7 Cara Berbicara di Depan Umum agar Lancar dan Tidak Gugup

Kegiatan berbicara di depan umum atau public speaking terkadang memang bukan perkara mudah. Orang yang dasarnya tidak pemalu pun terkadang masih suka grogi saat harus berbicara atau melakukan presentasi di depan orang banyak.

cara berbicara di depan umum


Selain dibutuhkan kebiasaan, ternyata public speaking itu ada tips-tipsnya. Berikut ulasan tentang cara berbicara di depan umum agar lancar dan tidak gugup.

Tips-tips Cara Berbicara di Depan Umum agar Lancar dan Tidak Gugup


Lancar berbicara di depan umum bukanlah bakat. Kecakapan ini perlu diasah agar bisa piawai dalam berbicara di depan umum. Anda dapat mulai mempelajari cara-caranya di bawah ini.

1. Mempersiapkan materi dengan matang

Cara berbicara di depan umum yang baik diawali dengan persiapan yang matang. Kunci kelancaran saat berbicara di depan umum adalah menguasai materi yang disampaikan. Oleh karena itu sebelum presentasi, Anda harus menyiapkan materi dengan benar-benar matang, yang meliputi poin-poin materi, urutan penyampaian, serta media jika diperlukan.

2. Berpenampilan yang baik

Penampilan ternyata dapat mempengaruhi performa Anda saat berbicara di depan umum. Pakailah pakaian yang nyaman dan bagus untuk Anda, jika diperlukan sesuaikan pula dengan acara yang dilaksanakan. Penampilan yang baik akan menjadi kesan pertama bagi audiens. Selain itu penampilan yang prima juga akan menambah kepercayaan diri saat berbicara di depan umum.

3. Mengenali audiens

Mengenali audiens juga penting untuk dilakukan sebelum berbicara di depan umum. Karena setiap jenis audiens akan berbeda-beda cara menghadapinya. Cara berbicara dengan audiens anak-anak akan berbeda dengan pelajar SMA. Dengan mengenali karakteristik audiens maka akan mempermudah Anda menentukan pembawaan saat berbicara di depan orang lain. Menyesuaikan pembawaan akan membuat Anda terlihat piawai dan materi juga akan tersampaikan dengan lebih baik.

4. Datang ke lokasi lebih awal

Salah satu cara berbicara di depan umum yang penting adalah datanglah ke lokasi sekitar 15 sampai 20 menit lebih awal. Jika Anda datang terlalu mepet, kemungkinan untuk gugup dan kehilangan konsentrasi akan lebih besar. Dengan datang lebih awal, Anda dapat lebih rileks dan bisa mengakrabkan diri dengan venue. Selain itu Anda juga dapat melakukan berbagai persiapan tanpa terburu-buru.

5. Percaya diri

Cara berbicara di depan umum selanjutnya adalah dengan bersikap percaya diri. Jangan terlalu khawatir dan yakinlah dengan materi yang telah dipersiapkan. Tampil percaya diri juga akan membantu Anda menghindari rasa gugup.

Baca Juga

Tips Memimpin Karyawan Milenial


Cara ini juga dapat dilakukan dengan memperbaiki pembawaan dan posisi tubuh. Atur tubuh untuk tegap namun tetap rileks, jangan terpaku pada teks atau media, dan sampaikan materi dengan menatap audiens.

6. Menjaga fokus

Saat berbicara di depan umum usahakan untuk tetap fokus terhadap materi dan tujuan. Karena ada kalanya terjadi gangguan yang dapat membuyarkan konsentrasi seperti perubahan acara, gangguan pada proyektor, dan sebagainya. Jika hal seperti ini terjadi, usahakan untuk tetap fokus dan tenang.

7. Menikmati saat berbicara di depan umum

Saat berbicara di depan umum sebaiknya Anda menikmati momen tersebut. Lakukan kegiatan tersebut dengan senang hati dan jangan dijadikan beban. Walaupun jika terjadi kesalahan sedikit-sedikit, jangan terlalu cemas. Tetap fokus saja pada tujuan materi yang disampaikan.

Itulah tips-tips cara berbicara di depan umum agar lancar dan tidak gugup. Jangan lupa untuk terus berlatih dan melakukan evaluasi dalam setiap kegiatannya. Dengan begitu Anda akan semakin piawai dalam berbicara di depan umum.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2