. Hal tersebut agar jika nanti sudah diterima kerja disana, anda bisa membaur dan bekerjasama dengan baik tanpa paksaan.

8. Apa Saja Kemampuan dan Kualifikasi yang Dimiliki


Pertanyaan interview kerja fresh graduate yang sering ditanyakan adalah tentang kemampuan apa saja dan kualifikasi yang dimiliki oleh Anda. Untuk wawancara lamaran pekerjaan, biasanya pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh pewawancara supaya lebih mengenal Anda secara dalam dan detail. 

Sebisa mungkin Anda jawab pertanyaan tersebut dengan mengaitkan kemampuan dan kualifikasi dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

9. Apakah Anda Siap untuk Bekerja Keras dan Bahkan Lembur


Saat memasuki dunia kerja, pasti kehidupannya tidak jauh dari kerja keras, bahkan sampai lembur. Biasanya, pertanyaan tentang dua hal tersebut harus ditanyakan supaya Anda tidak kaget dalam dunia kerja. 

Karena biasanya orang sering melihat posisi yang menarik untuk kerja tanpa melihat perjuangan yang harus dihadapi. 

Hal tersebut akan membuat orang malas sehingga pekerjaan yang dikerjakan berantakan. Untuk itu, perusahaan menanyakan hal tersebut sebagai antisipasi kejadian.  

10. Jika Ada Suatu Masalah, Apa yang Akan Dilakukan


Pertanyaan yang sering ditanyakan ketika melamar kerja di sebuah perusahaan adalah tentang jika suatu saat ada masalah, apa yang akan Anda lakukan. 

Pertanyaan interview kerja fresh graduate seperti ini sangat penting untuk menguji daya pikir Anda tentang bagaimana menyikapi dan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. 

Berikan jawaban yang baik dan tepat terhadap pertanyaan yang diajukan. Pastikan jawaban yang Anda berikan bisa memuaskan pewawancara.


Tips Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate


Ketika akan mengikuti tes wawancara di suatu perusahaan, pastikan untuk menyiapkan beberapa hal seperti mental, fisik, dan jawaban tentang wawancara. Anda harus menyiapkan mental dan ilmu pengetahuan karena biasanya fresh graduate itu masih awam dan kurang familiar tentang dunia kerja. 

Hal tersebut biasanya akan membuat Anda gugup sehingga pikirannya menjadi kacau dan ngeblank. Hal tersebut tentu sangat menghambat tes wawancara. Dibawah ini tips wawancara yang baik.

1. Fokus Pada Potensi yang Dimiliki


Untuk fresh graduate, biasanya Anda harus fokus terhadap potensi yang dimiliki. Hal tersebut karena biasanya fresh graduate masih belum memiliki pengalaman kerja sehingga harus terpaku dan terfokus terhadap potensi yang dipunya. 

Ketika melakukan wawancara mengenai softskill sementara Anda belum mempunya hal tersebut, ceritakan saja tentang kelebihan yang belum tentu dimiliki orang lain. Pastikan kelebihan-kelebihan tersebut menarik minat pewawancara dan perusahaan yang dituju.

2. Percaya Diri


Ketika menjawab pertanyaan interview kerja fresh graduate, Anda harus melakukannya dengan penuh percaya diri. Percaya diri sangat penting dimiliki dan diterapkan agar Anda tidak gugup saat melakukan tes wawancara. 

Dengan percaya diri, Anda bisa berkomunikasi bersama pewawancara dengan baik, benar, dan tanpa hambatan. Biasanya perusahaan sangat menyukai orang yang percaya diri karena hal itu bisa membawa aura positif di lingkup kerja dan menghidupkan suasana.

3. Melakukan Riset


Untuk fresh graduate, melakukan tes wawancara maupun interview adalah hal yang baru. Sebelum melakukan wawancara dengan perusahaan yang Anda lamar, lebih baik ketahui terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut dengan melakukan riset agar anda siap saat wawancara. 

Lakukan riset seperti bagaimana perusahaan tersebut, bidang apa saja yang ada di sana, dan sebagainya. Melakukan riset sangat membantu Anda terhadap wawancara yang nantinya akan diberikan.  

4. Jangan Meninggikan Diri Sendiri


Ketika melakukan tes wawancara, pastikan untuk tidak terlalu meninggikan dan melebih-lebihkan potensi yang dimiliki. Jawab dengan jujur potensi yang dimiliki tanpa harus melebihkannya supaya pewawancara dapat mengetahui kesungguhan Anda untuk memasuki lingkup kerja tersebut. 

Buktikan bahwa potensi yang tadinya Anda bilang itu tepat dan dapat dipercaya. Pertanyaan interview kerja fresh graduate ini sangat berpengaruh terhadap pandangan pandangan orang lain ke anda.

Baca Juga : 

5. Memberi Motivasi Kerja yang Menarik


Tidak jarang pertanyaan interview tentang pekerjaan adalah bagaimana motivasi Anda untuk bekerja di sana. Setiap perusahaan pasti menginginkan jawaban yang jujur tentang motivasi apa yang Anda miliki untuk bekerja di sana. 

Berikan jawaban dan alasan tentang motivasi tersebut dengan cermat, menarik, dan kesungguhan yang kuat. Jawab pertanyaan tersebut secara logis dan masuk akal. Hal tersebut tentu akan menarik perhatian pewawancara sehingga bersedia merekrut Anda untuk bekerja.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara


Ketika Anda melakukan wawancara, terdapat beberapa hal yang dilarang dan tidak boleh dilakukan saat melakukan sesi tersebut. 

Hal tersebut karena sesi wawancara merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana Anda itu sebenarnya, mulai dari latar belakang, sifat, kemampuan, hingga kepribadian yang dimiliki. 

Maka dari itu,.berikut ini hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan saat melakukan sesi wawancara di tempat atau perusahaan.

1. Datang Terlambat


Ketika Anda akan melakukan sebuah interview kerja, pastikan untuk tidak datang terlambat di perusahaan tersebut. Datang terlambat sangat mempengaruhi citra dan pandangan orang lain terhadap Anda. Datang terlambat saat akan melakukan wawancara dapat menilai sejauh mana tingkat kedisiplinan Anda.

2. Mengucapkan Kata yang Tidak Sopan


Mengucapkan kata-kata kasar dan tidak sopan sangat dilarang ketika melakukan wawancara. Gunakan bahasa yang santun dan sopan untuk berbicara. Jika diajak bercanda, bercandalah sewajarnya dan tetap menjaga kata yang keluar dari mulut.

3. Menceritakan Keburukan Perusahaan Lama


Menceritakan keburukan perusahaan yang pernah Anda masuki merupakan hal yang sangat tidak sopan untuk dilakukan. Pewawancara akan berpikir jika nantinya Anda lolos kerja dan kemudian mengundurkan diri, bisa saja Anda menceritakan keburukan perusahaan ke tempat kerja barunya.

Itulah beberapa pertanyaan interview kerja fresh graduate, beberapa tips melakukan wawancara, dan hal yang tidak boleh dilakukan saat wawancara. Anda dapat melakukan latihan untuk wawancara dengan teman maupun cermin. 

Hal tersebut dimaksudkan untuk melatih kepercayaan diri yang dimiliki dan bagaimana cara menghadapi situasi. Jangan gugup ketika wawancara dan berikan yang terbaik supaya Anda bisa lolos dan bekerja di sana. Jangan lupa untuk berdoa dan selalu berusaha.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2