Susah Cari Kerja, Ternyata Inilah Penyebabnya


Masa menganggur memang masa-masa yang cukup membuat galau bagi para pencari kerja. Terlebih jika pekerjaan yang diinginkan tak kunjung didapat. Sebenarnya sudah mengirimkan CV dan lamaran pekerjaan di berbagai tempat, namun alhasil belum juga mendapatkan panggilan interview. Anda akhirnya bertanya-tanya, apakah yang salah pada diri Anda. Sekarang mungkin Anda harus mulai mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang menyebabkan Anda susah cari kerja.

sulit cari kerja
Image by mohamed Hassan from Pixabay

 
Hal-hal yang Menyebabkan Susah Cari Kerja
Terdapat beberapa faktor yang mungkin tidak Anda sadari berpengaruh pada sulitnya Anda mendapat pekerjaan. Berikut ini pembahasannya.

1. Kurangnya Koneksi


Faktor pertama yang membuat susah cari kerja adalah kurangnya koneksi. Lulus dengan IPK bagus belum tentu menjamin kemudahan mendapatkan pekerjaan. Terkadang banyaknya koneksi atau jaringan yang akan membantu Anda memperoleh informasi mengenai pekerjaan. 

Mulailah untuk membangun koneksi, sering-seringlah bertanya kepada teman atau tetangga tentang pekerjaan, perusahaan, keahlian, dan informasi lain seputar dunia kerja.

2. Kurangnya Kompetensi Diri


Kompetensi dan keahlian merupakan hal yang penting untuk mendapatkan pekerjaan. Jika Anda tidak memiliki kompetensi yang spesifik, bukan hanya akan membuat Anda ragu dalam memilih bidang pekerjaan, perusahaan pun akan ragu untuk menempatkan Anda di posisi tertentu dalam pekerjaan.

3. Kesalahan pada CV


Terdapat kesalahan pada penulisan CV yang sering tidak diketahui sehingga berdampak pada sulit cari kerja. Tulislah CV secara singkat, padat, dan jelas, serta sesuaikan informasi dengan bidang yang sedang diinginkan. 

Hindari penyajian CV yang terlalu berlebihan apalagi menuliskan informasi bohong. Misalnya menuliskan keahlian yang sebenarnya tidak dikuasai. Menuliskan informasi tidak benar pada CV akan sangat fatal akibatnya.

4. Kesalahan pada Wawancara


Lolos pada tahap seleksi CV, namun tetap tidak berhasil walaupun berkali-kali mendapatkan interview. Kemungkinan terdapat beberapa kesalahan yang Anda lakukan saat interview. 

Kurangnya pengetahuan tentang perusahaan dan bidang pekerjaan dapat membuat interviewer menganggap Anda tidak siap dan kurang berkompeten. 

Terlalu gugup, tampak tidak meyakinkan, perilaku dan ucapan yang buruk, serta cara berpakaian yang tidak baik juga dapat berpotensi membuat Anda gagal dalam tahap wawancara.

5. Tidak Ada Pengalaman Sama Sekali


Alasan sulit cari kerja salah satunya karena tidak adanya pengalaman sama sekali di bidang pekerjaan. Walaupun sebenarnya banyak perusahaan yang tidak terlalu mempertimbangkan pengalaman karena akan ada masa pelatihan. 

Hal ini biasanya dialami oleh para fresh graduate. Sebenarnya pengalaman dapat didapat melalui magang, mengikuti seminar atau pelatihan, atau paling tidak pengalaman dalam berkelompok atau berorganisasi.

6. Ketidaksesuaian Pekerjaan dengan Keahlian


Ketidaksesuaian antara kompetensi keahlian dengan pekerjaan yang diinginkan bisa menjadi sebab dari kegagalan dalam mendapatkan pekerjaan. Pasalnya perusahaan akan ragu untuk menerima karyawan yang kurang kompeten dan akan memilih calon lain yang lebih sesuai. 

Sebenarnya sifat terlalu memilih dan tidak terbuka terhadap pekerjaan lain juga tidak baik, akan tetapi akan lebih baik jika pekerjaan sesuai dengan kompetensi diri.

7. Citra yang Tidak Baik di Media Sosial


Media sosial ternyata punya andil dalam penerimaan pekerjaan. Citra buruk pada media sosial bisa membuat Anda gagal dalam mendapatkan pekerjaan. Karena bukan tidak mungkin HRD akan memeriksa media sosial calon karyawannya. 

Oleh karena itu hindari menulis, memposting, dan membagikan konten seperti gosip, mengeluh, mencaci, dan konten negatif lainnya.

Itulah hal-hal yang kemungkinan membuat Anda sulit cari kerja. Yang terpenting adalah memperbanyak wawasan, pengalaman, dan koneksi agar Anda semakin siap terjun di dunia kerja.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2