Bermuka Dua, Jenis Manusia Paling Gak Asik Di Lingkungan Kerja, Kenali Ciri Khasnya

Lingkungan kerja adalah kumpulan dari berbagai jenis manusia yang bermacam-macam karakter dan sifatnya, termaksud si manusia bermuka dua ikut nyemplung dalam ekosistem dunia kerja.

rekan kerja bermuka dua
Socialknx.com

Rekan kerja bermuka dua memang sulit untuk dihindari, karena serigala berbulu domba ini pergerakannya sangat halus, nyaris tanpa bayang dan tiba-tiba hanya dalam selangkah sudah menusukmu dari belakang.

Meskipun "Muka Dua" adalah manusia yang tidak disukai di lingkungan kerja, namun mereka adalah orang yang tidak mudah disingkirkan, sialnya lagi mereka biasanya tidak punya prestasi, selain bakat alami untuk menjatuhkan Anda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengidentifikasi manusia menyebalkan ini sebelum benar-benar merugikan karir Anda.

Manusia ini bukanlah mahluk gaib meskipun kelakuannya seperti syaiton yang naudzubillah min dzalik, mereka kasat mata, bisa di lihat dengan mata telanjang dan dapat pula dirasakan kehadirannya.

Berikut Ini Ciri-Ciri Rekan Kerja Anda Bermuka Dua


Pahami dan Identifikasi ciri-ciri berikut, setelah menemukannya maka silahkan segera menjauh dari mereka dan jangan lupa untuk membaca ta'awudz (berlindung dari syaiton yang terkutuk.

#1 Tidak Punya Prestasi Tapi Menggerus Terus Prestasi Anda


Ciri pertama dari manusia bermuka dua yaitu mereka biasanya tidak punya prestasi, tidak punya keahlian khusus, hanya saja mereka punya bakat alami untuk menggerus terus prestasi yang pernah Anda raih.

Sebalnya lagi, prestasi yang susah payah Anda peroleh tiba-tiba bisa jadi boomerang bagi karir Anda sendiri.

Misalnya, Anda adalah seorang marketing terbaik bulan kemarin dengan jumlah penjualan tertinggi, eh, tiba-tiba bulan depan Anda di audit karena melakukan penjualan tidak sesuai SOP penjualan. Sakit kan???

Gak usah dicari, yang ngelaporin itu rekan kerja Anda, yang selalu ngopi dan makan bareng dengan Anda.

Besok dijauhin aja, bikin besar biaya operasional, karena biasanya suka minta traktir melulu.

#2 Klo Presntasi Seolah-olah Paling Hebat, Nyatanya Di Lapangan Berbeda


Di kantor biasanya ada presntasi tentang program kerja yang akan dikerjakan, biasanya nih si muka dua paling jago dalam hal ini, Anda adalah nomor sekian, strategi data dan pemaparannya lengkap.

Semua interupsi bahkan dari atasan Anda sendiri diabaikan, berbicara seolah-olah paling ahli. Padahal semua orang tau, hasil kerjanya dilapangan tidak seberapa.

Biasanya untuk mengelabui kegagalan hasil kerjanya dia mencari tumbal, Bisa jadi Anda adalah tumbalnya, dijadikan kambing hitam dari setiap rentetang ketidakmampuannya.

Sialnya lagi, atasan Anda percaya apa yang dia presntasikan dan Anda jadi orang yang paling disalahkan.

#3 Terlalu Baik Ketika Didepan Banyak Orang Aslinya Menjengkelkan


Terkadang ada rekan kerja Anda ketika suasana lagi rame tiba-tiba jadi orang baik, kayak orang mau mati besok deh.

Padahal secara personal di lingkungan kantor rekan anda ini menyebalkan.

Manusia bermuka dua ini pandai membangun persepsi, sehingga akan membuat rekan kerja lain yang tidak terlalu dekat dengan dia akan menilai dia sebagai rekan kerja yang baik.

Sehingga penilaian terhadap dia akan semakin obyektif, tidak semua rekan kerja Anda percaya bahwa dia orang yang paling menyebalkan.

Misalnya ketika lagi makan siang di kantin umum dan dompetmu ketinggalan, Rekan kerja bermuka dua ini akan sigap untuk mentraktir Anda, Semua orang di kantin akan melihat kejadian itu.

Orang yang tidak begitu dekat dengan dia akan menafsirkan bahwa dia orang yang baik, eh padahal jika hanya berdua saja di kantin orang ini masa bodoh.

#4 Rekan Kerja Bermuka Dua Tidak Punya Prinsip dan Tidak Konsisten


Pernyataanya berbeda satu sama lainnya, hari ini bicara A besok berubah B dan begitu seterusnya, orang seperti ini mirip ampibi, tujuannya jelas, mencari keselamatan terhadap dirinya sendiri, tidak bisa mempertanggung jawabkan hasil kerjanya.

Setiap argumen yang dikeluarkan demi kepentingan pribadinya, asalkan selamat pada kondisi itu, besok berubah gak masalah, masih bisa cari alasan lain.

Misalkan ketika ditanya strategi penjualan apa yang paling bagus? dia akan menjawab sesuai dengan strategi yang atasan Anda inginkan.

Rekan kerja seperti ini sangat berbahaya bagi karir Anda, orang ini menghalalkan segala cara agar mendapatkan bergaining bagus dimata atasan, sementara Anda akan dijadikan korban. Dimata atasan Anda adalah manusia terbego di dunia.

#5 Pandai Berakting dan Playing Victims


Rekan kerja yang bermuka dua ini selalu lolos dari setiap masalah, selalu ada celah untuk mengelak, membuat dirinya hanyalah sebagai korban dari masalah tersebut. Dia akan mengarahkan problem langsung menuju ke Anda, artinya Anda adalah biang keroknya.

Baca Juga : 6 Trik Jitu Cara Membuat Bos Jatuh Cinta Pada Kinerja Anda

Keahliannya dalam Akting akan membuat atasan Anda iba terhadapnya dan balik menyerang Anda.

Ini tentunya kondisi yang tidak fair, Anda benar-benar akan dirugikan jika ada dalam kondisi ini. Playing victim itu sangat ampuh untuk merubah kondisi dari marah menjadi simpatik, apapun alasannya.

#6 Pandai Memutar Balikan Fakta


Selain playing victim orang munafik juga bisa memudarkan fakta yang sebenarnya terjadi, dia akan dengan mudah membuat rekan-rekan kerja Anda yang lain akan dari segan terhadap Anda jadi benci terhadap Anda.

Jika dia secara pribadi tidak menyukai Anda, maka dia akan membangun narasi dan deskripsi secara teratur dan membangun opini tentang anda dihapan rekan kerja yang lain.

Anda akan dirugikan dalam kondisi ini, sudah susah payah membangun dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, ternyata dalam seketika mereka bisa cepat berubah dalam menilai Anda.

#7 Suka Membicarakan Orang Lain di Hadapan Anda


Hati-hati jika ketemu dengan rekan yang sering membicarakan aib rekan kerja lain dihadapan Anda, hari ini dia membicarakan orang lain, besok-besok dia akan membicarakan aib Anda ke orang lain juga.

Rekan kerja seperti ini ada kerena tidak punya bahan pembicaraan lain yang ingin dibahas, sementraa membicarakan aib orang lain merupakan topik yang asik dibicarakan, maka dia memilih topik ini agar bisa nyambung dalam berinteraksi.

Hindarilah rekan kerja Anda dengan karakter seperti ini, ketika dia membicarakan aib orang lain ke Anda, maka diapun dengan mudah membicarakan aib Anda ke orang lain.

#8 Hanya Menghargai Orang Yang Jabatanya Lebih Tinggi


Lingkungan kerja adalah sebuah organisasi yang terstruktur, ada atasan, kepala bagian, ada bawahan dan juga outsourching atau pihak ketiga.

Banyak sekali interaksi yang timbul pada organisasi ini, antara bawahan dengan atasan, atasan ke bawahan atau ke pihak ketiga.

Namun orang bermuka dua hanya akan care (peduli) ke orang yang jabatannya lebih tinggi dari dia, sementara yang posisinya sama atau dibawah lagi dia cenderung bodoh amat.

Misalkan orang bermuka dua ini adalah staff, dia akan dengan mudah membantu atasannya, sekedar membuatkan kopi atau menawarkan jasanya untuk mengambilkan tas atasannya yang ketinggalan, sementara pemandangan berbeda terhadap rekan sesama dan pihak ketiga.

#9 Biasanya Orang Bermuka Dua Bawaannya Sombong dan Suka Pamer


Orang sombong sangat nampak sifatnya dan sifat ini sering berbawaan dengan pamer, perhatikan saja rekan kerja anda yang punya ciri seperti ini, bisa jadi orang ini bermuka dua.

Hindari aja rekan kerja yang seperti ini, tidak akan ada manfaatnya, bahkan bisa jadi Anda dianggap lebih rendah derajatnya dibandingkan dia.

#10 Suka Mencari Muka Di Hadapan Atasan


Orang bermuka dua adalah orang yang tidak puas dengan hanya cukup dua muka, maka dia mencari muka lainnya.

Orang bermuka dua ini senang sekali mencari muka dihadapan atasan, apapun yang diinstruksikan atasan selalu dia ikuti, keinginan atasan selalu dia penuhi.

Saat ada rekan kerja yang disalahkan atasan, orang bermuka dua ini selalu support atasannya dengan argumentasi pendukung.

Tipikal rekan kerja seperti ini paling dihindari jika berada di lingkungan kerja, sekeras apapun perjuangan anda dalam membangun reputasi yang baik, tetap saja Anda tidak akan ada nilainya dimata atasan ketimbang si penjilat muka atasan.

Baca Juga : Cara Menghadapi Atasan Yang Pilih Kasih

Itulah beberapa ciri-ciri dari rekan kerja bermuka dua yang harus Anda antisipasi sejak dini agar karir Anda tidak terancam akan kehadirannya.

Silahkan bagikan untuk menyinggungnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2