5 Cara Interview Kerja Agar Lolos dan Diterima Kerja

Jika Anda sedang melamar di sebuah perusahaan maupun tempat kerja lainnya, hampir semua tempat kerja akan melakukan tes wawancara sebelum menyatakan Anda akan diterima atau tidak
.
Tes wawancara sangat penting untuk Anda karena tes ini akan menjadi jalan dan syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara interview yang baik agar diterima kerja. Hal ini sangat penting karena interview akan menentukan kita diterima atau tidak.

cara interview kerja
cara interview kerja


Tips Mengetahui Cara Interview agar Diterima Kerja

Saat melamar pekerjaan, pastikan Anda untuk mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu dipanggil untuk melakukan interview. Anda juga bisa mulai mencari tahu kira-kira apa pertanyaan yang akan ditunjukkan untuk lolos seleksi wawancara.

Biasanya, interview dilakukan untuk mengetahui seberapa cepat respon dan tanggap Anda dalam memecahkan masalah. Berikut ini beberapa cara interview yang baik agar diterima kerja.

1. Tidak Panik

Saat melakukan tes wawancara, jangan pernah Anda memperlihatkan wajah panik dan bingung. Biasanya, panik disebabkan karena kurangnya persiapan dan Anda belum siap mental untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Maka dari itu, Anda harus bersikap tenang dan santai saat menjawab pertanyaan. Jangan pernah merasa panik, karena panik dapat menghancurkan pikiran sehingga Anda akan merasa sedikit kesusahan saat diberi pertanyaan.

2. Memiliki Rasa Percaya Diri

Percaya diri merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi Anda untuk diterima atau tidaknya dalam sebuah tempat kerja. Biasanya, banyak perusahaan maupun tempat kerja lainnya yang membutuhkan seseorang dengan tingkat percaya diri yang tinggi.

Percaya diri dapat membuat Anda bersikap optimis dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, Anda juga dapat bekerja secara optimal dan mampu berkomunikasi yang baik dengan rekan sesama di tempat kerja.

3. Sopan 

Sopan akan menunjukkan siapa diri Anda. Saat Anda dipanggil untuk melakukan interview, pastikan Anda harus bersikap sopan kepada semua orang yang ada disana. Sopan dapat memberikan kesan baik untuk Anda.

Jangan lupa perlihatkan antusias Anda atas pekerjaan yang ingin dilamar. Selain itu, jangan lupa untuk selalu tersenyum dan ramah karena ini akan menjadi poin yang dapat memberikan nilai lebih untuk Anda.

4. Memberikan Jawaban Sesuai dengan Pertanyaan

Cara interview yang baik agar diterima kerja selanjutnya adalah dengan menjawab pertanyaan sesuai apa yang ditanyakan. Perlihatkan sikap tegas Anda untuk menjawab pertanyaan dan jangan bertele-tele.

Maka dari itu, Anda dapat menjawab pertanyaan seperlunya dan dirasa tepat dengan jawaban yang ingin didengar oleh orang yang memberi pertanyaan. Jika Anda diminta untuk menambah penjelasan, pastikan untuk memberi penjelasan sesuai dengan kondisi dan secara detail.

5. Kontak Mata

Kontak mata merupakan salah satu cara interview yang baik agar diterima kerja. Dengan melakukan kontak mata saat menjawab pertanyaan yang akan diajukan.

Pewawancara akan mengetahui bagaimana sifat, sikap, dan rasa percaya diri Anda untuk bisa diterima di perusahaan maupun tempat kerja.

Selain itu, jangan lakukan kontak mata berlebihan atau sampai melototi pewawancara. Lakukan kontak mata seperlunya saja agar suasana terasa nyaman.

Itulah beberapa tips atau cara interview yang baik agar diterima kerja. Sebelum Anda melamar pekerjaan, pastikan Anda sudah bisa menguasai diri saat akan di interview oleh perusahaan atau tempat kerja.

Selain itu, Anda dapat melakukan latihan interview dengan teman, kerabat, atau di hadapan cermin untuk mengetahui seberapa siap Anda sebelum melakukan wawancara sungguhan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2