Atasan Anda Egois ? Simak 5 Cara Menghadapi Atasan yang Egois Dijamin Ampuh

Setiap orang pasti memiliki ego, termasuk bos pada suatu perusahaan. Untuk itu diperlukan cara menghadapi atasan yang egois.

Semua karyawan selalu ingin bekerja di perusahaan yang menjunjung tinggi nilai profesionalitas dan humanisme. Nilai-nilai ini selalu ingin dirasakan karyawannya terhadap bosnya.

cara menghadapi atasan yang egois


Sejatinya setiap karyawan dan bos saling membutuhkan dalam melakukan tugas perusahaan. Oleh sebab itu, karyawan berhak memiliki bos yang mengerti kebutuhannya dalam mengerjakan tugas.

Lima Cara Menghadapi Atasan yang Egois   

Apa jadinya jika bos justru bersikap egois dan cenderung tidak peduli dengan kesulitan yang dialami karyawannya? Pasti para karyawan akan merasa tidak nyaman saat bekerja dan memenuhi setiap kewajibannya di kantor.

Hal ini akan sangat mengganggu kinerja karyawan tersebut sehingga hasil kerja jadi tidak maksimal. Parahnya bos yang egois terkadang tidak menyadari bahwa ketidak maksimalan kinerja karyawannya karena sifat egoisnya sendiri. Berikut ini lima cara menghadapi atasan yang egois.

1. Mawas Diri

Cara pertama ini belum langsung tertuju kepada bos di kantor. Ini merupakan langkah awal untuk mengoreksi diri sebelum menghakimi atasan.

Coba renungkan kembali, apakah ini sikap atasan selama ini benar-benar memang karena kesalahan Anda dalam mengerjakan sebuah tugas?

Dalami dengan sunguh-sungguh aspek-aspek yang sering dilakukan mulai dari berangkat kerja apakah sudah tepat waktu sampai pada penyelesaian tugas sesuai dengan tenggat waktu.

2. Coba Pelajari Job Description Lagi

Setelah cara pertama dilakukan, silahkan mencoba cara kedua dengan mempelajari kembali tugas-tugas khusus Anda di perusahaan.

Tanyakan pada diri sendiri apakah sudah memenuhi setiap tugas yang ada dalam job description tersebut. Pastikan semua tugas yang dituntut memang sudah dikerjakan dengan baik.

Jika perlu tanyakan juga pada rekan kerja mengenai kinerja Anda apakah sudah sesuai dengan job description tersebut agar memperkuat keyakinan Anda sendiri.

3. Bicara kepada Teman

Bicarakan masalah Anda dengan teman yang dapat dipercaya. Cara ini setidaknya dapat lebih menenangkan pikiran sejenak. Rasa tenang akan membuat Anda tahu langkah selanjutnya yang harus ditempuh untuk menghadapi atasan yang egois.

Ingat, hanya bicarakan masalah ini kepada teman yang dapat dipercaya karena jika tidak maka hanya akan membuat masalah Anda semakin rumit apalagi jika atasan Anda mengetahui bahwa Anda membicarakan kejelekkannya di belakang.

4. Konsultasikan dengan Bagian Personalia

Cara menghadapi atasan yang egois yang keempat yaitu dengan mengonsultasikan masalah ini dengan pihak personalia. Langkah ini dilakukan jika Anda memang tidak bisa menemui atasan Anda secara langsung karena kesibukannya.

Pihak personalia akan mendengarkan keluh kesah Anda terhadap atasan yang selalu semena-mena. Ungkapkan juga bahwa Anda telah memenuhi setiap tugas yang diberikan dengan baik dan sesuai dengan instruksi di job description Anda.

Artikel Terkait

5. Bicara kepada Atasan

Cara menghadapi atasan yang egois selanjutnya adalah dengan membicarakan kecemasan ini kepada atasan secara langsung. Bicarakan hal ini baik-baik tanpa emosi negatif agar hubungan dengan atasan tetap terjaga dengan baik.

Utarakan dengan jujur semua hal yang tidak membuat nyaman selama bekerja akibat ulah atasan yang egois. Kemukakan juga bahwa itu sangat mengganggu dan berpengaruh terhadap kinerja Anda sehingga bos bisa merubah sikapnya.

Bos yang egois harus disadarkan bahwa dirinya memang egois. Cara menghadapi atasan egois harus dilakukan secara hati-hati supaya Anda sendiri tidak dirugikan. Untuk itu Anda juga harus bisa bermain cantik tanpa ada cela yang dapat memojokkan Anda sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2