Lakukan 5 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Berikut Agar Karyawan Produktif


Mungkin masalah kinerja karyawan yang menurun sudah menjadi masalah universal. Hampir semua perusahaan pernah mengalami masa di mana kinerja karyawannya menurun sehingga target dan proyek perusahaan banyak yang tidak tercapai.

Kalau sudah begini, dibutuhkan cara meningkatkan kinerja karyawan yang efektif agar produktivitas bisa kembali stabil dan target bisa kembali tercapai. Lalu bagaimana meningkatkannya? 

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan



5 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan agar Kembali Stabil


Kinerja karyawan yang menurun bisa disebabkan banyak faktor. Bisa karena karyawan suntuk menjalani rutinitas kerja yang monoton, atau karena beban kerja yang menekan mental mereka. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan sehingga kinerja karyawan kembali stabil seperti semula.

Ada pula cara untuk meningkatkan kinerja karyawan untuk menguasai keahlian lain jika sudah dirasa stabil kinerjanya. Simak cara-caranya di bawah ini.

1. Memfokuskan Job Description


Cara meningkatkan kinerja karyawan yang pertama adalah dengan memfokuskan job desription. Karyawan yang menangani banyak pekerjaan sekaligus cenderung lebih mudah mengalami penurunan kinerja karena tekanan mental dan tenaga yang terforsir.

Kualitas kerja karyawan akan terus menurun dan berimbas pada tanggung jawab pekerjaan yang diberikan kepadanya. Untuk itu, cobalah untuk memfokuskan job des setiap karyawan dengan satu pekerjaan saja.

2. Berikan Reward untuk Prestasi yang Dicapai


Siapa yang tidak senang jika hasil kerja kerasnya mendapatkan penghargaan? Hal ini juga berlaku untuk karyawan yang Anda pimpin. Anda bisa mulai memberikan reward atau penghargaan atas setiap prestasi yang dicapai karyawan Anda.

Misalnya, Anda akan memberikan bonus bagi karyawan yang berhasil mencapai target dalam waktu tertentu. Sekecil apapun reward yang Anda berikan akan sangat berarti bagi karyawan Anda dan berpotensi meningkatkan kinerja mereka.

3. Mendengarkan Keluhan Karyawan


Karyawan bukanlah mesin yang bisa terus bekerja tanpa diperhatikan mentalitasnya. Untuk itu, Anda tidak bisa terus menerus memberikan pekerjaan dan mengabaikan keluhan mereka.

Cara meningkatkan kinerja karyawan ini bisa Anda lakukan dengan mengadakan acara-acara yang melibatkan Anda dengan karyawan di luar aktivitas kantor seperti gathering atau sekedar kumpul dan berbagi cerita. Karyawan hanya ingin di dengar, maka jadilah pendengar yang baik.

4. Memenuhi Hak-hak Karyawan


Jika Anda ingin kinerja karyawan Anda meningkat namun hak-hak mereka terabaikan, maka Anda memiliki anggapan yang keliru. Karyawan akan meningkat kinerjanya setelah semua hak yang seharusnya didapatkan terpenuhi.

Hak-hak tersebut bisa saja berupa kenaikan gaji bertahap, tunjangan-tunjangan di luar gaji, ataupun hak lainnya. untuk itu, coba evaluasi masalah pemenuhan hak ini, apakah karyawan sudah mendapatkan hak mereka sepenuhnya atau belum.

5. Memberikan Pelatihan dan Penyuluhan


Sesekali, pelatihan dan penyuluhan kepada karyawan juga perlu diberikan sebagai cara meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini berguna untuk meningkatkan skill atau kemampuan karyawan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin cepat setiap harinya.

Namun perlu diingat, pelatihan dan penyuluhan baru bisa diberikan jika kinerja karyawan sudah dianggap stabil dan dirasa perlu adanya peningkatan kemampuan. Jangan ketika karyawan sedang menurun kinerjanya lantas diberikan penyuluhan karena percuma.

Nah, itulah 5 cara meningkatkan kinerja karyawan yang bisa Anda coba terapkan. Memang cara-cara di atas tidak bisa langsung terlihat efeknya.

Namun dengan konsistensi dan gaya memimpin karyawan tersebut, Anda akan dipandang sebagai pimpinan yang perhatian terhadap karyawan. Dengan begitu, peningkatan kinerja yang Anda harapkan bisa segera terwujud.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2