Anda Wajib Tahu 6 Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara

Seseorang yang telah menjatuhkan pilihan untuk bekerja pada suatu perusahaan tentu harus melalui berbagai proses untuk bisa diterima.

pertanyaan jebakan saat wawancara


Proses tersebut harus dilalui dengan baik oleh calon karyawan, pelamar pekerjaan. Salah satu proses yang harus dihadapi adalah sesi wawancara sebuah perusahaan yang biasanya dilakukan oleh pihak HRD.

Setiap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan saat wawancara selalu mempunyai tujuan. Oleh sebab itu harus diketahui pertanyaan jebakan saat wawancara agar lulus.

Enam Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara

Seringkali pihak HRD yang bertugas untuk melakukan wawancara kepada calon karyawan akan memberikan pertanyaan-pertanyaan jebakan.

Tetapi tenang, pertanyaan jebakkan ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan jawaban yang tepat dari calon karyawan dengan persiapan yang baik. Untuk itu silahkan simak 6 pertanyaan jebakan saat wawancara ini.

1. Siapa diri Anda menurut pandangan Anda sendiri ?

Pertanyaan mengenai diri sendiri menurut pandangan Anda bisa menjadi pertanyaan menjebak bila tidak dijawab dengan hati-hati. Untuk menjawabnya, ceritakan diri sendiri secara singkat tidak perlu panjang lebar.

Cukup jelaskan nama lengkap, tempat tinggal, pendidikan terakhir dan kompetensi yang dimiliki. Hindari menceritakan hal-hal yang bersifat pribadi kepada pewawancara.

2. Apa motivasi Anda memilih pekerjaan ini?

Jenis pertanyaan ini harus dijawab dengan padat dan jelas. Misalnya dengan jawaban saya ingin berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan dengan disertai keinginan posisi yang diinginkan.

Jika perlu jelaskan pula bahwa perusahaan ini memiliki visi yang sejalan dengan visi hidup Anda sehingga tertarik untuk bergabung di perusahaan tersebut.

3. Apa yang telah Anda capai di tempat kerja sebelumnya?

Pertanyaan ini khusus untuk pekerja yang sudah pernah bekerja sebelumnya di perusahaan lain. Jawab pertanyaan ini dengan yakin bahwa Anda telah mendapat begitu banyak pengalaman di perusahaan sebelumnya sehingga siap untuk menerapkannya di perusahaan yang baru.

Jelaskan pula bagaimana Anda bekerja serta mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

4. Apa alasan Anda keluar dari tempat kerja sebelumnya?

Tentu saja pertanyaan jebakan saat wawancara harus dijawab secara jelas dengan kesan yang positif. Kemukakan jawaban dengan tenang dan jelaskan bahwa Anda mengundurkan diri secara baik-baik dengan alasan untuk bisa mendapat pengalaman lebih lagi di tempat lain.

Tidak lupa ungkapkan jika Anda ingin naik ke level yang lebih tinggi lagi dan perusahaan yang Anda pilih ini adalah tempat yang paling tepat.

Artikel Terkait


5. Berapa penghasilan yang Anda minta dari perusahaan?

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda harus sudah tahu tentang gaji yang pas bagi pekerja dengan kualifikasi seperti Anda. Selain itu, cari juga informasi mengenai upah minimum regional di wilayah Anda melamar pekerjaan tersebut.

Cobalah untuk menjawab dengan elegan dengan penjelasan berkaitan dengan kedua hal tersebut. Setelah itu barulah Anda boleh menyebutkan nominal yang Anda butuhkan.

6. Bagaimana Anda dapat berkontribusi di dalam perusahaan?

Pertanyaan jebakan saat wawancara ini perlu jawaban dengan penuh keyakinan. Berikan penjelasan bahwa Anda juga memerlukan waktu untuk bisa mengenal perusahaan dari berbagai segi.

Jangan ragu untuk menentukan rentang waktu yang realistis karena itulah yang ingin pewawancara dengar. Setelah menjelaskan rentang waktunya, uraikan juga rencana-rencana besar Anda selama bekerja di perusahaan tersebut yang kaitannya untuk kemajuan perusahaan.

Beberapa pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda catat dalam list pertanyaan jebakan saat wawancara.  Ketenangan dan kehati-hatian adalah kunci utama untuk bisa menjawab setiap pertanyaan tersebut.

Untuk bisa menjawabnya dengan tenang persiapkan jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2