5 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita

Memiliki atasan yang tidak menyukai kita pasti menjadi beban tersendiri yang mungkin bisa menyebabkan pekerjaan tambah berantakan. Banyak alasan seorang atasan tidak menyukai karyawannya, bisa karena pekerjaan mereka atau bahkan secara personal memang tidak menyukainya.

Menghadapai Atasan Yang Tidak Menyukai Kita


Jika merasa atasan sudah mulai menunjukkan ciri-ciri tidak suka, maka hal yang harus dilakukan adalah mencari cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita sehingga pekerjaan bisa kembali normal.

5 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita

Tidak perlu khawatir berlebihan jika atasan menunjukkan ciri-ciri tidak menyukai kita. Jangan sampai prasangka tersebut malah membuat pekerjaan kita semakin berantakan dan atasan menjadi benar-benar tidak suka. Berikut ini ada 5 cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita.

1. Evaluasi Diri Kita

Evaluasi diri kita secara pribadi, apakah setiap pekerjaan sudah dilakukan dengan baik atau belum. Coba pikirkan apa yang membuat atasan tidak menyukai kita, karena tidak mungkin atasan akan membenci seseorang tanpa alasan.

Jika dirasa perlu, kita bisa bertanya langsung kepada atasan apa saja kesalahan yang pernah dibuat sehingga bisa memperbaikinya. Meskipun evaluasi yang dilakukan tidak disukai, namun tetap lakukan evaluasi tersebut hingga atasan kembali percaya kepada kita.

2. Tetap Hormat Kepada Atasan

Meski kita sudah merasa atasan memiliki perlakuan berbeda, namun jangan pernah merasa tidak menghormati mereka. Tetap beri salam kepada atasan ketika mereka baru tiba di kantor sebagai wujud rasa hormat kita. Selalu siap siaga ketika atasan memanggil, dan jangan pernah mengatakan kata ‘sebentar’.

Selesaikan semua pekerjaan yang diberikan atasan tepat waktu atau lebih cepat lebih baik. Kesimpulannya adalah, meskipun merasa tidak disukai namun kita tetap harus melakukan pekerjaan dengan baik. Selain sebagai cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita, hal tersebut juga bisa menjadi cara agar disukai orang banyak.

3. Lakukan Inisiatif pada Setiap Pekerjaan

Jika kita diberi sebuah tugas, maka kerjakan dengan baik dan munculkan inisiatif dari diri yang membuat pekerjaan tersebut semakin baik. Kebanyakan atasan sangat menyukai anak buah yang memiliki inisiatif tinggi karena hal tersebut berarti mereka berdedikasi pada perusahaan.

Contohnya yaitu, jika atasan meminta untuk mencari 5 orang klien maka setidaknya kita harus mencari 6 atau lebih klien.

4. Berbicara dengan Atasan Langsung 

Cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita dengan berbicara langsung kepada atasan merupakan cara yang paling berani. Namun hal ini merupakan solusi terbaik karena kita bisa tahu apa saja kekurangan yang dimiliki dan bagaimana solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Biasanya atasan akan memberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Kita harus menahan emosi dengan baik jika memilih cara ini.

Baca Juga : Tips Mengatasi Rasa Bosan di Tempat Kerja

5. Bekerjalah dengan Lebih Profesional dan Lebih Baik

Meskipun sikap hormat, disiplin, dan lain sebagainya sudah kita tunjukkan namun pekerjaan yang dikerjakan tidak berkembang maka kemungkinan akan disukai tetap kecil. Kita juga harus tetap bekerja dengan profesional di hadapan atasan.

Berusahalah menunjukkan bahwa kita masih dibutuhkan atau bahkan sangat dibutuhkan oleh perusahaan sehingga atasan akan mempercayakan berbagai jenis pekerjaan lagi.

Itulah 5 cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita ketika di kantor. Kita harus segera evaluasi diri dan menjadi karyawan yang lebih baik jika atasan mulai menunjukkan sikap tidak suka. Meskipun kita dibiarkan tetap bekerja, tapi jika ada pengurangan karyawan karena suatu alasan pasti orang yang tidak disukai atasanlah yang akan dikeluarkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2