7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Menghilangkan pikiran negatif sangatlah penting untuk Anda lakukan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pikiran serta emosi negatif memiliki korelasi secara langsung dengan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit demensia hingga serangan jantung.

cara menghilangkan pikiran negatif


Oleh karena itu, dengan membuang segala pikiran negatif akan membantu Anda dalam menghindari risiko terkena berbagai penyakit tersebut. Untuk itu, berikut beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang dapat dicoba.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif yang Baik dan Benar

1. Berada Pada Lingkungan Positif

Cara menghilangkan pikiran negatif yang pertama adalah berada di lingkungan positif. Agar dapat mengkondisikan pikiran Anda tetap positif, maka usahakan menjaga pergaulan atau berada di lingkup orang-orang yang mendukung dalam menerapkan pikiran positif.

Dengan bergaul bersama mereka, akan menimbulkan mindset positif sehingga secara tidak langsung pikiran negatif menghilang. Bagaimanapun juga sifat dan watak ini mudah menular kepada orang di sekitarnya.

2. Perbanyak Tertawa

Penelitian telah membuktikan bahwa tertawa mampu membantu pikiran agar lebih tenang serta lebih berpikir positif.  Dengan kondisi jiwa yang bahagia serta senang tentu membuat pikiran menjadi terus positif.

Dengan tertawa akan meningkatkan hormon dalam diri kita menjadi lebih rileks dan bahagia. Jadi, Anda akan terdorong untuk lebih berpikir positif secara sendirinya.

3. Ubah energy negatif menjadi kreatif 

Mengubah pikiran negatif menjadi suatu hal yang kreatif merupakan hal yang sangat bagus dan bermanfaat. 

Cara ini dapat Anda lakukan dengan cara melakukan berbagai macam kegiatan yang disukai, misalnya melukis ataupun bermain musik. Hal ini dapat menetralisir pikiran negatif serta mampu memunculkan mindset yang positif.

4. Pergi ke tempat yang segar dan menenangkan

Menikmati segarnya udara di pagi hari akan membuat pikiran lebih tenang dan membantu dalam memunculkan mindset positif. Terlebih lagi jika hal ini dilakukan di tempat yang udaranya belum tercemar oleh polusi.

Pergi ke tempat yang tenang serta nyaman, secara otomatis pikiran akan terbawa oleh suasana dari tepat tersebut. Jika tempat tinggal Anda berada daerah perkotaan, maka sempatkanlah menginap selama beberapa hari di desa.

5. Perbanyak Perbuatan Baik

Cara menghilangkan pikiran negatif yang selanjutnya adalah dengan sering berbuat baik pada siapa saja.

Anda tidak perlu bersusah payah dalam melakukan hal baik. Cukup melalukan berbagai hal sederhana saja, seperti membantu orang tua dalam membersihkan rumah ataupun teman ketika berada dalam kesulitan.

Hal-hal sederhana tersebut secara tidak langsung akan menimbulkan mindset positif dalam pikiran. Selain itu, hubungan dengan orang lain juga menjadi lebih baik.

6. Mengatur Mindset Positif

Pastinya sebuah pikiran negatif mudah datang pada siapa saja dan tidak dapat ditolak. Namun terdapat suatu cara untuk mengendalikannya. Anda bisa mengontrol mindset dari pikiran Anda sendiri.

Artikel Lainnya :


Ketika pikiran negatif tersebut mulai melanda, maka alihkan ke hal-hal positif. Hindari menggunakan mindset yang monoton. Hal ini dikarenakan sudut pandang dari pikiran negatif ini tidak pernah berubah.

7. Bersyukur

Cara menghilangkan pikiran negatif yang terakhir serta dapat dibilang cukup sulit adalah bersyukur. Perlu Anda ketahui bahwa pikiran negatif dapat datang karena kurangnya rasa bersyukur.

Rasa iri serta dengki terhadap orang lain merupakan suatu hal yang memiliki risiko besar dalam mendatangkan pikiran negatif. Daripada menyimpan rasa iri dengki, akan lebih baik kesuksesan orang lain ini dijadikan sebagai motivasi.

Itulah beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang bisa Anda lakukan agar hidup menjadi lebih tenang dan bahagia. Cara-cara tersebut bisa Anda lakukan ketika perasaan negatif akan muncul di diri Anda.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2