Tips Menghadapi Anak Buah yang Susah Diatur

Memiliki anak buah yang sulit diatur tentu menjadi permasalahan yang cukup serius yang biasanya dialami oleh atasan di sebuah perusahaan atau pekerjaan. Walaupun pada dasarnya setiap orang pasti memiliki sifat dan karakter yang tidak bisa disamakan dengan yang lainnya. Namun, orang yang memiliki sifat sulit diatur menjadi hal yang paling menjengkelkan. Banyak atasan yang mencari cara untuk menghadapi anak buah yang susah diatur agar pekerjaan berjalan dengan baik.

anak buah susah di atur

Tips Mudah Menghadapi Anak Buah yang Susah Diatur


Dalam melakukan pekerjaan, tidak semua berjalan dengan lancar. Terkadang terdapat beberapa hambatan yang berasal dari anak buah itu sendiri. Tidak sedikit anak buah yang bandel dan susah diatur untuk melakukan pekerjaannya.

Memiliki anak buah yang susah diatur dapat membuat kinerja tim menjadi rusak dan berantakan. Tidak sedikit orang akan saling menyalahkan karena pekerjaannya yang tidak sesuai rencana. Berikut ini tips menghadapi anak buah susah diatur.

1. Menerapkan Sanksi dan Bonus Karyawan

Menerapkan sanksi dan bonus untuk karyawan merupakan tips yang dapat dilakukan oleh atasan. Saksi atau hukuman dibuat agar anak buah dapat dikendalikan supaya lebih baik dalam bekerja.

Biasanya, anak buah akan bermalas-malasan dan susah diatur karena tidak adanya hukuman yang akan diterimanya.

Selain itu, memberikan hadiah juga merupakan salah satu bentuk apresiasi atasan kepada bawahan. Dengan begitu, anak buah akan termotivasi untuk lebih baik lagi.

2. Berperilaku Tegas dan Disiplin

Cara yang tepat untuk menghadapi anak buah yang susah diatur berikutnya adalah dengan atasan yang bersikap tegas dan disiplin.

Banyak anak buah yang mungkin terlihat menyepelekan instruksi atasan karena mereka menganggap jika atasan tersebut kurang tegas dan berwibawa sehingga anak buah tidak akan merasa takut dengan atasannya.

Maka dari itu, berperilaku tegas dan disiplin sangat dibutuhkan agar mereka sadar jika hal yang dilakukannya itu salah.

3. Tetap Berperilaku Baik Terhadap Anak Buah Tersebut

Walaupun anak buah tersebut susah diatur dalam pekerjaannya, jangan sampai atasan sampai memberikan perlakuan yang kurang menyenangkan.

Justru tetap berperilaku baiklah kepada anak buah tersebut agar mereka dengan sendirinya sadar terhadap apa yang sudah dilakukannya sehingga tidak akan mengulanginya lagi.

Dengan begitu, anak buah akan merasa malu sendiri dengan sikapnya yang susah diatur sehingga merasa bersalah dan berjanji tidak mengulanginya lagi.

4. Membangun Tim yang Baik

Walaupun memiliki anak buah yang susah diatur, usahakan untuk tetap membangun tim yang kuat dan solid. Tetap jaga kerjasama tim dengan baik.

Dengan menjaga kerjasama tim, maka menghadapi anak buah yang susah diatur dapat dilakukan karena anak tersebut harus menyesuaikan diri terhadap timnya.

Membentuk tim yang baik sangat memerlukan kehadiran atasan yang baik pula dan tidak lupa dengan kehadiran anak buah yang dapat menjaga kekompakan tim tersebut.

Baca Juga :

Jangan Ambil Pusing, Inilah Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

5. Jangan Memendam dan Larut dengan Masalah

Memiliki anak buah yang susah diatur sangat menjengkelkan bagi atasan. Tidak sedikit atasan yang merasa marah dan ada pula yang memilih memendam rasa kesalnya.

Namun, jika hal ini terus berlanjut akan menimbulkan masalah yang serius antara atasan dengan bawahan.

Apalagi jika atasan terus mengungkit dan larut dalam masalah yang dihadapinya dengan bawahan. Maka dari itu, jangan sampai atasan memendam dan terlalu larut dengan masalah jika tidak ingin lebih kacau.

Itulah beberapa tips menghadapi anak buah yang susah diatur. Dengan tips tersebut, diharapkan atasan dapat melakukan hal yang bisa membuat anak buahnya menjadi jauh lebih baik lagi. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2