Ini Dia ! 5 Cara Menghadapi Karyawan yang Malas, 100 % Ampuh

Rasa malas sudah menjadi penyakit mental banyak orang, selayaknya penyakit maka harus segera ditangani. Penanganan rasa malas memang tidak mudah karena ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang kurang bergairah dalam menjalani aktivitasnya khususnya aktivitas kerjanya. Cara menghadapi karyawan yang malas bekerja memang tidaklah mudah, namun dapat diusahakan. Sebagai seorang atasan maka Anda perlu mengambil tindakan-tindakan berikut ini untuk mengatasi masalah kemalasan.

cara menghadapi karyawan malas

Lima Cara Menghadapi Karyawan yang Malas dalam Bekerja

Menghadapi karyawan yang malas memang membutuhkan cara-cara khusus. Hal ini bertujuan agar efektif dalam mengembalikan semangat kerja mereka kembali karena karyawanlah yang menjadi pilar penting untuk kemajuan perusahaan.

Berikut ini merupakan 5 cara menghadapi karyawan yang malas yang dapat dilakukan agar karyawan lebih semangat lagi dalam bekerja sehingga perusahaan Anda dapat berkembang dengan pesat.

1. Mengajak Berbincang Dari Hati ke Hati

Seorang atasan dapat mengajak berbicara kepada karyawannya secara personal dari hati ke hati untuk membahas hal tersebut. Setelah mengetahui penyebabnya barulah atasan dapat memberikan solusi kepada karyawannya.

Seorang karyawan yang mempunyai kecenderungan sifat malas pasti memiliki penyebab yang berbeda-beda. Bisa jadi karyawan memiliki sifat malas karena faktor gaji, namun tidak menutup kemungkinan karena faktor lingkungan kerja dan lainnya.

2. Memberikan Motivasi 

Seorang atasan yang baik juga harus mampu berperan sebagai motivator bagi karyawannya. Motivasi dapat berupa sebuah pujian kepada karyawan yang mampu mengerjakan pekerjaan tepat waktu misalnya.

Selain itu juga memberikan sejumlah bonus tambahan gaji bagi karyawan yang mampu bekerja sesuai dengan target perusahaan yang telah ditetapkan. Cara menghadapi karyawan yang malas ini dapat dipraktekkan sebagai pemicu semangat karyawan dalam bekerja.
 

3. Memberikan Waktu Cuti Khusus

Cara yang satu ini juga dapat menjadi pilihan untuk menghadapi karyawan yang malas. Memberikan waktu cuti khusus tentu akan membuat karyawan kembali menyegarkan pikirannya yang jenuh karena rutinitas di kantor.

Tidak hanya itu, apabila penyebab kemalasan karyawan adalah faktor di luar kantor, mereka dapat menyelesaikan selama tenggat waktu cuti tersebut. Jadi dengan mengambil cuti khusus maka diharapkan karyawan dapat kembali bekerja secara prima.

4. Mengadakan Pelatihan 

Cara menghadapi karyawan yang malas keempat ini juga dapat dipilih karena tidak jarang karyawan juga kurang semangat bekerja karena kurangnya keahlian dalam pekerjaannya.

Ketidak ahlian ini dapat memicu rasa bersalah pada diri karyawan sendiri sehingga pekerjaan tidak dapat dikerjakan secara maksimal. Oleh karena itu mengadakan pelatihan juga dapat dilakukan agar karyawan kembali bergairah dalam bekerja karena mampu mengerjakannya dengan maksimal.

Baca Juga : Kinerja Menurun? Inilah 6 Cara Memotivasi Karyawan

5. Memberikan Sanksi

Pemberian sanksi juga perlu dilakukan oleh atasan kepada karyawan yang malas agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Selain itu, pemberian sanksi juga dapat mencegah karyawan lain untuk melakukan hal yang sama.

Awalnya sanksi yang diberikan dapat berupa teguran-teguran, apabila karyawan bersangkutan belum berubah sikapnya maka atasan harus memberikan sanksi tegas. Sanksi tegas dapat berupa pemotongan gaji, penurunan posisi, dan sebagainya.

Sebagai seorang atasan, Anda bisa melakukan kelima cara menghadapi karyawan yang malas ini. Adanya perusahaan yang sukses tentu tidak dapat dijauhkan dari peran para karyawannya di dalamnya.

Oleh sebab itu, kemalasan memang harus segera di atasi sedini mungkin agar roda perekonomian perusahaan dapat berjalan dengan semestinya. Nah, itulah ulasan tentang kiat dalam mengatasi karyawan yang malas dalam bekerja. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2