5 Tips Menghadapi Anak Buah yang Lebih Senior

Usia bukan halangan seseorang menjadi atasan, saat ini banyak perusahaan yang mengangkat seorang pegawai untuk menjadi manager meski di usia muda. Namun, atasan muda yang memiliki anak buah lebih senior akan memiliki masalah tersendiri.

menghadapi anak buah yang lebih senior
https://www.lisategtmeier.com

Kebanyakan senior menganggap diri mereka lebih pengalaman sehingga terkadang tidak mau mendengarkan atasannya. Anda harus memiliki tips jitu untuk menghadapi anak buah yang lebih senior sehingga pekerjaan dapat selesai dengan profesionalisme.

5 Tips Jitu untuk Menghadapi Anak Buah yang Lebih Senior

Jangan merasa bingung terlebih dahulu jika Anda memiliki senior dengan usia atau pengalaman yang lebih senior. Ada beberapa tips menghadapi anak buah yang lebih senior agar mereka mau mendengarkan Anda. Berikut ini 5 tips beserta penjelasan lengkapnya yang bisa Anda coba.

1. Jangan Meremehkan

Jangan pernah meremehkan anak buah Anda yang lebih senior meskipun pengetahuan merek lebih sedikit. Harga diri orang yang lebih senior biasanya tinggi sehingga jika Anda remehkan mereka akan merasa kesal.

Perlakukan mereka seperti ahli yang sudah berpengalaman dan dengarkan dengan baik setiap ide yang dikeluarkan. Jika Anda memiliki pendapat yang berbeda, berikan pengertian dengan baik jangan sampai mereka merasa diremehkan.

2. Rendah Hati

Bersikap rendah hati dengan tidak berlaku sombong merupakan tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak buah yang lebih senior. Mereka yang lebih senior biasanya memiliki sikap hipersensitif atau terlalu sensitif.

Mereka akan merasa tidak suka dengan atasan yang sok berkuasa apalagi dari segi usia atau pengalaman di bawahnya. Sebagai pemimpin yang baik Anda harus merangkul anak buah agar situasi selalu kondusif sehingga pekerjaan dapat selesai dengan baik.

3. Jangan Sungkan untuk Belajar dan Minta Pendapat

Jangan pernah merasa sungkan untuk belajar dan meminta pendapat kepada anak buah Anda. Anak buah senior yang sudah lama bekerja di perusahaan biasanya paham dengan situasi perusahaan.

Anda bisa belajar dari mereka bagaimana sebuah project biasanya diselesaikan dan diskusikan ide-ide baru secara bersama-sama. Mengetahui budaya perusahaan dengan baik juga dapat membantu Anda dan tim agar bisa lebih maju dan sukses sehingga menguntungkan.

4. Pahami Gaya Komunikasi

Perbedaan usia dan generasi dengan anak buah biasanya akan menyebabkan perbedaan gaya berkomunikasi. Sebagai pemimpin, Anda harus menghadapi anak buah yang lebih senior dengan mempelajari gaya komunikasi dari anak buah sehingga tidak ada miss komunikasi yang akan terjadi.

Jika miss komunikasi terjadi secara berkelanjutan maka project yang Anda buat bersama tim akan terhambat. Karena komunikasi merupakan salah satu poin yang bisa membuat sebuah tim mencapai keberhasilan.

Baca Juga : Jangan Ambil Pusing, Inilah Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

5. Raih Respek dari Anak Buah Anda

Meraih respek dari anak buah yang lebih senior sangat penting untuk dilakukan. Penghormatan yang dimaksud bukan untuk Anda merasa sombong atau ditakuti tapi untuk dihargai dan dicintai sebagai seorang atasan.

Anda akan meraih respek atau rasa hormat jika menunjukkan usaha keras, menjadi penenang di tengah konflik, serta bertanggung jawab penuh pada setiap pekerjaannya.

Tunjukkan ketiga sikap tersebut kepada anak buah Anda agar mereka merasa percaya dan respek sehingga setiap perintah akan dilakukan dengan senang hati.

Itulah 5 tips jitu yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak buah yang lebih senior. Tidak meremehkan anak buah dan selalu bersikap rendah hati adalah kunci agar Anda bisa membentuk komunikasi yang baik meskipun dengan senior. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2