Masuk Akal, Ini Alasan Tidak Masuk Kerja Yang Pasti Disetujui Atasan

Karyawan merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah perusahaan dalam menggerakkan roda bisnis. Tanpa adanya karyawan sebuah perusahaan akan terhambat bahkan tidak dapat berjalan.

Oleh karena itu, terkadang perusahaan akan mempersulit setiap karyawannya ketika meminta izin untuk tidak masuk kerja. Oleh karena itu, berikut beberapa alasan tidak masuk kerja yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan izin tidak masuk kerja.

alasan tidak masuk kerja
Photo by John-Mark Smith from Pexels

Alasan Tidak Masuk Kerja yang Dapat Diterima Perusahaan

1. Berduka

Salah satu alasan tidak masuk kerja yang masuk akal dan tidak dapat diganggu gugat lagi adalah mendapat kabar duka.

Alasan ini dapat disampaikan secara mendadak ataupun beberapa saat sebelum masuk jam kerja. Walaupun alasan ini mempunyai peluang besar dalam mendapat izin tidak masuk kerja, sebaiknya jangan menggunakannya terlalu sering.

Hal ini dikarenakan dapat membuat performa kerja Anda secara tidak langsung menurun di mata perusahaan.

2. Sakit

Alasan yang mempunyai peluang sangat besar dalam mendapat izin untuk tidak masuk kerja adalah sakit.

Sakit sudah menjadi alasan umum dan sering terjadi di berbagi perusahaan untuk mendapat izin tidak masuk kerja.

Hal ini dikarenakan sakit merupakan alasan paling dominan disampaikan oleh para pekerja. Ketika seorang tetap bekerja walaupun dalam keadaan sakit, ditakutkan performanya tidak sebaik ketika sehat dan akan menjadi penghambat dari pekerjaan yang dilakukan.

3. Checkup Kesehatan

Alasan tidak masuk kerja yang dapat digunakan berikutnya adalah medical checkup atau checkup kesehatan rutin.

Maka, jika Anda diharuskan untuk melakukan checkup kesehatan pada waktu tertentu, hal ini dapat membantu dalam memperoleh izin tidak masuk kerja.

Namun perlu untuk diketahui, bahwa sebelum meminta izin berupa medical check up tersebut, pastikan sudah memberitahukan kondisi dan situasi kepada pimpinan jauh-jauh hari sebelumnya.

4. Ikut Seminar

Salah satu alasan yang dapat digunakan untuk tidak masuk kerja adalah mengikuti seminar. Alasan satu memiliki peluang keberhasilan cukup tinggi karena biasanya pimpinan perusahaan berpikir bahwa seminar dapat membantu kemajuan dari perusahaan.

Namun, perlu diingatkan bahwa pimpinan perusahaan akan meminta hasil seminar yang diikuti berupa laporan atau semacamnya untuk memastikan bahwa Anda benar-benar mengikuti seminar tersebut.

5. Alergi

Salah dalam mengonsumsi makanan dapat menyebabkan alergi pada setiap orang, termasuk para pekerja. Jika Anda benar-benar mengalaminya, maka alergi yang timbul dari makanan ini akan sangat mengganggu dan menghambat jalanannya pekerjaan.

Maka dari itu, mendapat alergi ini dapat menjadi alasan untuk tidak masuk kerja. Namun, sebaiknya tetap memberitahukan kepada atasan tentang hal yang dialami ini walaupun secara mendadak.

6. Kebanjiran

Banyak daerah di Indonesia yang selalu dilanda banjir ketika musim hujan tiba. Maka banjir ini dapat dijadikan sebagai salah satu alasan untuk tidak masuk kerja.

Selain rumah Anda yang kebanjiran, ketika terdapat rute dalam perjalanan yang mengalami banjir juga dapat menjadi alasan.

Namun perlu untuk diketahui bahwa alasan ini tidak boleh digunakan seenaknya. Ketika suatu daerah yang dilanda banjir akan muncul dalam media, sehingga alasan ini sangat perlu dipertimbangkan.

7. Mengurus Surat dan Dokumen Penting

Alasan tidak masuk kerja terakhir yang dapat Anda gunakan adalah mengurus berbagai surat dan dokumen penting seperti paspor, SIM, dan STNK. Pengurusan surat ataupun dokumen penting dapat dijadikan sebagai alasan karena biasanya terdapat tenggang waktu dalam pengurusannya.

Itulah beberapa alasan tidak masuk kerja yang dapat digunakan dalam meminta izin tidak masuk kerja. Namun perlu untuk diketahui, sebaiknya alasan-alasan tersebut tetap digunakan dengan bijak agar tidak mengganggu masa depan pekerjaan Anda.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2