Inilah Cara Menghadapi Atasan yang Pilih Kasih

Di dalam sebuah pekerjaan, tidak sedikit orang yang merasakan adanya perbedaan dalam perlakuan yang diterimanya. Banyak faktor yang menyebabkan atasan melakukan pilih kasih terhadap karyawannya, seperti karena atasan tersebut sudah dekat, karyawan tersebut memang diunggulkan dan di emaskan di kantor, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mengetahui cara menghadapi atasan yang pilih kasih dapat dilakukan agar dapat memahami permasalahan tersebut.

cara menghadapi atasan pilih kasih
Sumber Gambar : Jobplanet.com

Tips Menghadapi Atasan yang Suka Pilih Kasih

Pilih kasih dalam sebuah perlakuan akan membuat karyawan lain tidak senang. Banyak karyawan yang akan merasa kurang dihargai oleh atasannya sendiri. Hal ini akan mengakibatkan karyawan tersebut menjadi kurang menyukai atasannya karena kelakuannya yang membuat jengkel.

Dengan begitu, kerjasama tim menjadi terganggu sehingga pekerjaan akan terhambat dan kekompakan kerja akan hilang. Berikut ini cara menghadapi atasan yang pilih kasih.

1. Menyelesaikan Tugas dengan Baik dan Benar

Menyelesaikan tugas dengan baik dan benar dapat membantu Anda untuk mengatasi atasan yang suka pilih kasih terhadap karyawan.

Dengan menyelesaikan tugas dengan baik, Anda dapat membuktikan diri ke atasan jika mampu untuk membuatnya bangga dengan hasil pekerjaan yang telah diselesaikan.

Mungkin saja atasan pilih kasih karena pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawannya kurang memuaskan dibanding dengan karyawan yang disukainya.

2. Tetap Menghormati Atasan

Cara menghadapi atasan yang pilih kasih selanjutnya adalah dengan tetap menghormatinya. Walaupun banyak karyawan yang sakit hati dan tidak terima atas perbedaan perlakuan yang dilakukan oleh atasan sendiri, namun Anda tetap harus bersikap baik dan menghormatinya.

Tidak semua orang yang telah bersikap buruk dengan Anda akan dibalas dengan sikap yang buruk juga. Tetap jaga attitude kepada semua orang dan atasan Anda, apalagi atasan memiliki kedudukan tinggi.

3. Belajar Mengendalikan Emosi dan Suasana Hati

Walaupun memiliki atasan yang suka pilih kasih terhadap karyawan merupakan hal yang sangat tidak disukai, namun Anda tetap harus mencoba mengendalikan emosi dan suasana hati.

Mengontrol suasana hati dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik dan tidak mudah terpancing emosi sehingga tidak akan berdampak pada pekerjaan yang dimiliki. Jangan mudah terbawa suasana jika atasan sering memojokkan dan menyalahkan Anda dan membandingkan dengan karyawan lain.

4. Membuktikan Diri jika Anda Mampu

Buktikan diri Anda jika mampu dalam menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan. Membuktikan diri merupakan cara menghadapi atasan yang pilih kasih dan cukup ampuh jika dilakukan. Tidak sedikit atasan yang sering meremehkan hasil dari karyawannya karena berada di luar ekspetasinya.

Dengan begitu, Anda harus membuktikan diri jika mampu dalam melakukan pekerjaan dan dapat memberikan kontribusi demi kemajuan perusahaan.

Baca Juga : 5 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita

5. Berkomunikasi dengan Atasan

Anda dapat meminta masukan dari atasan dan menanyakan menanyakan permasalahan yang dihadapi. Anda juga bisa meminta pendapatnya tentang pekerjaan yang sudah dikerjakan. Namun, jangan sampai emosi jika masukan tersebut kurang menyenangkan di hati Anda.

Terima dengan ikhlas dan akan lebih berusaha untuk pekerjaan lain yang nantinya akan diberikan. Dengan membangun komunikasi, Anda setidaknya dapat menjadi lebih dekat dengan atasan Anda.

Itulah beberapa tips cara menghadapi atasan yang pilih kasih. Dengan mengetahui cara untuk menghadapi atasan seperti itu, Anda akan merasa lebih bijak dalam melakukan suatu hal dan tidak akan melakukan hal yang dapat membuat marah pimpinan. Bijaklah dalam menghadapi permasalahan tersebut agar tidak menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2