Ingin Gaji Naik ? Yuk Baca 6 Cara Negosiasi Gaji Ini, Dijamin Pasti Sukses

Siapa yang tidak senang jika gajinya mengalami kenaikan? Semua orang normal sangat senang jika gajinya naik. Kenaikan gaji dapat saja dilakukan dengan cara bernegosiasi dengan atasan Anda.

cara negosiasi gaji


Namun, dalam bernegosiasi juga harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terkesan menuntut terlalu berlebihan. Agar kesan yang kurang baik ini dapat tersembunyikan dengan rapi, maka Anda perlu untuk mengetahui enam cara negosisasi gaji berikut ini, dijamin sukses.

Enam Cara Negosiasi Gaji

Cara melakukan negosiasi gaji memerlukan keterampilan tersendiri terutama dalam hal komunikasi. Tidak hanya itu negosiasi juga harus dilakukan dengan hati-hati dan pada saat yang tepat karena kesalahan dalam penyampaiannya dapat berujung petaka pada profesi Anda.

Sebisa mungkin untuk melakukan observasi terhadap keadaan di perusahaan agar peluang diterimanya semakin besar. Untuk itu cobalah baca sejenak 6 cara negosisasi gaji ini untuk Anda yang ingin mempunyai gaji lebih.

1. Mengukur Kompetensi Diri

Cara yang harus dilakukan untuk berhasil melakukan negosiasi yang pertama adalah dengan mengukur kompetensi diri. Coba kenali kembali keahlian apa yang Anda miliki agar bisa memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan.

Selain itu lakukan uji kompetensi diri pada lembaga-lembaga yang diakui secara resmi serta menyediakan jasa tersebut. Kompetensi Anda akan menjadi dasar yang kuat untuk bisa menaikkan gaji lebih besar lagi.

2. Berikan Bukti Nyata Kompetensi Diri

Cara kedua yang harus dilakukan adalah dengan memberikan bukti nyata bahwa Anda memang memiliki kompetensi tersebut.

Perusahaan akan sangat mempertimbangkan negosiasi gaji apabila Anda sudah memiliki bukti kuat tentang kemampuan Anda yang sangat dibutuhkan pada perusahaan tersebut. Bukti-bukti ini dapat berupa berbagai bentuk seperti piagam penghargaan salah satunya.

3. Menorehkan Prestasi di Perusahaan

Cara negosiasi gaji yang ketiga adalah dengan menorehkan prestasi di perusahaan. Cara ini sangat mujarab untuk keberhasilan negosisasi gaji Anda.

Pada dasarnya perusahaan akan mempertahankan pekerja-pekerja yang berkualitas tinggi sehingga mencapai prestasi merupakan salah satu cara yang efektif. Untuk itu berusahalah untuk menorehkan prestasi selama bekerja di kantor. Entah itu dalam hal waktu, ide-ide, inovasi dan sebagainya.

4. Gigih

Cara negosiasi gaji yang selanjutnya yaitu kegigihan. Untuk bisa berhasil dalam melakukan negosiasi dalam hal ini adalah gaji maka Anda harus memiliki kegigihan untuk memperjuangkannya.

Jika negosiasi pertama gagal, cobalah lain waktu di saat yang tepat begitu seterusnya, niscaya perusahaan akan melihat perjuangan Anda. Tentunya iringi setiap kegigihan ini dengan prestasi yang membanggakan agar perusahaan akhirnya melihat Anda.

5. Pilih Rentang Gaji yang Masuk Akal

Agar dapat berhasil dalam bernegosiasi gaji tentu Anda harus bisa memilih rentang gaji yang masuk akal. Masuk akal di sini yaitu sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki sehingga berkaitan dengan besarnya kontribusi Anda.

Selain itu juga harus mempertimbangkan berapa upah minimum yang layak diterima pekerja pada wilayah tersebut. Berdasarkan pada hal-hal tersebut perusahaan akan mempertimbangkan permintaan Anda.

Artikel Terkait : 6 Tips Menjadi Karyawan Sukses ini Bikin Karir Langsung Melejit

6. Perhatikan Nada Bicara

Cara keenam yaitu dengan memperhatikan nada bicara Anda. Pastikan nada bicara Anda tidak terkesan memaksa agar atasan dapat menerima dengan baik maksud dari negosiasi yang dilakukan.

Gunakan nada bicara yang santun dalam pengucapan permintaan kenaikan gaji. Pilih juga kata-kata yang positif.

Inilah keenam cara negoisasi gaji yang dapat membantu Anda memperoleh gaji yang diinginkan. Perhatikan baik-baik keenam hal ini dan jangan lupa untuk melakukannya dengan teliti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2