Mudah dan Ampuh, Ternyata Inilah Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Ngantuk saat jam kerja memang sangat mengganggu performa kerja. Mau ditahan tapi lama-lama juga membuat kepala pusing dan tidak konsentrasi ke kerjaan.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja
Add caption


Rasa kantuk sebenarnya disebabkan berbagai hal seperti kelelahan karena padatnya aktivitas, tidur yang tidak cukup, dehidrasi, kadar gula rendah, dan rendahnya kadar oksigen dalam otak. Untuk mengatasinya, berikut ini tips-tips cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang dapat Anda coba.

Tips-tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Tips-tips berikut ini cukup ampuh untuk menghilangkan kantuk di sela-sela jam kerja. Berikut ulasannya.

1. Miliki tidur yang cukup

Salah satu penyebab mengantuk di tempat kerja adalah karena ruang tidur dan tak cukup istirahat. Usahakan untuk selalu tidur dengan kapasitas 7-8 jam setiap harinya dan hindari begadang atau tidur terlalu larut malam. Karena dapat dipastikan di siang harinya Anda akan mengantuk.

2. Olahraga ringan

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja bisa dengan olahraga ringan di pagi hari agar badan lebih segar dan bersemangat. Olahraga ringan juga dapat Anda lakukan di tempat kerja dengan menggerakkan badan dan persendian di meja kerja. Anda juga dapat berjalan kaki dan naik turun tangga dibandingkan dengan menaiki lift.

3. Menghindari sarapan berat

Sarapan berat seperti makanan berkarbo, makanan cepat saji, dan manis dapat membuat kantuk datang beberapa jam setelahnya. Lebih baik perbanyak asupan makanan yang lebih sehat seperti sayuran dan buah-buahan untuk sarapan.

4. Meminum air putih

Salah satu penyebab kantuk adalah dehidrasi. Jika rasa kantuk mulai datang, konsumsilah air putih yang cukup. Air putih akan menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi teh herbal, kopi, atau permen karet

Selain air putih, cara menghilangkan ngantuk saat kerja dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh herbal, kopi, atau dengan mengunyah permen karet. Kopi memang terkenal dengan kafeinnya yang mampu merangsang adrenalin dalam tubuh sehingga badan terasa tetap bersemangat.

Teh herbal juga memiliki efek yang mirip namun dengan efek yang lebih ringan. Sedangkan mengunyah permen karet membuat Anda lebih berkonsentrasi.

6. Mendengarkan musik dengan tempo cepat atau catchy

Musik bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengusir kantuk dan membuat Anda tetap bersemangat. Pilihlah musik dengan tempo yang cepat atau irama yang catchy untuk menaikkan mood Anda.

7. Mengatur prioritas pekerjaan

Untuk menjaga kualitas pekerjaan agar tetap baik, lebih Anda merencanakan prioritas pekerjaan yang lebih dulu harus dikerjakan. Selesaikan terlebih dahulu pekerjaan-pekerjaan penting atau yang harus cepat diselesaikan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika konsentrasi Anda mulai menurun.

8. Tidur di sela-sela jam istirahat

Kalau rasa kantuk sudah sangat tidak tertahankan, solusi cara menghilangkan ngantuk saat kerja ya memang dengan tidur. Akan tetapi jangan tidur di sela-sela jam kerja karena nanti bisa kena marah atasan.

Tunggulah saat jam istirahat kemudian manfaatkan untuk tidur sebentar mungkin selama 30 menit. Ini akan cukup membantu menghilangkan rasa kantuk Anda. Sehingga saat jam kerja dimulai kembali, Anda dapat merasa lebih fresh.

Demikianlah tips-tips cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang dapat Anda coba jika rasa kantuk menyerang di sela-sela jam kerja. Jangan biarkan rasa kantuk merusak konsentrasi dan mengganggu performa kerja Anda. Namun yang paling penting adalah menjaga tubuh Anda agar tetap fit karena itulah yang menunjang segala aktivitas bekerja Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2