Tips Cerdik Mengatur Pola Makan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Kesibukan di kantor menjadi penghambat para pekerja kantoran untuk dapat mengatur pola makan yang sehat secara teratur. Hal ini memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa dihindari oleh kebanyakan pekerja kantoran.

mengatur pola makan sehat untuk pekerja kantoran


Para pekerja kantoran sering mengambil jalan pintas dengan memesan makanan-makanan siap saji yang praktis tetapi kurang memperhatikan kandungan gizi di dalamnya.

Mengatur pola makan sehat untuk pekerja kantoran adalah hal yang penting, berikut ini tips cerdiknya.

Tips Mengatur Pola Makan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Pola makan hidup sehat seharusnya menjadi kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan oleh para pekerja kantoran.

Mengikuti pola makan yang sehat akan banyak memberikan manfaat bagi mereka yang mau melakukannya tidak terkecuali bagi para pekerja kantor. Dengan melakukan pola makan hidup sehat, kualitas kesehatan para pekerja dapat meningkat dengan baik.

Ini juga akan berdampak pada kinerja mereka. Berikut ini merupakan tips cerdik mengatur pola makan sehat untuk pekerja kantoran.

1. Tentukan Waktu Makan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan waktu makan secara teratur. Tentukan waktu makan pagi, siang dan malam.

Usahakan untuk menentukannya dengan menggunakan rentang, misalnya makan pagi rentang pukul 07.00-08.00 dan seterusnya.

Tujuan penentuan waktu makan ini dapat digunakan sebagai pengingat untuk selalu makan secara teratur. Makan secara teratur dapat mengurangi resiko maag yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

2. Konsisten pada Waktu Makan

Tips mengatur pola makan sehat untuk pekerja kantoran yang kedua yaitu konsisten pada waktu makan yang telah ditentukan sebelumnya. Pola makan sehat akan memberikan efek pada tubuh apabila dilakukan dengan konsisten dan teratur.

Bulatkan tekad untuk tetap konsisten terhadap jadwal makan Anda agar manfaat kesehatan tersebut dapat Anda nikmati. Tinggalkan pekerjaan terlebih dahulu untuk sejenak menikmati hidangan sehat yang telah dipilih.

3. Pilih Jenis Makanan Sehat

Makanan sehat banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral. Jenis makanan semacam ini dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran sehingga

Anda dapat memilih makanan tersebut. Jangan lupa tambahkan pula daging tanpa secukupnya karena daging tanpa lemak juga mempunyai manfaat kesehatan tersendiri bagi tubuh. Selain itu lengkapi juga dengan minum air mineral agar tubuh tidak kekurangan cairan.

4. Kurangi Makanan Siap Saji

Makanan siap saji seperti mie instant juga tidak baik untuk kesehatan sehingga perlu dikurangi. Pilihlah jenis makanan yang dapat menunjang kesehatan Anda dan jangan jadikan faktor kepraktisan menjadi yang utama.

Oleh karena yang terpenting adalah kesehatan bukan kepraktisan. Selain itu, makanan siap saji banyak mengandung bahan-bahan yang kurang sehat ditambah lagi bahan pengawet yang digunakan pasti akan mengganggu kesehatan Anda.

Artikel Terkait : Mudah dan Ampuh, Ternyata Inilah Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

5. Pilih Camilan Sehat

Camilan sering menjadi teman pekerja kantoran dalam mengerjakan pekerjaannya. Ada baiknya untuk memilih cemilan yang sehat seperti yoghurt, maupun potongan-potongan buah-buahan segar.

Ini akan sangat membantu menjaga kesehatan Anda dan yang penting akan menjaga daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit. Anda  juga dapat memilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C sebagai suplemen untuk kebugaran.

6. Ubah Pola Pikir

Tips yang terakhir dan paling penting adalah mengubah pola pikir bahwa mengatur pola makan hidup sehat untuk pekerja kantoran seperti Anda sangatlah tidak mungkin.

Ubah pola pikir ini, sebab semua tips di atas tidak akan berguna jika Anda sendiri tidak percaya kalau ini mungkin. Tanamkan bahwa yang paling penting adalah kesehatan Anda.

Demikianlah enam tips cerdik mengatur pola makan hidup sehat untuk pekerja kantoran. Pola makan sehat harus dapat diimplementasikan agar kualitas hidup para pekerja kantor dapat lebih baik lagi.
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2