Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik untuk Kemajuan Karir Anda

Tes potensial akademik seringkali digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam penerimaan tenaga kerja. Ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang menggunakan tes potensial akademik untuk menguji tingkat kecerdasan akademik calon pendaftarnya.

Tes potensial Akademik


Untuk bisa sukses menjalani tes potensial akademik Anda memerlukan kiat-kiat tertentu. Beberapa kiat sukses tersebut telah terangkum pada uraian berikut ini. Jika Anda ingin lolos seleksi tes ini silahkan baca uraian berikut sampai tuntas.

5 Kiat Sukses Lolos Tes Potensial Akademik

Cara untuk bisa lulus tes yang menguji kemampuan akademik pesertanya ini cukup menguras tenaga sehingga perlu kiat-kiat dalam menghadapinya.

Tahap persiapan akan sangat menentukan keberhasilan Anda dalam melewati tes potensial akademik untuk bisa bergabung dalam suatu instansi pemerintahan maupun swasta.

Cobalah untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam kurun waktu setidaknya sebulan. Berikut ini 5 kiat sukses yang dapat Anda lakukan agar dapat menghadapi tes ini.

1. Cari Sumber Belajar yang Tepat

Sumber belajar yang tepat berarti sesuai dengan kriteria kebutuhan Anda. Tenang, Anda tidak harus membeli buku yang khusus menyediakan berbagai soal-soal tes potensial akademik karena sudah terdapat banyak contoh-contoh soal di dalam internet yang dapat Anda akses secara gratis.

Biasanya tes ini memiliki berbagai jenis fungsi tes sehingga Anda juga harus cermat memilih sumber belajar.

Setiap jenis tes yang dikeluarkan masing-masing lembaga pasti akan berbeda. Ada yang digunakan untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), ada juga yang digunakan untuk keperluan mendaftar ke perguruan tinggi, dan ada juga tes yang digunakan untuk keperluan kenaikan jabatan.

Inilah yang harus Anda cermati, baca baik-baik jenis tes potensi akademik yang akan Anda gunakan sebagai sumber belajar dan sesuaikan dengan keperluan Anda.

2. Lakukan Latihan Secara Mandiri dan Teratur

Kiat sukses yang pertama adalah dengan melakukan latihan secara mandiri dan teratur karena semakin sering Anda latihan maka Anda akan semakin tahu cara yang tepat untuk menyelesaikan soal yang diberikan.

Kebiasaan mengerjakan soal juga akan membuat Anda terlatih dalam memanajemen waktu. Gunakan waktu Anda dengan baik agar dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan dari tingkat kesukaran yang paling ringan sampai pada yang paling tinggi.

3. Batasi Waktu Pengerjaan Soal Lebih Cepat 5 Menit

Kiat sukses mengerjakan tes potensial akademik  yang kedua yaitu dengan membatasi waktu pengerjaan lebih cepat 5 menit dari waktu normal. Cara ini akan membantu Anda lebih cekatan dalam membagi waktu pengerjaan soal.

Gunakan cara ini saat Anda mengerjakan semua jenis soal yang diberikan. Selain melatih manajemen waktu, Anda juga dapat mengerjakan soal lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan waktu normal. Ini akan membantu Anda saat tes nanti.

4. Jaga Kesehatan Diri Selama Proses Persiapan Sampai Pelaksanaan Tes

Energi yang diperlukan untuk menghadapi tes ini cukup besar sehingga Anda memerlukan kondisi tubuh yang prima saat pelaksanaan tes. Jaga pola makan Anda serta beristirahatlah dengan porsi yang sesuai.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan soal-soal sampai larut malam yang akan mempengaruhi kesehatan Anda. Berolah ragalah secara teratur agar kebugaran tubuh Anda benar-benar terjaga dengan baik.

Tidak hanya kesehatan jasmani saja yang perlu dipersiapkan, tetapi juga kesehatan rohani. Gunakan waktu yang ada untuk melakukan hal-hal yang positif dalam membangun kesehatan rohani Anda.

Semisal dengan melakukan ibadah di rumah ibadah masing-masing dan berpikir positif setiap harinya. Hal ini akan membantu Anda secara mental agar siap menghadapi tes potensial akademik tersebut.

5. Berhenti Berpikir Anda Tidak Akan Mampu Mengerjakan Soal

Kiat sukses yang kelima yaitu dengan berhenti memikirkan ketidakmampuan Anda dalam mengerjakan soal. Tenangkan diri dan mulai kembali berlatih, kesuksesan Anda dalam lolos tes ini bergantung dari diri Anda sendiri.

Jadi, kembali bersemangat dan jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak akan mampu mengerjakan soal-soal tersebut. Anda sudah berlatih dan menghabiskan banyak waktu, maka yakinlah bahwa Anda pasti bisa mengerjakan soal-soal yang akan dikerjakan.

Jenis Soal Pada Tes Potensial Akademik

Tes yang juga digunakan untuk kenaikan jabatan ini terdiri atas beberapa jenis soal-soal yang perlu Anda ketahui dengan baik. Soal-soal tes ini berupa tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik, dan tes kemampuan penalaran.

Ketiga jenis tes ini harus dikerjakan dalam batas waktu yang sudah ditetapkan sehinga Anda harus siap dengan berbagai varian soal yang akan diberikan nantinya. Berikut ini merupakan jenis-jenis soal yang akan Anda kerjakan selama proses tes untuk penerimaan karyawan.

1. Tes Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal akan menguji kemampuan Anda dalam memberikan persamaan kata, lawan kata dan analogi perbandingan kata serta kemampuan Anda dalam membaca cepat.

Biasanya untuk keperluan karir tes kemampuan verbal semua ini akan diujikan sehingga Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Latih kemampuan verbal Anda dengan banyak membaca berita-berita secara online maupun cetak.

Sebenarnya kemampuan verbal tidak memerlukan latihan yang khusus karena dapat dilakukan sehari-hari melalui komunikasi. Semisal Anda sedang menonton televisi dan terdapat beberapa berita yang ditayangkan.

Selepas menonton televisi Anda dapat menceritakan beberapa hal yang Anda tangkap dan orang yang mendengarkan Anda juga akan menanggapi pernyataan Anda. Itu juga cara yang mudah untuk melatih kemampuan verbal Anda.

Pada tes kemampuan verbal juga akan ada soal-soal bacaan dengan jawaban-jawaban yang ada pada bacaan tersebut. Tips untuk mengerjakan soal ini adalah cukup membaca dengan cepat saja dan perhatikan soal lalu cari jawabannya di bacaan tersebut.

2. Tes Kemampuan Numerik

Jika dilihat sepintas tes kemampuan numerik ini harus dikerjakan dengan berbagai rumus matematika yang rumit dan banyak. Namun, pada dasarnya tes kemampuan numerik ini akan menguji seberapa teliti Anda dalam mengerjakan masing-masing soal.

Pasalnya pembuat soal sudah menyediakan berbagai kemudahan lewat kombinasi angka yang digunakan pada soal. Jadi, di sini Anda harus teliti agar dapat memecahkan persoalan dan menyelesaikan soal dengan cepat.

Jenis tes potensial akademik ini seringkali menyusahkan Anda yang kurang menyukai perhitungan matematika. Namun, Anda bisa menggunakan cara-cara cepat yang telah disediakan pada sumber belajar yang Anda gunakan.

Jangan terpaku pada rumus-rumus panjang layaknya anak-anak SMA mengerjakan soal matematika. Untuk mengerjakan soal ini yang dibutuhkan adalah kemampuan matematika dasar. Itu sudah cukup untuk bisa mengerjakan soal-soal tes kemampuan numerik.

3. Tes Kemampuan Penalaran

Tes ini juga seringkali membuat pusing karena memerlukan analisis yang tidak sederhana untuk menyelesaikannya. Namun, tes kemampuan penalaran bisa dikerjakan dengan banyak berlatih secara rutin sehingga membiasakan otak untuk aktif melakukan analisis.

Biasanya bentuk-bentuk soalnya berupa studi kasus yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Semisal tentang pemberhentian bus, giliran dalam melakukan presentasi dan lain sebagainya.

Tips mudah untuk mengerjakan soal analisis ini adalah pastikan pikiran Anda fresh saat mengerjakannya. Jika Anda dalam keadaan tidak fresh makan akan sangat besar kemungkinan Anda tidak teliti sehingga usahakan untuk menjaga performa pikiran Anda.

Tips Mengerjakan Soal Tes Potensial Akademik

Mengerjakan soal tes potensial akademik yang memerlukan waktu yang cepat dan harus dilakukan dengan berbagai langkah yang tidak sama sebab setiap soal memunculkan cara-cara yang berbeda pada setiap nomornya.

Setiap langkah yang diambil akan jauh memudahkan Anda dibandingkan dikerjakan secara secara berurutan. Coba lakukan langkah-langkah berikut ini agar proses pengerjaan tes Anda terlaksana dengan baik.

1. Hentikan Semua Aktivitas Belajar Sehari Sebelum Tes Berlangsung

Tips yang pertama adalah dengan menghentikan semua aktivitas pembelajaran soal agar keesokan harinya Anda dapat mengerjakan soal-soal dalam keadaan pikiran yang fresh.

Gunakan waktu H-1 untuk sekedar beristirahat dan melakukan hal-hal yang dapat membantu menyegarkan pikiran Anda, seperti melakukan hobi Anda. Cara ini untuk mempersiapkan mental Anda juga agar lebih siap dalam mengerjakan soal keesokan harinya.

2. Berkonsentrasi Penuh Saat Mengerjakan Soal

Ingat, semua soal yang disajikan memerlukan konsentrasi penuh dalam pengerjaannya. Jangan sampai perhatian Anda teralihkan oleh apapun.

Fokuslah pada soal dan tinggalkan sejenak pikiran-pikiran yang dapat mengganggu Anda dalam mengerjakan soal-soal yang ada di hadapan Anda. Dengan Anda fokus maka akan memperkecil kesalahan-kesalahan yang kemungkinan Anda buat selama mengerjakan tes tersebut.

Artikel Terkait : 



3. Jangan Terpaku Pada Soal yang Sukar Dikerjakan

Meskipun fokus diperlukan jangan sampai Anda terpaku hanya pada satu soal saja karena sangat sulit untuk dikerjakan. Gunakan waktu Anda dengan baik dengan mengerjakan soal-soal yang mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Jika Anda menemui soal yang sukar untuk dikerjakan, lewati terlebih dulu karena akan memakan banyak waktu jika Anda banyak memfokuskan perhatian pada soal tersebut.

Selain menghabiskan banyak waktu, terfokus pada soal yang sukar dikerjakan akan membuat Anda kehilangan banyak energi.

Padahal ada banyak soal-soal yang masih harus dikerjakan yang membutuhkan analisis yang cukup kompleks sehingga mengerjakan soal-soal yang mudah adalah keputusan yang tepat untuk dilakukan. Jangan sampai Anda merasa tertantang untuk mengerjakan soal sukar tersebut.

4. Jangan Berekspektasi untuk Mengerjakan Semua Soal dengan Benar

Ekspektasi ini akan membuat pikiran Anda semakin terbebani, kerjakan saja setiap soal dengan baik dan jika Anda kesulitan lewati terlebih dahulu. Jangan sampai ekspektasi Anda yang perfeksionis justru akan menjatuhkan Anda dan menjauhkan Anda dari posisi impian Anda di suatu perusahaan.

Ingat kompetensi Anda juga akan diuji pada tes lain juga jadi jangan terlalu berekspektasi tinggi untuk bisa mengerjakan semua soal tes potensial akademik dengan benar.

5. Cek Waktu yang Telah Berjalan

Pastikan Anda mengetahui berapa lama lagi waktu pengerjaan akan berakhir sehingga dapat memperkirakan untuk segera menyelesaikan soal-soal yang ada dengan cepat. Namun, jangan sampai hal ini membuat Anda menjadi terburu-buru mengerjakan soal dan menjadikan Anda tidak teliti lagi.

Usahakan untuk tidak mengosongi lembar jawaban karena tidak ada pengurangan poin untuk jawaban yang salah pada setiap nomor.

Nah, itu tadi kiat sukses untuk bisa lolos tes potensial akademik untuk kemajuan karir Anda. Jangan lupa untuk berdoa sebelum mengerjakan soal-soal agar lebih tenang dan diberi kelancaran dalam setiap proses pengerjaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2