Jangan Ambil Pusing, Inilah Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

Karyawan yang tidak disiplin memang membuat pusing. Selain kinerjanya yang awut-awutan, karyawan yang tidak disiplin juga membutuhkan pengawasan ekstra.

Sebagai pimpinan, Anda tentu tidak mau jika harus menegur karyawan tersebut setiap hari. Maka dari itu, dibutuhkan cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin agar produktivitasnya kembali dan Anda juga tidak dibuat repot lagi.

untuk lebih jelasnya, simak cara-caranya pada penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin


5 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendisiplinkan kembali karyawan Anda. Bagaimanapun, setiap karyawan memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda.

Mungkin satu cara bisa berhasil terhadap si A, namun gagal jika diberikan kepada si B. Untuk itu, Anda harus mencoba cara mana yang sekiranya paling efektif untuk diterapkan kepada karyawan Anda. Lalu apa saja cara-caranya? Langsung saja, berikut adalah cara-caranya.

1. Menggunakan Absensi Elektronik

Jika karyawan Anda tidak disiplin dalam masalah kehadiran, maka menggunakan absensi elektronik bisa menjadi cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin tersebut.

Dengan menggunakan absensi elektronik, karyawan jadi tidak bisa memalsukan kehadirannya lagi. absensi elektronik juga mencegah karyawan melakukan skema “titip absen” karena hanya sidik jari karyawan tersebut yang bisa menandakan kehadirannya. Anda juga bisa memantau dengan baik.

2. Berikan Sanksi Tegas

Jika kantor Anda sudah menerapkan absensi elektronik namun karyawan tetap tidak disiplin, maka saatnya Anda memberlakukan sanksi tegas. Bentuk sanksi bisa dalam bentuk apapun, tergantung kebijakan Anda sebagai pemimpin.

Kebanyakan sanksi yang sudah diberlakukan di perusahaan-perusahaan lainnya adalah sanksi pengurangan gaji. Dalam tahap pelanggaran yang sudah kritis, sanksi bisa berupa penurunan pangkat ataupun ancaman PHK. Tinggal sesuaikan saja.

3. Tanyakan Seputar Masalah Pribadi

Cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin ini memang rumit. Beberapa karyawan mungkin sudah memiliki watak yang sulit di atur, namun beberapa lainnya bisa saja memiliki masalah sehingga membuatnya sulit mengikuti peraturan.

Untuk mengetahui alasannya, Anda bisa menanyakannya secara langsung. Lakukan komunikasi dua arah dan dengarkan keluhan karyawan Anda tersebut. Bisa jadi ada alasan lain mengapa ia terpaksa melanggar aturan.

4. Penghargaan Bagi yang Disiplin

Siapa bilang hanya sanksi yang bisa membuat karyawan Anda yang tidak disiplin menjadi jera. Memberikan penghargaan nyatanya juga berhasil membuat karyawan yang tadinya tidak disiplin menjadi termotivasi untuk menjadi lebih disiplin.

Jika menggunakan sanksi, mungkin karyawan Anda akan merasa tertekan dan justru semakin menjadi-jadi. Namun jika menggunakan penghargaan, maka diharapkan karyawan bisa berlomba-lomba untuk menaati peraturan kantor.

5. Kuncinya adalah Lingkungan Kerja yang Nyaman

Mungkin alasan di balik ketidakdisiplinan karyawan Anda adalah suasana kantor yang sangat menekan dan membosankan. Cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin selanjutnya berarti dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Sediakan fasilitas yang sekiranya mendukung kebutuhan karyawan selama bekerja di kantor. Jika bisa, sediakan pula ruang bermain agar mental karyawan bisa tetap segar dan disiplin dalam menjalani aturan kantor.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin yang bisa Anda ketahui. Sekali lagi perlu Anda perhatikan, masalah ketidakdisiplinan karyawan muncul karena berbagai alasan. Anda perlu menggali terlebih dahulu alasan tersebut untuk menemukan cara atau metode yang tepat.

Memang terdengar melelahkan. Namun dengan begitu, karyawan Anda bisa kembali disiplin dan siap bekerja secara produktif. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2