Cara Merekrut Karyawan Yang Berkualitas Hanya Dengan Satu Pertanyaan

Merekrut karyawan merupakan salah satu pekerjaan yang tidak mudah, sebab itu hadirlah profesi dan divisi Human Resources Development (HRD), mereka adalah orang yang memiliki kemampuan khusus tentang cara merekrut karyawan yang berkualitas.


Studi mengenai HRD ini terus berkembang seiring dengan perubahan zaman, bergesernya manusia mulai dari generasi baby bloomer,  X,Y dan bahkan tahun 2019 ini para generasi Y sudah mulai bekerja.

Dahulu seorang HRD memiliki cara merekrut karyawan berkualitas dengan cara bertanya ini dan itu, detail dan mendalam sampai pada hal-hal bersifat privasi.

Dapat informasi lowongan kerja dari mana?  Sebutkan latar belakang,  kelebihan dan kekurangan,  apa motivasi kerja dan beberapa pertanyaan menjebak yang saat ini tips dan triknya sudah banyak bersebaran di internet.

Jika pertanyaan kamu seperti itu maka anak milenial zaman sekarang sudah tau kunci jawabannya,  bahkan sebagian besar sudah di lampirkan di CV, Sisi personal sudah bisa di lacak di akun sosial media.

Ini bahaya,  bisa-bisa kamu yang sedang merekrut karyawan malah dikibulin saat wawancara,  hasilnya kerja mereka tidak memuaskan.  Jadi beban kantor atau perusahaan.

Lalu Bagaimana Cara Merekrut Karyawan Yang Berkualitas?


Kamu mungkin akan kaget dengan apa yang nantinya akan saya katakan,  bahwa merekrut karyawan berkualitas itu ternyata cukup memberikan satu pertanyaan kunci saja.

Berikan mereka kejutan pertanyaan yang belum pernah terbayangkan oleh mereka,  bahkan mereka tidak menyadari itu adalah pertanyaan final yang menentukan.

Pertanyaan yang nanti akan kamu tanyakan hanyalah simpel dan tak seberapa... Yaitu

"Apa yang ingin kamu tanyakan ke saya???"

Ini adalah pertanyaan kunci, jika pertanyaan calon karyawan/pelamar kerja gak bermutu,  maka ucapkan saja terima kasih dan selamat tinggal,  Coret saja namanya,  Reject dengan segera.

Contoh pertanyaan yang tidak bermutu itu misalnya


  • Jam masuk kantor dan jam pulang kantor.
  • Benefit yang saya dapatkan
  • Prosedur izin dan cuti seperti apa dan pertanyaan yang sejenis.


Carilah pertanyaan dari calon pelamar yang sekiranya sulit kamu jawab,  bahkan kamu tidak tau apa jawabannya.

Itu menandakan bahwa si pelamar adalah adalah orang yang cerdas,  punya critical poin yang tinggi.

Maka segera rekrutlah karyawan dengan model pertanyaan seperti itu.  pertanyaan yang kamu tidak tau mau jawab apa.

Baca Juga :


Seorang CEO perusahaan advertising di Yogyakarta berhasil menemukan karyawan yang berkualitas dan terbaik hanya karena saat itu sang pelamar kerja bertanya dan tidak mampu di jawab oleh CEO.

Sang pelamar tersebut hanya bertanya seperti ini.  "Pak,  Kira-kira perusahaan yang bapak miliki ini bisa bertahan sampai berapa lama???

Jlebbb,  CEO diam sambil bilang " Kamu Minggu Depan Sudah Mulai Kerja".

Saat ini sang pelamar tersebut sudah menduduki jabatan direktur marketing seiring perusahaan itu menjadi besar.

Smart,  berdedikasi,  loyalitas yang tinggi dan memiliki integritas.

So itulah pertanyaan sederhana tentang cara merekrut karyawan terbaik. Semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan kepada teman kamu HRD yang masih sering salah rekrut karyawan :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2