Tips Interview Kerja Agar Berhasil

Banyak calon pekerja yang gagal dalam bergabung dengan perusahaan yang diinginkan ketika memasuki tahap interview atau wawancara. Banyaknya pertanyaan mengecoh serta penilaian dalam sifat dan sikap menjadi penyebab kegagalan dalam sebuah interview.

Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan interview kerja di depan HRD perusahaan. Oleh karena itu, beberapa tips interview kerja ini akan membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan.

tips interview kerja
Sumber : Pixhd


Beberapa Tips Interview Kerja

1. Komunikatif dengan Interviwer

Ketika HRD memberikan pertanyaan, jangan hanya memberi jawaban ya ataupun tidak. Usahakan pula jawaban yang diberikan berupa uraian panjang, jangan sekedar kalimat pendek.

Perlu untuk diketahui bahwa pertanyaan yang dilontarkan HRD ini, adalah pancingan agar Anda dapat menceritakan lebih dari yang ada pada CV.

Untuk itu, sebaiknya jangan utarakan segala hal yang sudah tertulis dalam CV. Namun, jawaban ini juga jangan terlalu panjang agar HRD tidak bosan.

2. Mempersiapkan Interview

Pastinya HRD akan menanyakan segala hal yang diketahui tentang perusahaan yang sedang dilamar. Terkadang, Anda juga akan ditanya mengenai posisi kerja ketika dalam perusahaan nantinya.

Pertanyaan ini dilontarkan untuk mengetahui apakah pelamar benar-benar mampu dan minat dalam mengerjakan pekerjaannya, tidak sekedar pertanyaan acak.

Untuk itu, tips interview kerja yang satu ini adalah mempersiapkan segala pertanyaan yang kemungkinan akan dilontarkan saat interview.

3. Penyampaian Latar Belakang

Jika Anda memiliki latar belakang senada dengan posisi kerja dalam perusahaan yang dilamar, maka utarakanlah secara jelas dan rinci.

Ini menjadi suatu poin lebih daripada calon pekerja lain yang latar belakangnya tidak berhubungan. Dalam hal ini, setiap HRD akan memilih calon pekerja yang sudah menguasai posisi kerja dalam perusahaannya.

Tidak hanya itu, apabila pengalaman dalam bidang yang senada dimiliki, maka jelaskanlah kepada HRD.

4. Antusias Ketika Interview

Secara tidak langsung, sikap antusias dalam interview ini merupakan penggambaran dari niat besar Anda dalam bergabung dengan perusahaan yang dilamar. Selain itu, hal ini juga bisa menandakan besarnya kecocokan seorang calon pekerja dengan pekerjaan yang akan dilakukannya.

Oleh karena itu, calon pekerja wajib menanyakan secara jelas dan rinci mengenai tugasnya dalam perusahaan, penilaian kinerja, serat budaya kerja. Selain itu, tunjukan ekspektasi dalam menjalankan pekerjaan.

5. Tunjukan Kelebihan dan Keunikan

Tips interview kerja  adalah menunjukan kelebihan dan keunikan. Salah satu hal yang sangat menentukan dalam penerimaan pekerjaan adalah kelebihan tersendiri dari calon pekerja tersebut.

Oleh karena itu tunjukan lah segala kelebihan yang Anda miliki. Selain itu, keunikan dalam diri seseorang dapat menjadi nilai lebih.

Maka jangan ragu-ragu untuk menunjukan keunikan dalam diri sendiri yang dapat membantu dalam keberhasilan proses interview.

6. Jelaskan Kemampuan yang Tidak Ada di CV

Dalam CV, pastinya Anda akan menuliskan berbagai kemampuan yang dimiliki. Namun pastinya terdapat banyak kemampuan yang tidak bisa dituliskan dalam CV, misalnya keberhasilan dalam membuat acara atau lain sebagainya.

Untuk itu, dalam tips interview kerja ini menyarankan agar para calon pekerja menceritakan kepada HRD semua hal yang telah sukses dan berhasil diraih sebelumnya.

Itulah beberapa tips interview kerja yang dapat Anda coba ketika menjalani wawancara pekerjaan. Dengan beberapa tips diatas, tentunya akan membuat peluang diterimanya dalam perusahaan akan semakin besar.

Namun, hal paling penting yang harus dipikirkan yaitu sifat dan sikap ketika tidak diterima. Tetaplah bersikap berwibawa dan anggap bahwa bakat yang dimiliki tidak sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2