Memilih Jawaban yang Tepat Saat Interview Pekerjaan

Salah satu tahapan dalam melamar pekerjaan adalah interview. Tahapan ini sangat menentukan apakah Anda akan diterima dalam perusahaan maupun instansi atau tidak.

Oleh karena itu, diperlukan jawaban yang tepat saat interview dalam mengatasi setiap pertanyaan yang diajukan oleh tim penguji. Setiap pertanyaan perlu dipikirkan dan dijawab dengan matang, karena setiap poinnya akan berpengaruh dengan hasil interview.

jawaban yang tepat saat interview

Beberapa Jawaban yang Tepat Saat Interview

Biasanya pertanyakan yang dilempar oleh tim penguji ketika interview ini berupa pertanyaan jebakan. Namun tidak perlu khawatir, sebenarnya ini hanya salah satu cara yang dilakukan oleh tim penguji untuk mengorek diri Anda lebih dalam.

Apakah pelamar cocok dan layak diterima atau tidak. Untuk itu, dengan beberapa tips dalam memilih jawaban yang tepat saat interview akan membantu dalam melewati tahap interview dengan lancar.

1. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan ini?

Pertanyaan satu ini sangat penting karena Anda perlu mengetahui berbagai macam hal dalam perusahaan atau tempat kerja yang dituju. Untuk tips menjawab pertanyaan yang satu ini, adalah memastikan jawaban yang diberikan fokus terhadap sisi positif dari perusahaan.

Jangan bandingkan perusahaan yang dilamar tersebut dengan perusahaan lainnya. Tunjukan bahwa perusahaan ini mempunyai berbagai keunggulan yang membuat tertarik untuk bergabung.

2. Gambarkan Diri Anda

Pertanyaan mengenai penggambaran diri ini sangatlah vital dalam proses interview pekerjaan. Pertanyaan ini dilemparkan dengan tujuan mengetahui karakteristik dasar dari seorang pelamar. Bagi sebuah perusahaan, karakteristik dari seorang pekerja adalah aspek penting bagi perusahaan.

Calon pekerja yang mempunyai karakter kuat, akan menarik  perhatian dari tim penguji. Untuk itu, jawablah pertanyaan ini dengan hal positif serta berhubungan dengan visi dan misi perusahaan.

3. Ketertarikan Bergabung Dalam Perusahaan

Hati-hati dalam menjawab pertanyaan yang satu ini karena sangatlah mengecoh. Pertanyaan yang satu ini dilemparkan untuk mencari motivasi sesungguhnya dari calon pekerja. Tentunya setiap perusahaan menginginkan pekerja yang loyal dan tidak meminta lebih.

Jangan sampai Anda mengutarakan tentang gaji atau ketidaknyamanan dalam perusahaan sebelumnya. Jawaban seperti ingin berkontribusi serta menyalurkan bakat merupakan jawaban yang tepat saat interview.

4. Jelaskan Rencana Ke Depan

Pertanyaan satu ini dilontarkan untuk mengetahui berapa lama Anda akan bertahan dalam perusahaan yang sedang dilamar. Sebuah perusahaan tidak akan mau mempekerjakan seorang yang suka berpindah-pindah tempat kerja.

Untuk itu, jawab pertanyaan ini dengan rencana yang akan dilakukan dalam perusahaan tersebut dalam jangka panjang. Jawablah dengan matang dan bijak. Jangan sampai jawaban yang diberikan hanya berupa jawaban seadanya saja.

5. Prestasi yang Telah Diraih

Semua perusahaan pastinya menginginkan pekerja yang terbaik. Oleh karena itu, setiap perusahaan akan menanyakan tentang prestasi yang telah diraih kepada para calon pekerja.

Jawaban yang tepat saat interview ini adalah jelaskan secara rinci berbagai pekerjaan yang telah Anda selesaikan dalam perusahaan sebelumnya. Berikan contoh keberhasilan yang telah diraih dan buktikan kelayakan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

6. Pengalaman Berlebihan

Pertanyaan ini memang sangatlah mengecoh. Ini ditujukan untuk mengetahui sifat serta karakteristik dari para calon pekerja. Jangan sampai terjebak karena besar kepala. Maka dari itu, jawablah dengan bijaksana.

Utarakan rasa terima kasih terhadap pujian yang diberikan serta tetap rendah diri. Jangan sampai karakter asli seperti cepat puas ataupun sombong terlihat dengan sangat jelas. Ketika sifat buruk tersebut keluar, perusahaan pasti tidak mau menerimanya.

Itulah beberapa jawaban yang tepat saat interview. Dengan mengikuti beberapa tips diatas, kemungkinan diterima dalam perusahaan yang dituju lebih besar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2