5 Cara Mengendalikan Emosi yang Mudah Diterapkan Meskipun Anda Marah Besar


Setiap orang pasti memiliki batas kesabaran yang berbeda-beda. Dengan begitu, pastinya orang-orang juga dapat mengalami perasaan emosi yang bisa muncul kapan saja. 



Emosi yang ada di dalam diri bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu emosi yang bersifat negatif dan emosi yang bersifat positif. Untuk itu, mengetahui cara mengendalikan emosi sangat penting diketahui oleh semua orang. Jangan sampai dengan emosi tersebut, Anda melimpahkannya ke orang lain.

Strategi untuk Mengendalikan Emosi


Emosi sering terjadi dalam arti negatif. Banyak orang yang mudah tersulut emosinya karena mendengar berita atau hal lain yang kurang menyenangkan untuk dirinya. 

Emosi dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui. Dengan emosi, pikiran Anda menjadi tidak fokus dan kurang konsentrasi, sehingga akan merugikan diri sendi. Mengetahui cara untuk mengendalikan emosi menjadi hal yang perlu dilakukan. Berikut ini cara mengendalikan emosi yang dapat Anda lakukan.

1. Mengingat Dampak yang Akan Terjadi


Saat Anda akan tersulut emosi, ingat baik-baik bagaimana dampak yang akan diterima jika sampai Anda marah. Biasanya, emosi dapat membuat orang gelap mata sehingga tidak segan-segan untuk memukul, memaki, berteriak dengan keras, bahkan sampai menghina orang yang bersangkutan. 

Maka dari itu, ingatlah dampak-dampak yang akan terjadi jika Anda  tidak bisa mengendalikan emosi. Karena dengan begitu Anda tidak akan menyesalinya di kemudian hari.

2. Menenangkan Diri Sendiri


Cara mengendalikan emosi berikutnya adalah menenangkan diri sendiri. Saat diliputi rasa marah, Anda dapat mencoba untuk menenangkan diri sendiri dan mengontrol emosi yang ada di dalam diri untuk tetap tenang.

Anda dapat melakukannya dengan cara tarik napas dalam-dalam sambil mengingat hal yang menyenangkan. Dengan begitu Anda akan dibuat lupa tentang apa yang mengganggu pikiran Anda. Anda juga dapat mengalihkan perhatian ke hal lain seperti nonton TV.

 3. Berlapang Dada


Walaupun strategi ini sulit dilakukan, Anda harus tetap mencobanya. Di dalam hidup, pasti akan ada masalah atau cobaan yang datang bertubi-tubi dan tidak bisa dihindari. Untuk itu, memiliki sikap lapang dada perlu dilakukan untuk bisa menenangkan diri sendiri. 

Anda harus bisa mengendalikan emosi dan bersikap ikhlas. Jangan sampai Anda terjebak ke dalam emosi tersebut. Anda dapat melihat sisi positif dari berlapang dada sehingga Anda dapat lebih bersemangat.

4. Memaafkan


Memaafkan menjadi salah satu cara mengendalikan emosi yang paling ampuh. Anda dapat memaafkan dan melupakan kesalahan orang tersebut agar tidak mengganggu pikiran. Memaafkan merupakan cara terbaik agar Anda tidak tersulut emosi dan mengungkit-ungkit permasalahan yang dihadapi. 

Dengan memaafkan dan melupakan, Anda terhindar dari sikap untuk mencoba balas dendam. Selain itu Anda dapat lebih terlihat positif dalam menjalani hidup.

Artikel Terkait : 


5. Membuang Pikiran Buruk


Anda dapat membuang pikiran buruk dan menggantikannya dengan memikirkan hal yang menarik dan menyenangkan. Membuang pikiran buruk dapat membantu Anda untuk mengendalikan emosi yang ada di dalam diri sendiri. 

Jangan sampai hal yang buruk menguasai pikiran Anda sehingga Anda lebih mudah cepat emosi dan tidak dapat mengontrol pikiran. Justru dengan membuang pikiran buruk akan membuat Anda merasa lebih tenang.

Itulah beberapa strategi jitu cara mengendalikan emosi yang ada di dalam diri dan pikiran Anda. Emosi harus bisa dikendalikan agar Anda bisa menghindari dampak negatif yang akan diterima. Anda harus terus berusaha untuk melatih dan mengendalikan emosi dan menerapkannya di dalam keseharian Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih baik di dalam kehidupan yang dijalani.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2