Kinerja Menurun? Inilah 6 Cara Memotivasi Karyawan

Rutinitas yang membosankan dan pekerjaan yang menumpuk sering kali membuat semangat karyawan menurun. Jika dibiarkan begitu saja, imbasnya adalah penurunan produktivitas yang jelas membuat perusahaan merugi.

Untuk itu, dibutuhkan cara memotivasi karyawan agar semangat karyawan dalam bekerja bisa terus terjaga. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi karyawan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Memotivasi Karyawan

Cara Memotivasi Karyawan Dijamin Langsung Produktif

Kunci dari cara-cara di bawah ini adalah dengan memperhatikan kebutuhan karyawan. Anda tidak bisa terus memberikan beban pekerjaan kepada karyawan namun tidak pernah memerhatikan kebutuhan mereka. Langsung saja, berikut adalah cara-caranya.

1. Lakukan Gathering Karyawan secara Rutin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kunci dari cara memotivasi karyawan kali ini adalah dengan mendengar keluh kesah dan kebutuhan karyawan.

Anda bisa melaksanakan gathering kecil-kecilan sebagai wadah menampung aspirasi karyawan sekaligus mempererat hubungan sosial dengan mereka.

Atau jika tidak, ajak karyawan untuk sekedar refreshing dengan memainkan game-game berkelompok saat acara gathering. Dijamin karyawan segera termotivasi.

2. Apresiasi Peningkatan Kinerja Karyawan

Mungkin cara ini terdengar sangat klise. Tapi percayalah, dengan memberikan apresiasi sekecil apapun atas peningkatan kinerja karyawan, berarti Anda sudah menunjukkan rasa kepedulian kepada mereka.

Coba saja jika Anda hanya menuntut dan membebankan banyak tugas namun tidak pernah memperhatikan karyawan. Cepat atau lambat kinerja karyawan akan menyusut. Akhirnya, Anda juga yang dirugikan.

3. Ciptakan Suasana Kerja yang Menyenangkan

Cara memotivasi karyawan yang selanjutnya adalah menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Menyenangkan di sini berarti Anda menyediakan ruang dan suasana yang tidak menekan mental karyawan.

Kesalahan banyak perusahaan adalah mengurung para karyawan dalam ruangan sempit nan membosankan. Padahal jika bisa menciptakan suasana menyenangkan, produktivitas dan kreativitas karyawan justru bisa tumbuh dan berkembang.

4. Lakukan Pendekatan Personal

Bagi Anda yang memiliki banyak karyawan, tentu tidak mungkin untuk menerapkan cara ini secara langsung. Anda harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi karyawan-karyawan Anda. Jangan malas untuk sekedar keluar dari ruangan Anda dan mendengar cerita-cerita mereka.

Dengan begitu, hubungan emosional bisa terbangun dan karyawan menjadi lebih nyaman saat bekerja. Mereka akan merasa bekerja dengan orang yang mereka kenal, dan bukan orang asing

5. Bicarakan Masalah Jenjang Karier

Banyak karyawan yang hilang motivasi kerjanya karena menganggap seberapa lama pun mereka bekerja, akhirnya juga tidak bisa mendapatkan peningkatan karier.

Anda sendiri mungkin bisa membayangkan bagaimana rasanya bekerja bertahun-tahun namun tidak pernah mendapatkan peningkatan karier yang signifikan.

Untuk itu, mulailah untuk membicarakan masalah ini. Jenjang ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi karyawan untuk terus meningkatkan kinerjanya.

6. Jadilah Figur yang Baik

Cara memotivasi karyawan yang terakhir adalah dengan menjadi sosok yang baik di mata karyawan. Anda bisa hadir lebih pagi di kantor untuk menunjukkan Anda tetap bersikap profesional meskipun sudah menjadi atasan.

Atau jika tidak, cobalah untuk selalu menyelesaikan tugas tepat waktu agar karyawan juga merasa bekerja bersama Anda, bukan hanya diperintah oleh Anda semata.

Kurang lebih itulah beberapa cara memotivasi karyawan yang bisa Anda coba aplikasikan. Meskipun terlihat sepele, namun cara-cara tersebut sudah terbukti ampuh memotivasi karyawan yang kinerjanya sudah menurun seiring berjalannya waktu.

Aplikasikan satu persatu dan carilah metode yang paling cocok dengan sifat karyawan Anda. Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2