Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disegani Supaya Menjadi Teladan

Pemimpin belum tentu bisa menjadi orang yang mau membimbing bawahannya. Banyak terdapat pemimpin yang bersikap semena-mena.

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disegani Supaya Menjadi Teladan


Sikap bossy seperti itu tentunya tidak bisa dicontoh. Bukannya dihormati, Anda malah akan dibenci oleh bawahan. Karena itulah lima cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani ini bisa menjadi gambaran bagi Anda.

5 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disegani

1. Terbuka Dengan Semua Kalangan

Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani dapat dimulai dengan terbuka ke semua kalangan. Seorang pemimpin yang bijak tidak akan kaku dan mau menang sendiri. Ketika berdiskusi mereka akan menganggap jika pendapat karyawan sangatlah berharga.

Beragam kritik maupun saran yang diberikan akan ditampung. Sebagai seorang pemimpin Anda akan menggiring bawahan supaya bisa memberikan kontribusi yang aktif dan positif.

Dengan terbuka ke semua kalangan, Anda bisa memperoleh berbagai ide cemerlang yang belum tentu bisa didapat dengan berpikir sendiri.

Memberikan kesempatan pada karyawan untuk mengutarakan apa yang mereka pikirkan bisa membuat semuanya menjadi adil. Anda akan menjadi seorang pemimpin yang bersikap demokratis dimana segala sesuatunya berdasar musyawarah.

2. Menjaga Ketepatan Waktu

Anda ingin menjadi contoh yang baik bagi karyawan? Datanglah tepat waktu. Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani dengan menjaga ketepatan waktu di segala kesempatan, maka secara tidak langsung Anda mendidik anak buah supaya menjadi pekerja yang disiplin.

Menghargai waktu adalah suatu keharusan bagi seorang pemimpin. Jadi Anda tidak akan mengulur pekerjaan dan membuat semuanya jadi terlambat.

3. Memberikan Reward

Reward adalah sesuatu yang disukai karyawan. Untuk memberikan apresiasi atas kerja bagus yang dilakukan para bawahan, maka memberikan sesuatu kepada mereka rasanya tidak ada salahnya.

Anda bisa memulainya dengan memberikan pujian. Pujian yang dilontarkan langsung oleh atasan bisa membuat karyawan akan lebih semangat untuk bekerja.

Jika pujian sudah diberikan maka reward bisa ditambahkan menjadi sesuatu yang terlihat dan bisa dirasakan karyawan. Reward selanjutnya bisa berupa hadiah kecil-kecilan ataupun voucher untuk makan atau voucher belanja.

Dengan memberikan reward Anda secara tidak langsung juga bisa membuat karyawan merasa lebih terpacu dan kompetitif satu sama lain. Pekerjaan jadi lebih cepat selesai dan semua pihak akan merasa senang.

4. Kontrol Emosi

Anda pasti sering menemui atasan yang ketika merasa pekerjaan yang dikerjakan karyawannya tidak benar maka mereka akan marah sampai meledak-ledak. Itu adalah contoh buruk dari seorang pemimpin. Merasa tidak puas adalah hal yang wajar.

Namun jika memarahi sampai dengan mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan hati, maka Anda bisa dianggap arogan. Tegas adalah suatu kewajiban, tapi sabar juga tak kalah penting.

Kontrol tingkat emosi dan bersabarlah. Berikan sedikit kompromi pada bawahan supaya mereka tidak melihat Anda dari sisi yang buruk.

Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani dengan sesekali memaklumi kesalahan, Anda bisa membuat pekerja tidak ikut tersulut emosi. Namun perlu diperhatikan agar mengingatkan jika mereka harus memperbaiki kesalahan dan tidak mengulangnya di waktu mendatang.

Baca Juga :



5. Tidak Intimidatif

Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani selanjutnya adalah dengan menjadi pemimpin yang tidak intimidatif. Sosok yang memotivasi jauh lebih baik dari orang yang mengintimidasi bawahan.

Saat Anda menemui karyawan yang tidak paham dengan pekerjaan mereka, bimbinglah tanpa perlu menyudutkannya.

Jika mereka melakukan kesalahan, maka motivasi mereka supaya tidak mengulang kesalahan yang sama. Jika Anda malah menyudutkannya dengan kata-kata tajam maka mereka bisa takut dan malah memberikan hasil yang tak maksimal.

Begitupula sebaliknya, apabila Anda memotivasi mereka maka para karyawan akan merasa bertanggungjawab dan hasil yang didapat akan lebih maksimal.

Demikianlah 5 cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani supaya Anda menjadi teladan. Setiap orang pasti memiliki gaya kempemimpinan masing-masing.

Akan tetapi pemimpin yang bijak dan baik adalah pemimpin yang paling banyak disukai. Dengan begitu Anda akan lebih disegani semua kalangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2