Karyawan Wajib Tahu ! Inilah 7 Kriteria Karyawan Teladan

Setiap perusahaan tentu memiliki kriteria yang berbeda untuk menentukan karyawannya sebagai karyawan teladan. Kriteria ini biasanya akan digunakan oleh seorang atasan untuk menilai kelayakan seorang karyawan menyandang status yang banyak ditunggu-tunggu seorang karyawan. Setiap orang mempunyai peluang untuk meraih status tersebut asal mampu memenuhi tiap kriteria. Secara garis besar perusahaan akan selalu memakai 7 kriteria karyawan teladan ini, untuk menentukan status karyawan teladan.

kriteria karyawan teladan


Tujuh Kriteria Karyawan Teladan

Kriteria menjadi karyawan teladan tentu sangat banyak dan harus dilakukan dengan konsisten. Tanpa adanya konsistensi tentu perusahaan akan enggan menyematkan gelar ini kepada seorang karyawan.

Berikut ini tujuh kriteria karyawan teladan yang dapat dipelajari sebagai langkah awal untuk menjadi karyawan teladan di perusahaan tempat Anda bekerja.

1. Inovatif

Kriteria yang pertama yaitu inovatif dalam melakukan pekerjaannya. Seorang karyawan teladan harus mampu menemukan cara cepat dan akurat serta berkualitas dalam mengerjakan pekerjaannya.

Hasil kerja yang berkualitas dengan durasi waktu yang cepat tentu selalu menjadi hal yang disenangi atasan. Jadi, cobalah mencari cara yang paling sesuai dengan diri Anda sendiri sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat namun tetap berkualitas.

2. Menularkan Efek Positif

Kriteria karyawan teladan yang kedua yaitu menularkan efek positif kepada sesama rekan kerja. Seseorang yang mempunyai pengaruh positif pasti akan memberikan kemajuan bagi orang lain maupun bagi tempat kerja.

Hal ini akan dipandang sebagai sesuatu yang positif dan sesuatu yang positif akan kembali ke dalam diri sendiri secara positif pula. Jadi cobalah untuk memberikan efek positif yang dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti memberikan sapaan, senyuman dan lainnya.

3. Menjunjung Profesionalitas

Setiap karyawan teladan selalu memberikan batasan-batasan yang jelas saat melakukan pekerjaan. Jadi, perusahaan tidak akan mau memberikan status karyawan teladan kepada karyawan yang tidak mampu membedakan kepentingan perusahaan dan yang lainnya.

Batasan-batasan untuk membedakan kepentingan perusahaan dan kepentingan pribadi mencerminkan profesionalitas seorang karyawan dalam pekerjaannya.

4. Loyalitas

Kriteria selanjutnya yaitu loyalitas seorang karyawan kepada perusahaan. Untuk kriteria karyawan teladan yang satu ini pasti akan digunakan setiap perusahaan. Loyalitas menjadi hal mendasar yang harus dimiliki setiap karyawan.

Namun, tingkatan loyalitas seorang karyawan tentunya berbeda-beda. Biasanya tingkat loyalitas akan terlihat saat tuntutan perusahaan yang semakin banyak kepada seorang karyawan. Jadi saat tuntutan itu banyak tetaplah sabar dan hadapi.

5. Kontribusi kepada Perusahaan

Seorang karyawan teladan mempunyai kontribusi yang besar dalam kemajuan perusahaan. Banyak hal yang telah dilakukan untuk memajukan perusahaan dengan segala kemampuannya untuk memecahkan berbagai masalah.

Selain itu juga sepak terjangnya untuk mencegah kerugian yang dialami perusahaan akan sangat dipandang sebagai jasa besar. Untuk itu, seorang karyawan harus mampu bekerja lebih dan membuat ide-ide untuk membangun perusahaannya.

Artikel Terkait : Kombinasi Kerja Keras Kerja Cerdas, Kunci Sukses Melaksanakan Pekerjaan

6. Manajemen Waktu

Bukan menjadi rahasia lagi, setiap perusahaan pasti menginginkan karyawannya mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu yang ditentukan.

Seorang karyawan yang mampu mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya akan dipertimbangkan sebagai karyawan teladan.

Oleh karena dengan mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, karyawan telah ikut memberikan kontribusi positif kepada perusahaan.

7. Menjunjung Sportivitas

Tentu tidak dapat dipungkiri bahwa setiap karyawan bersaing untuk mendapat gelar karyawan teladan. Persaingan ini harus tetap menjunjung nilai-nilai persaingan yang sehat antar masing-masing karyawan.

Keinginan menjadi karyawan teladan juga harus disertai dengan tindakan nyata. Tindakan nyata tersebut dapat Anda mulai dengan segera melakukan ketujuh kriteria menjadi karyawan teladan di atas. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2